25.4 C
Jakarta
Sunday, Aug 9, 2020
Image default
Kesehatan

4 Cara Menjaga Kebugaran Jasmani Selama di Rumah

Memiliki tubuh yang sehat adalah impian setiap orang, tidak terkecuali Anda bukan? Apabila Anda memiliki tubuh yang sehat, semua agenda yang telah terjadwal dengan sempurna akan terlaksana dengan baik. Tentu saja hal ini dikarenakan adanya kebugaran jasmani yang selalu dijaga. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai cara terus menjaganya terutama saat Anda berada di rumah.

Kontinu Melakukan Aktivitas Fisik

Cara ini harus Anda kerjakan, sekalipun Anda di rumah maupun bekerja dari rumah (work from home). Jika Anda mengerjakan hal terutama bagi Anda yang bekerja atau melakukan aktivitas di depan komputer atau laptop, maka jangan lupa gerak. Kalau bisa agendakan khusus pada jam tertentu Anda harus melakukan aktivitas fisik. Maksud dari aktivitas di sini banyak jenisnya.

Misalnya saja dengan olahraga ringan. Anda bisa memilih olahraga berupa senam aerobik ataupun senam lainnya yang bisa dilakukan di dalam ruangan kecil sekalipun. Lakukan aktivitas fisik ini setiap hari tanpa henti. Lakukan secara kontinu meskipun itu hanya gerakan-gerakan kecil. Hal ini ditujukan untuk mengeluarkan kalori yang tertimbun sekaligus menjaga kinerja otot jantung agar tetap sehat.

Perbanyak Buah dan Sayuran

Cara berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Di dalam sayuran dan buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Usahakan setiap hari bahan-bahan ini ada pada menu Anda setiap waktunya. Penyajiannya bisa Anda ragamkan agar tidak merasa bosan. Pada hari pertama, Anda bisa memakan menu sayuran sop dan buah semangka misalnya. Pada hari berikutnya Anda bisa ganti.

Bahan-bahan ini harus Anda sajikan terutama bagi Anda yang mengalami gejala-gejala penyakit tertentu. Misalnya saja gejala kolesterol yang cenderung naik. Anda bisa mengonsumsi buah alpukat untuk mendapatkan kandungan lemak nabati. Begitu juga dengan buah pisang, buah pepaya, dan lainnya termasuk segala jenis sayuran. Namun, Anda juga harus mengkonsultasikan dengan tenaga medis terkait kesehatan Anda.

Jaga Pikiran Tetap Positif

Pikiran juga memegang peranan penting bagi kesehatan. Pasalnya, sumber kekuatan yang paling mempengaruhi berada di otak. Saat Anda menjaga pikiran tetap positif, secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kebugaran jasmani. Hal ini dikarenakan otak bisa menghipnotis diri sendiri dengan menanamkan di alam bawah sadar otak.

Hindarkan juga pikiran dari beban hingga menyebabkan stres pada diri Anda. Salah satunya cara Anda bisa berlibur menghirup udara ke tempat yang Anda inginkan. Bagi Anda yang bekerja dari rumah atau work from home, Anda bisa jalan-jalan ke teras rumah. Menghirup udara kemacetan jalan raya yang dipenuhi dengan kendaraan yang rapat. Intinya Anda harus menjaga kesehatan otak dengan berpikiran tetap positif dan senang.

Istirahat Cukup

Jangan terlalu memforsir diri Anda sendiri terlalu keras. Benar Anda harus melaksanakan agenda yang telah terjadwalkan. Namun, Anda juga harus istirahat untuk beberapa jam. Apabila tubuh Anda sudah lelah, tapi pikiran ingin terjaga, jangan teruskan. Lebih baik Anda mengambil tidur yang cukup. Jika Anda sudah melihat kantung mata, maka itu tandanya Anda harus memanjakan diri walaupun sebentar.

Pada umumnya, tubuh membutuh tidur atau istirahat kurang lebih 7 jam. 7 jam adalah waktu yang tepat untuk tubuh beristirahat. Saat sudah bangun, tubuh akan terasa lebih segar dan pikiran pun jadi kembali semangat dan jernih. Tinggalkan agenda yang kurang penting dan ganti dengan istirahat yang cukup.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kebugaran jasmani terutama saat berada di rumah. Sekalipun berada di rumah dan jarang keluar terutama bagi yang bekerja dari rumah, sediakan waktu sendiri untuk poin tersebut. Dengan begitu, raga Anda tetap terjaga kesehatannya.

Baca Lainnya

Paling Banyak dari Jakarta Kasus Positif Virus Corona Bertambah 17 Orang Hingga 16 Maret 2020

Ristia Afifah

Butuh Waktu 5 Hari Pada Seseorang buat Menunjukkan Gejala Virus Corona Ahli

Ristia Afifah

Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh buat Hadapi Musim Hujan

Ristia Afifah

Ini Penyebabnya Ayah Jessica Iskandar susah Bernapas Usai Ditabrak Lari

Ristia Afifah

Ini Trik buat Bunda yang Mengalami Hal Sama Anak Ryana Dea Demam Tak Bisa Minum Obat Hingga Dirawat

Ristia Afifah

Apa Iya Kebiasaan Minum Kopi Bahayakan Kesehatan Ginjal

Ristia Afifah

Mudah & Menyehatkan Cara Membuat Infused Water Sendiri di Rumah

Ristia Afifah

10 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan dalam Waktu 2 Minggu, Yuk Coba di Rumah!

Ristia Afifah

dan Cara Pencegahan Penyebab Kenali Juga Gejala Cara Alami Mengatasi Anemia dengan Bahan Rumahan

Ristia Afifah

4 Vitamin buat Daya Tahan Tubuh Sebagai Upaya Pencegahan Virus Corona

Ristia Afifah

Beberapa Manfaat Telur Puyuh, Mencegah Penyakit Kronis hingga Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ristia Afifah

Ini 6 Efek Buruk Malas Mandi Bagi Kesehatan Ashanty Punya Kebiasaan Jarang Mandi

Ristia Afifah

Leave a Comment