31.9 C
Jakarta
Sunday, Feb 23, 2020
Image default
Lifestyle

5 Resep Olahan Daging Kurban yang Mudah Dimasak, Jelang Idul Adha 2019

Hari raya Idul Adha tinggal beberapa minggu lagi. Memasak olahan daging tidak melulu diolah menjadi menu makanan yang sulit dan ribet. Idul Adha identik dengan daging kurban yang melimpah.

Memiliki daging yang cukup banyak tentu diperlukan banyak olahan masakan agar tidak bosan untuk mengonsumsinya. Mengolah daging kurban tidak selalu ribet dan membutuhkan waktu yang lama. Berikut beberapa referensi menu olahan daging kurban yang mudah dibuat:

Lemper merupakan sajian kecil yang biasanya diberikan di awal hidangan atau sebagai appetizer sebelum menyajikan menu utama. Lemper terbuat dari ketan yang kemudian diisi dengan beberapa isian. Biasanya lemper berisi daging ayam, kali ini, lemper diisi daging sapi yang tidak kalah nikmat.

300 gr daging giling 150 gr bumbu rendang instan 400 gr beras ketan

400 ml santan cair (bisa menggunakan santan instan) Lembar daun salam Batang serai, memarkan

Batang serai, memarkan Lembar daun salam Lembar daun jeruk

Garam secukupnya A. Cuci ketan hingga bersih, rendam hingga semalam. Kemudian, kukus hingga matang kurang lebih selama 30 menit. Tiriskan. B. Masak dengan api sedang, santan dengan bumbu, aduk hingga mendidih, tapi tidak sampai santan pecah.

C. Kemudian masukkan ketan ke dalam santan. Aduk hingga merata, masak hingga santan menyusut dan ketan sedap. D. Tumis sebentar bumbu rendang, masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum. E. Masukkan daging, masak bersama bumbu rendang hingga daging matang dan wangi.

F. Ambil daun pisang, tata ketan secukupnya dan isi dengan rendang, bungkus. Setelah itu bakar di atas arang hingga berwarna kecokelatan. Sajikan. Sajian ayam geprek merupakan sajian yang sudah banyak ditemukan dan diolah. Tidak banyak yang menyajikan dengan olahan daging dengan bumbu geprek, seperti ayam geprek.

500 gram daging (potong pipih sesuai selera) Cm jahe (memarkan) Batang serai (memarkan)

Minyak goreng (secukupnya) Cm lengkuas (memarkan) 15 buah cabai rawit

1/4 sdt ketumbar bubuk Siung bawang putih Buah cabai merah besar (buang isi)

Cm kunyit 1/2 sdt garam Kaldu sapi bubuk (secukupnya)

Gula (secukupnya) Bahan Sambal Geprek Siung bawang putih

Garam (secukupnya) Kaldu sapi bubuk (secukupnya) Minyak panas (secukupnya)

A. Rebus daging hingga empuk dan matang. Agar rasa daging gurih, tambahkan sedikit garam saat merebusnya. B. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak. Masukkan jahe, lengkuas, dan batang serai. Tambahkan sedikit air. C. Masukkan daging ke dalam bumbu, masak hingga bumbu meresap.

D. Di wajan berbeda, panaskan minyak lalu goreng daging hingga kuning kecokelatan. E. Untuk sambal, haluskan semua bahan. Siram sambal dengan minyak panas, ulek rata. F. Letakkan daging goreng di atas cobek, tambahkan sambal dan geprek atau penyet penyet sesuai selera.

Bulgogi adalah makanan khas Korea Selatan yang berbahan dasar daging dengan cita rasa manis, gurih. Di Jepang, makanan ini disebut dengan Yakiniku. Simak cara pembuatan bulgogi:

250 gram daging, iris tipis 1/2 buah bawang bombay, iris panjang Bawang putih, cincang halus

Tangkai daun bawang, iris halus 1,5 sdt wijen, disangrai Sdt minyak wijen

1/4 sdt lada hitam, tumbuk kasar Sdt madu 1/2 cm jahe, haluskan

Sdt kecap manis Garam secukupnya Margarin

1/2 sdt gula pasir Sdt paprika bubuk A. Campur daging dengan bawang bombay, lada hitam, bawang putih, madu, kecap manis, minyak wijen, jahe, bubuk paprika, garam, gula, 1 sdt wijen, separuh daun bawang, lalu aduk rata.

