25.4 C
Jakarta
Sunday, Aug 9, 2020
Image default
Internasional

9 WNI ABK Diamond Princess yang Dirawat di Jepang Sudah Sembuh

Wakil ketua DPR Bidang Industri dan Pembangunan Rachmat Gobel menyatakan, telah menerima kabar resmi dari pihak Jepang maupun pemerintah Indonesia, bahwa seluruh anak buah kapal Diamond Princess yang dirawat di Jepang dinyatakan telah sehat. Pihak Jepang juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, untuk proses pemulangannya. “Saya gembira mendengar laporan itu. Sebanyak sembilan orang anak buah kapal Diamond Princess yang positif Covid 19, per 12 Maret 2020, jam 17.00 waktu setempat, telah menerima surat keterangan sehat,” kata Rachmat Gobel dalam keterangannya, Sabtu (14/3).

Dengan demikian seluruhnya awak kapal yang dirawat di rumah sakit di Jepang yang dinyatakan positif Covid 19, dinyatakan sembuh. Sebanyak enam orang yang sudah sehat telah pulang ke Tanah Air, dan tiga orang lainnya masih berada di Jepang menunggu proses kepulangan. Pihak KBRI sampai saat ini terus bekerja keras dan berkoordinasi dengan perusahaan untuk pemulangan ketiga WNI tersebut. Rencananya ketiga WNI itu akan terbang langsung ke Indonesia dari Bandara Internasional Narita ke Jakarta, pada Jumat (13/3), malam. “Saya berterima kasih kepada Pemerintah Jepang dan kru medis, serta staf KBRI yang terus bekerja keras, berkoordinasi, dan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh warga kita yang dirawat disana, dari status positif Covid 19 hingga sembuh. Hal ini merupakan bentuk respon positif Pemerintah Jepang atas sikap bersahabat dan tindakan baik Pemerintah Indonesia terhadap seluruh warga Jepang di Indonesia,” kata Rachmat.

Menurut Rachmat, seluruh proses penanganan itu dapat berjalan dengan baik karena adanya hubungan yang baik dan saling pengertian dari kedua negara. Selama puluhan tahun Jepang dan Indonesia merupakan sahabat yang sangat kuat, baik masyarakatnya, pemerintahnya, maupun dunia usaha dan industri. Hubungan erat itu yang menjadikan Jepang sebagai salah satu investor terbesar bagi Indonesia, terutama investasi di industri manufaktur dan pengembangan sumber daya manusia. Berdasarkan data yang dihimpun dari The Jakarta Japan Club (JJC Asosiasi Pebisnis Jepang di Jakarta) dalam 10 tahun terakhir, nilai investasi Jepang di Indonesia mencapai US$ 31 miliar.

Sementara kontribusi perusahaan Jepang di Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2015 sebesar 6,1 % atau senilai US$ 52,5 miliar, tahun 2018 meningkat menjadi 8,5% atau senilai US$ 85,9 miliar. Demikian juga kontribusi perusahaan Jepang yang ada di Indonesia terhadap ekspor tahun 2015 mencapai 18,1% dari total nilai ekspor Indonesia ke dunia. Tahun 2018, kontribusinya meningkat menjadi 24,4%. “Saya melihat persahabatan itu berbuah baik, yang salah satunya diwujudkan dalam saling tolong menolong dengan totalitas. Ini buah dari hubungan dari hati ke hati yang telah terbina puluhan tahun,” tuturnya.

Berita Ini Sudah Tayang di KONTAN, dengan judul:

Baca Lainnya

Pakar Timur Tengah Sebut Iran Marah & Kemungkinan Balas Dendam pada AS atas Tewasnya Soleimani

Ristia Afifah

Presiden Irak Barham Salih Tunjuk Perdana Menteri Baru

Ristia Afifah

Orang Tua Terkejut Lihat Tagihan dari Bank Wanita Ditemukan Tewas Bunuh Diri

Ristia Afifah

Badan Intelijen Jepang Minta Masyarakat Waspada karena Jadi Target Empuk Terorisme Jelang Olimpiade

Ristia Afifah

Hong Kong Konfirmasi Kematian Pertama Korban Derita Serangan Jantung Mendadak UPDATE Virus Corona

Ristia Afifah

Kim Jong Un Akhirnya Muncul Hilang di Tengah Wabah Corona & Isu Penembakan Pejabat Korea Utara

Ristia Afifah

Diimbau Jaga Jarak Saat Hubungan Seks Warga New York Dituntut Kreatif Soal Posisi Cegah Covid-19

Ristia Afifah

Dewan Kota Minneapolis Mantap Ganti Polisi dengan Sistem Keamanan Berbasis Masyarakat

Ristia Afifah

Kisah Wanita yang Sudah 14 Tahun Meninggal Hidup Kembali

Ristia Afifah

Ini ketentuan bagi Wisatawan atau Pengunjung yang Akan menuju Singapura Tak Bisa Langsung

Ristia Afifah

Sekjen PBB Apresiasi Peran Indonesia di Dewan Keamanan PBB

Ristia Afifah

Tujuh Orang Luka Luka Akibat Serangan Roket Ke Tel Aviv Israel

Ristia Afifah

Leave a Comment