31 C
Jakarta
Monday, Jul 13, 2020
Image default
Metropolitan

Anies Kirim 65 Petugas Bantu Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberangkatkan 65 petugas untuk membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau. Pelepasan dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di silang Monas, Jakarta Pusat. Menurut Anies, langkah Pemprov mengirim bantuan merupakan bentuk kepedulian warga Ibu Kota atas musibah kebakaran yang terjadi di Pulau Sumatera maupun Kalimantan.

"Mudah mudahan asap bisa segera hilang, api segera padam, dan saudara saudara kita di Sunatera dan Kalimantan bisa menghirup kembali udara segar," ucap Anies, Selasa (17/9/2019). Dari 65 petugas yang diberangkatkan, rinciannya berasal dari Dinas Penaggulangan Kebakaran dan Penyelamatan sebanyak 25 orang, Dinas Sosial 10 orang, Dinas Kesehatan 10 orang, BPBD 5 orang. Serta tim relawan Jakarta sebanyak 10 orang, dan tim pendukung 5 orang. Nantinya kegiatan mereka di wilayah terdampak akan berada dalam koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Untuk kelompok bantuan pertama, disebutkan bakal ke Riau. Tapi tak menutup kemungkinan 65 orang tersebut akan dipecah menjadi dua kelompok untuk menangani Karhutla di Kalimantan juga. "Arahan pertama memang ke Riau. Nanti bisa dipecah, sebagian ke Riau sebagian ke Kalimantan. Sesudahnya kita bisa kirim lebih banyak lagi. Jambi juga," jelas dia.

Lebih lanjut Anies menyebut bahwa para petugas yang berangkat telah punya pengalaman soal perkara serupa. Bantuan petugas lebih banyak lagi akan kembali dikirim bila dalam kurun waktu 10 hari penugasan, dirasa belum cukup. "Saya bilang kalau (kebakaran) di sini paling asapnya dua jam selesai (ditangani), kalau di sana (Riau) 24 jam. Itu bukan sesuatu yang sederhana. Jadi penugasan 10 hari, lalu kita akan kirim lagi kalau diperlukan," pungkasnya.

Sebelumnya, karhutla yang terjadi di Riau saat ini sudah sampai pada kategori darurat lantaran dampak kabut asap telah memasuki pemukiman warga sehingga menyebabkan gangguan pernafasan. Bahkan karhutla tidak hanya terjadi di Riau saja, namun juga Kalimantan dan diduga dampak asapnya pun terbawa hingga melewati perbatasan Indonesia, yakni ke Malaysia dan Singapura. Presiden Jokowi, para menteri serta pimpinan lembaga terkait pun telah melakukan Rapat Terbatas langsung di Riau terkait langkah apa yang harus diambil untuk menangani bencana tersebut.

Baca Lainnya

Gelar Resepsi di Tengah Corona Fakta Kapolsek Kembangan Kompol Fahrul Sudiana Dicopot dari Jabatan

Ristia Afifah

Jaksel & Jaktim Berpotensi Hujan Ringan Prakiraan Cuaca BMKG buat Jabodetabek Rabu 13 Mei 2020

Ristia Afifah

Bahas Kondisi di Bogor hingga Normalisasi Vs Naturalisasi Bagus Mana Viral Analisis Banjir Jakarta

Ristia Afifah

Insentif Rp 215.000 per Hari akan Diberikan pada Petugas Medis Corona DKI Jakarta

Ristia Afifah

Polisi Sterilkan Lokasi Ledakan di Monas

Ristia Afifah

Bongkar Hubungan Sang Papa & Nus Kei Sebelum Peristiwa Berdarah Putri Sulung John Kei Muncul

Ristia Afifah

Ini Jawaban Kapolres Bogor Ombudsman Pertanyakan Patwal di Jalur Puncak Bisa Dibeli

Ristia Afifah

Jasa Marga Evakuasi Mobil Nissan GT-R yang Terbakar di Tol Jagorawi

Ristia Afifah

Wali Kota Bekasi Terbitkan Surat Edaran Penghentian Kegiatan Perkantoran Akibat Corona

Ristia Afifah

Cara Ampuh Terhindar Ganjil Genap di Jakarta Cukup Pakai Ponsel, Jangan Coba Pasang Alat Ini

Ristia Afifah

10 April Berlaku dari Jumat Penjelasan Lengkap Gubernur Anies Tentang PSBB Jakarta

Ristia Afifah

Tahun Ini Masjid Istiqlal Tak Bisa Akomodasi Tempat Parkir Jemaat Katedral Sedang Renovasi

Ristia Afifah

Leave a Comment