26.7 C
Jakarta
Monday, Apr 6, 2020
Image default
Techno

7 Orang Di Garut Saldonya Ludes Gara Gara Pakai VPN, Simak 5 Bahaya Lain Penggunaan VPN

Pembatasan media sosial oleh pemerintah membuat akses warga untuk berselancar terganggu. Alternatifnya, banyak yang memakai aplikasi Virtual Private Network (VPN) agar lancar bermedia sosial. Namun rupanya penggunaan VPN juga dilarang oleh Kemenkominfo. Pasalnya aplikasi tersebut bisa menyedot data pribadi si pengguna. Dampak dari penggunaan VPN dirasakan oleh Mimin (34), warga Jalan Ciledug, Kecamatan Garut Kota. Uang miliknya yang disimpan di salah satu bank raib setelah Mimin menggunakan VPN di ponselnya.

"Di HP memang ada aplikasi m banking. Waktu whatsapp down, saya disaranin download VPN sama teman. Ya saya instal saja biar bisa lancar pakai WA," kata Mimin, Jumat (24/5/2019). Saat hendak memeriksa saldo melalui m banking, uang di rekeningnya ludes. Total ada Rp 2,7 juta uang Mimin yang hilang. "Padahal saya tidak transaksi di m banking. Hanya cek saldo saja. Tapi pas dicek sudah kosong uangnya," katanya.

Ia lalu melapor ke pihak bank untuk menanyakan uangnya yang tiba tiba hilang. Dari keterangan pihak bank, mimin jadi orang ketujuh yang melaporkan hal serupa. "Kasusnya sama pakai VPN terus buka m banking. Saldonya sampai habis," ucapnya. Ia mengingatkan agar masyarakat yang menggunakan VPN untuk berhati hati. Lebih baik mencopot aplikasi tersebut ketimbang data pribadi tersedot.

Penggunaan aplikasi VPN atau virtual private network di smartphone masih jadi perdebatan. Ada yang menyebut VPN berbahaya, ada juga yang menganggap memakai VPN justru banyak manfaatnya. Saat ini, aplikasi VPN di Playstore memang sedang jadi primadona.

Terbukti, pengguna smartphone banyak yang mengunduh aplikasi VPN di Playstore. Artinya, aplikasi VPN, saat ini sedang banyak diunduh oleh pengguna smartphone di Indonesia. Di urutan pertama, ada aplikasi Turbo VPN.

Kemudian, di urutan kedua, ada aplikasi Free VPN. Berikutnya, ada aplikasi 1.1.1.1. Lalu, di urutan keempat, ada aplikasi SuperVPN.

Di urutan kelima, ada aplikasi Free VPN. Jika dilihat, ukuran file dari aplikasi VPN itu tak lebih dari 21 MB. Sejumlah aplikasi VPN itu pun mendapatkan rating yang cukup baik dari para pengguna Google Playstore.

Dari skala 1 5, sejumlah aplikasi VPN itu mendapatkan penilaian di atas 4,3. Bahkan, ada aplikasi VPN yang mendapatkan rating 4,7. Aplikasi VPN yang mendapatkan rating VPN 4,7 itu adalah Free VPN.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara menyarankan pengguna internet agar hati hati menggunakan VPN, terutama VPN yang gratis. Rudiantara mengatakan hal itu saat jadi narasumber di acara Kompas Petang, Kamis (23/5/2019). "Itu sudah diperhitungkan (mengenai saluran lain untuk sebarkan konten negatif dan hoaks), salah satunya adalah melalui VPN, kan selalu dikatakan kita bisa bypass melalui VPN Virtual Private Network saya justru sarankan hati hati, hindari VPN," ujar Rudiantara.

Rudiantara mengatakan, ada beberapa alasan mengapa pihaknya menyarankan untuk hindari VPN. Salah satunya adalah soal keamanan data data pribadi. "VPN yang gratis terutama ya, VPN yang gratis ini bisa kita terdampak terbukanya data data pribadi kita itu satu," kata Rudiantara.

"Kedua itu bisa menjadi masuknya malware ke ponsel kita jadi hindari itu." "Juga kalau yang gratis tetap saja begitu menggunakan aplikasi WA melalui VPN itu tetap saja kalau video dan gambarnya tidak bisa (dimuat) atau minimal lemot gitu lo," ujar Rudiantara. Lebih lanjut ia pun membenarkan VPN bisa berbahaya untuk mengakses media sosial dan aplikasi perpesanan instan.

Terutama, kata Rudiantara, VPN yang sifatnya gratisan. "Betul, kecuali mau bayar dua juta tiga juta mungkin ya, tapi siapa sih yang mau bayar 2 3 juta," kata Rudiantara sambil tertawa. Diberitakan sebelumnya dari Kompas.com, sekitar seperempat pemakai internet telah menggunakan VPN.

Alasannya, orang menggunakan VPN untuk melindungi privasi mereka ketika menggunakan WiFi. Selain itu ada pula yang memakai VPN yang khawatir mengenai pengintaian dari pemerintah dan penyedia jasa internet.

Baca Lainnya

Menristekdikti Minta BAPETEN Sosialisasikan Produk yang Pancarkan Radiasi

Ristia Afifah

ITSEC Menemukan Pelanggaran Data Penting di Indonesia

Ristia Afifah

Apple Luncurkan Layanan TV Streaming Harga Murah Meriah untuk Libas Netflix

Ristia Afifah

Blackpink Saksikan Samsung Pamer Galaxy A80 Berkamera Rotasi

Ristia Afifah

Semakin Dekat dengan Komunitas, Urban Republic Gelar Product Experience Bertajuk “UR Amazing Race”

Ristia Afifah

Ratusan Karyawan Bukalapak Kena PHK, Menteri Rudiantara: Kecil Itu. . .

Ristia Afifah

Ada Masalah di Baterai, Garuda Larang Penumpang Bawa Macbook Pro 15 Inci

Ristia Afifah

BaBe Luncurkan Fitur Terbaru Ramadan Selama Bulan Suci

Ristia Afifah

Printer Pantum Masuk Pasar Indonesia

Ristia Afifah

Ada yang Baru di Update Fortnite Season 8, dari Gunung Berapi hingga Pirate Cannon

Ristia Afifah

Harga HP Oppo Terbaru 2019 Oppo A7, Oppo R17, Oppo F9, Oppo F11 Pro, Perbandingan Spesifikasi

Ristia Afifah

Tos Dikira Maaf Siul Dikira Cium 10 Emoji yang Seringkali Disalahartikan Penggunaannya

Ristia Afifah

Leave a Comment