B. Tutup dengan plastik, masukkan dalam kulkas, diamkan 30 menit (bisa juga sampai 2 jam). C. Panaskan teflon, olesi dengan margarin. D. Masukkan daging yang sudah dimarinasi. Masak hingga daging empuk dan matang.

E. Taburi dengan wijen dan daun bawang. Bakso bakar adalah jajanan yang sering dijual dan diminati banyak orang, karena cita rasa yang pedas, manis, gurih bercampur menjadi satu dalam tusukan. Simak cara membuat bakso bakar dengan mudah:

500 gram bakso Margarin secukupnya Siung bawang putih (haluskan)

Sdm saus sambal Sdm saus tomat Sdm madu

Sdt cabai bubuk 1/2 sdt lada bubuk 2 sdm kecap manis

Garam secukupnya A. Campurkan semua bahan bumbu rendaman dan aduk rata. B. Masukkan bakso dalam bumbu rendaman dan diamkan selama 10 15 menit.

C. Tusuk bakso dengan tusuk sate sesuai selera. D. Panaskan wajan atau teflon. Oleskan dengan margarin. E. Panggang bakso di atas teflon sambil sesekali diolesi bumbu hingga berwarna kecokelatan. Sajikan.

Perkedel merupakan makanan pendamping yang biasa disajikan bersama soto. Berbahan dasar kentang, perkedel memiliki cita rasa gurih dan enak disajikan dengan menu makanan utama. Perkedel bukan hanya berbahan dasar kentang saja, tetapi bisa dicampur dengan daging atau ayam.

400 gram kentang (rebus hingga empuk dan matang) 200 gram daging cincang 1 butir telur Batang daun seledri (cincang halus)

Batang daun bawang (cincang halus) Siung bawang putih Garam (secukupnya)

Lada bubuk (secukupnya) Siung bawang merah Minyak goreng (secukupnya)

Kaldu sapi bubuk (secukupnya) Gula (secukupnya) A. Haluskan kentang yang telah direbus atau dikukus. Campur kentang, daging cincang, daun seledri, daun bawang dan bumbu halus. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

B. Kocok telur pada tempat terpisah, tiriskan. C. Cetak bulat adonan kentang dan daging cincang kemudian pipihkan sesuai selera. D. Lumuri adonan kentang yang telah dicetak ke mangkok yang telah diisi telur.

E. Panaskan minyak, goreng perkedel kentang hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Bagaimana sudah menentukan mau masak apa?

Baca Lainnya

Inilah 6 Zodiak Cowok yang Paling Sukses Bikin Baper Cewek, Jangan Salah Paham ya

Ristia Afifah

Ramalan Zodiak Maret 2019: Bulan Penuh Cinta untuk Aries dan Taurus, Leo Jaga Kesehatan

Ristia Afifah

6 Zodiak yang senang Kekacauan Leo Impulsif Scorpio Sering Bohong Zodiak Hari Ini

Ristia Afifah

Lakukan Gerakan Yoga hingga Gunakan Bantalan Kursi 8 Cara Agar Tetap Nyaman selama Penerbangan

Ristia Afifah

Lihat Respon Jan Ethes Dipanggil ‘Kakak’ La Lembah Manah VIDEO Ceria Jokowi Sambut Kelahiran Cucu

Ristia Afifah

Cancer Penuh Energi Virgo Gugup Aries Butuh Tidur Ramalan Zodiak Besok Kamis 12 Desember 2019

Ristia Afifah

Pisces Perlu Waktu Sendiri Virgo Beruntung Ramalan Zodiak Cinta Besok Selasa 26 November 2019

Ristia Afifah

Aquarius Pertahankan Hubunganmu! Ramalan Zodiak Cinta buat yang Berpasangan Jumat 20 Desember 2019

Ristia Afifah

HBO dan John Varvatos Keluarkan Koleksi Fashion Bertema Game of Thrones

Ristia Afifah

Sinergitas untuk Jadikan Indonesia Pusat Fashion Muslim Global

Ristia Afifah

Zodiak Hari Ini Zodiak Yang Cintanya Sering Bertepuk Sebelah Tangan, Adakah Kamu?

Ristia Afifah

Mudik, Beli Baju, Bukber, Hitung Pengeluaran Selama Ramadan, Ini Trik Jaga Dompet Agar Tak Jebol

Ristia Afifah

Leave a Comment