26.7 C
Jakarta
Wednesday, Feb 26, 2020
Image default
Internasional

Antusiasme WNI Ikuti Pemilu 2019 di India di Tengah Suhu Udara Panas 39 Derajat Celcius

– Pada Minggu (14/4/2019), dilakukan pemungutan suara Pemilu 2019 bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di India. Berdasarkan keterangan pers Kementerian Luar Negeri, pelaksanaan pemungutan suara dilakukan di KBRI New Delhi, pada pagi hari waktu setempat. Adapun pemungutan suara meliputi Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota DPR RI wilayah Dapil DKI Jakarta II.

Dilaksanakannya pemungutan suara pada hari libur diharapkan dapat mendorong jumlah pemilih yang datang ke TPS. Petugas KPPSLN New Delhi sejak pagi telah siap menyambut kedatangan para calon pemilih, sesuai dengan jadwal pelaksanaan pencoblosan dari pukul 08.00 hingga 18.00 waktu Delhi. Untuk ketertiban dan kenyamanan para pemilih yang datang ke TPS, disiapkan jugaholding roomdengan minuman dansnackkhas Indonesia, sehingga WNI tidak hanya terkonsentrasi di area TPS, sekaligus menjadi kesempatan untuk saling bersilaturahmi sembari menunggu antrian.

Antusiasme WNI di wilayah akreditasi KBRI dalam menyalurkan hak suara cukup tinggi, terlihat dari banyaknya WNI yang memilih metode pemilihan TPS meski berdomisi di wilayah cukup jauh dari New Delhi. Selain itu, banyak juga WNI yang datang ke TPS meski namanya belum terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), khususnya mereka yang berkunjung ke India untuk tujuan wisata. PPLN New Delhi sesuai amanat KPU RI tetap menyambut dan melayani kedatangan semua WNI dengan baik. Dubes RI untuk India, Sidharto Reza Suryodipuro menilai suasana pencoblosan di KBRI New Delhi terlaksana dengan baik, lancar dan tertib.

Hal tersebut dicerminkan dari antusiasme WNI yang berdatangan dari pagi hari hingga berakhirnya waktu pencoblosan. “KBRI New Delhi, senantiasa netral dan mendukung penuh kinerja dan independensi PPLN New Delhi untuk menciptakan pesta demokrasi yang damai” ujar Dubes Arto. Dalam berbagai kesempatan beliau juga menghimbau kepada seluruh WNI untuk mendukung terlaksananya Pemilu yang sukses sesuai moto Pemilu 2019 “Luber dan Jurdil”.

Ketua PPLN New Delhi, Nahot J. Simbolon juga mengaku puas dengan semangat dan antusiasme WNI yang datang ke TPS meski cuaca hari ini cukup panas yakni 39̊̊ celcius. Menurutnya WNI di India memiliki kesadaran memilih yang tinggi dan sangat kooperatif ketika dilakukan pendataan untuk penetapan DPT, DPTb dan DPK. “Saya senang sekali bisa mencoblos pada Pemilu kali ini, karena merupakan pengalaman pertama ikut Pemilu di luar negeri, saya kira akan sulit prosesnya, tapi ternyata cukup mudah, karena sejak awal petugas PPLN secara pro aktif berkomunikasi kami. Jadi meski harus menempuh waktu 3 jam perjalanan untuk ke TPS kami tidak masalah” ujar Farrasa Uswatun Hasanah, mahasiswi Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di Aligarh Muslim University, Negara Bagian Uttar Pradesh. WNI yang datang untuk memberikan hak suaranya berasal dari berbagai profesi antara lain, pilot, pelatih badminton Indonesia, wisatawan, dokter, WNI yang menikah dengan warga India, kalangan profesional dan pelajar dan mahasiswa Indonesia yang merupakan pemilih milenial.

Berdasarkan hasil rekapitulasi PPLN New Delhi yang telah diserahkan ke KPU RI, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk seluruh wilayah akreditasi KBRI New Delhi adalah 326 calon pemilih, 209 di antaranya melakukan pencoblosan di TPS 001, KBRI New Delhi, sementara 117 calon pemilih metode pemungutan suara POS dan tidak ada metode (Kotak Suara Keliling (KSK). PPLN New Delhi memperoleh surat suara tambahan sebanyak 8 surat suara yang terdiri dari 2 persen (5) dari jumlah calon pemilih TPS dan 2 persen (3) dari jumlah calon pemilih pos. Surat suara tambahan ini digunakan untuk mengganti surat suara yang keliru dicoblos, rusak dan untuk pemilih tambahan. PPLN New Delhi targetkan angka pemilihan di atas 90 persen dari jumlah DPT.

Penghitungan suara dilakukan secara serentak pada tanggal 17 April 2019.

Baca Lainnya

Badan Intelijen Jepang Minta Masyarakat Waspada karena Jadi Target Empuk Terorisme Jelang Olimpiade

Ristia Afifah

Kim Kardashian dan Kanye West Habiskan Rp 18 Triliun untuk Gaji Baby Sitter Keempat Anaknya

Ristia Afifah

Terselamatkan Becak Video Viral Bocah Selamat Terjatuh Dari Balkoni Lantai 2 Setinggi 10 Meter

Ristia Afifah

Topi Paus Fransiskus Terpaksa Dilepas Saat Tiba di Jepang Angin Kencang

Ristia Afifah

Bayi Sudah Setengah Keluar Akhirnya Meninggal VIRAL Ibu Melahirkan Ditolak RS karena Tak Bawa KTP

Ristia Afifah

Anak Diguyur Air Panas di Kandang Kucing Kasus Pasutri Sadis Ny Azlin & Ridzuan Abdul Rahman

Ristia Afifah

Kerugian Akibat Angin Topan di Jepang Mencapai 172 Miliar Yen

Ristia Afifah

Jadi Sorotan, Inilah Postingan Foto Terbaru Hyuna di Instagram

Ristia Afifah

Si Pria Mati-matian Lindungi Istri Pukul & Telanjangi Pelakor di Jalan Lihat Selingkuhan Suami

Ristia Afifah

Dihina Istri di Akun YouTubenya, Pria Jepang Sekap dan Serang Istri hingga Cedera Sebulan

Ristia Afifah

Tayang di Big Movies GTV Pukul 22.00 WIB Kisah Bryan Mills yang Diburu CIA dalam film Taken 3

Ristia Afifah

Tujuh Orang Luka Luka Akibat Serangan Roket Ke Tel Aviv Israel

Ristia Afifah

Leave a Comment