31.9 C
Jakarta
Sunday, Feb 23, 2020
Image default
Travel

Bagaimana Cara Mengetahui Maskapai yang Aman dan Punya Reputasi Baik di Dunia Penerbangan?

Semakin banyak maskapai baru dan rute penerbangan yang dibuka menjadi tanda bahwa perjalanan udara semakin diminati akhir akhir ini. Selain lebih cepat, perjalanan dengan pesawat juga lebih minim kecelakaan. Bahkan, harga tiket pesawat pun kini tak semahal dulu.

Banyak maskapai low coast carrier yang menawarkan harga promosi yang bisa menghemat budget liburanmu. Namun, harga bukan satu satunya faktor yang dipertimbangkan wisatawan ketika memutuskan maskapai mana yang dipilih. Ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan, termasuk waktu penerbangan, konfigurasi pesawat, dan yang paling penting adalah catatan keselamatannya karena ini menyangkut reputasi maskapai.

Mengingat dua kecelakaan pada penerbangan Boeing 737 Max dalam waktu kurang dari enam bulan, tidak dipungkiri para pelancong menjadi gelisah tentang penerbangan. Apakah kamu ingin terbang dengan maskapai teraman? Tips memilih maskapai penerbangan yang memenuhi standar keamanan:

Kamu tentu bertanya tanya tentang seberapa aman maskapai yang akan kamu tumpangi. Untuk itu, kamu bisa langsung memeriksanya di situs airlineratings.com. Situs ini didirikan oleh tim editor penerbangan yang berisi informasi peringkat keamanan ahli lebih dari 435 maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Meskipun tidak ada sistem penilaian yang sempurna, airlineratings.com berfungsi sebagai panduan sebelum kita memesan penerbangan itu. Penilaian keamanan dalam situs airlineratings.com mempertimbangkan kriteria berikut: Selain memeriksa Registry IOSA, ada baiknya juga melihat Daftar Keselamatan Udara (Uni Eropa) UE.

Ada dua lampiran dalam daftar, satu untuk semua maskapai yang dilarang beroperasi di Eropa, dan yang satunya untuk maskapai yang dilarang beroperasi dalam kondisi tertentu di Eropa. Keduanya diperbarui secara teratur dengan pembaruan terbaru pada 16 April 2019. Jika UE percaya suatu negara tidak memenuhi standar keselamatan tertentu, ia akan melarang semua bentuk operasional dari negara tersebut.

Unduh daftar lengkap maskapai terlarang di UE . International Air Transport Association's Operational Safety Audit (IOSA) adalah tolok ukur manajemen keselamatan penerbangan secara global. Audit keselamatan memeriksa setiap maskapai untuk memastikan mereka memenuhi persyaratan keselamatan operasional internasional dan melihat keselamatan maskapai di berbagai bidang termasuk operasi penerbangan, penanganan darat, manajemen keamanan, dan pemeliharaan armada.

Setiap tahun, IATA melakukan lebih dari 150 audit di seluruh dunia. Maskapai yang mematuhi IOSA harus memperbarui status ini setiap dua tahun. Maskapai yang telah lulus audit dilaporkan memiliki tingkat kecelakaan jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak. Pelancong yang sering bepergian dengan pesawat harus terbiasa dengan aliansi maskapai penerbangan, misalnya Star Alliance yang punya keistimewaan frequent flyer.

Namun, aliansi maskapai saat ini bukan sekadar untuk imbalan keanggotaan. Saat ini, ada tiga aliansi maskapai besar di dunia, yaitu Star Alliance, Oneworld, dan SkyTeam. Semuanya membutuhkan mitra penghubung untuk mempertahankan audit IOSA, yang berarti kita bisa merasa lebih yakin dengan standar keselamatan maskapai penerbangan anggota mereka.

Lakukan riset sebelum memutuskan maskapai mana yang akan kamu pilih untuk terbang untuk ketenangan pikiran. Meskipun kecelakaan pesawat masih terjadi, perjalanan udara tetap menjadi transportasi paling aman. Faktanya, statistik menunjukkan terbang jauh lebih aman daripada mengemudi.

Dengan demikian, pertimbangkan standar keselamatan transportasi udara di suatu negara untuk memberikan beberapa panduan tentang keselamatan maskapai yang kamu pilih.

Baca Lainnya

Mulai Besok Inilah 9 Promo Dan Diskon Hingga 74 Peringati Hari Kemerdekaan Mcd Hingga Kfc

Ristia Afifah

Promo ‘Harga Gledek’ Tiket.com Beri Potongan hingga 50 Persen, ke Tokyo dan Seoul Cuma Rp 1,7 Jutaan

Ristia Afifah

Ini Kiat berhasil Tarik Pembeli & Bikin Laris Produkmu! Pesta Belanja Online Black Friday

Ristia Afifah

Pilot Ingin Sampaikan 3 Pesan Ini Tanda Sabuk Pengaman di Pesawat Dihidupkan

Ristia Afifah

9 Fakta Unik Jepang yang Belum Diketahui Banyak Orang

Ristia Afifah

Viral Di Medsos Diduga Berasap, Pesawat Mendarat Darurat Dan Penumpang Berlari Selamatkan Diri

Ristia Afifah

Tak Hanya Pasar Tanah Abang, Ini 7 Tempat Belanja Baju Lebaran Murah di Jakarta

Ristia Afifah

Rekomendasi 5 Tempat Makan Enak Murah di Jakarta untuk Sahur

Ristia Afifah

5 Hal yang Bisa Dilakukan di Bangkok Saat Malam Hari, Kunjungi Pasar Malam Bisa Jadi Pilihan

Ristia Afifah

Tiket Murah menuju Hong Kong di Bawah Rp 1 Juta buat Sekali Penerbangan hendak

Ristia Afifah

Kue Asida, Kudapan Manis Khas Maluku Utara yang Selalu Ada Saat Ramadan

Ristia Afifah

5 Kebiasaan Wanita di Maroko untuk Menyambut Bulan Ramadan

Ristia Afifah

Leave a Comment