31.9 C
Jakarta
Sunday, Feb 23, 2020
Image default
Bisnis

BCA Donasikan Alat Operasi Katarak & Donor Darah Demi Tingkatkan Layanan Kesehatan

PT Bank Central Asia (BCA) Tbk baru saja menyalurkan donasi dalam bentuk alat operasi katarak dan sarana pengambilan donor darah melalui CSR Bakti BCA. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja bersama Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati pun menyerahkan secara simbolis alat alat itu. Donasi 1 buah mikroskop dan instrumen katarak diserahkan kepada Ketua SPBK Perdami Pengurus Pusat Umar Mardianto.

Sementara donasi 1 buah mikroskop diterima oleh Ketua Perdami Cabang DKI Jakarta Elvioza Lalu dukungan pembelian donasi 1 mesin phacoemulsifikasi diberikan kepada perwakilan Perdami Cabang Riau Isfiyanto. Kemudian donasi berupa 6 set Blood Scale & Mixer diterima oleh Wakil Kepala UTD PMI DKI Jakarta Niken Ritchie.

Jahja menjelaskan bahwa keseluruhan donasi diperuntukkan untuk mendorong peningkatan terhadap pelayanan kesehatan bagi masyarakat. "Donasi tersebut ditujukan untuk mendukung peningkatan kualitas layanan kesehatan di Indonesia," ujar Jahja, dalam acara yang digelar di Menara BCA, Jakarta Pusat, Selasa (3/11/2019). Ia menyadari, kebutuhan terkait pengobatan katarak dan donor darah memang sangat tinggi namun tidak sebanding dengan ketersediaan alat yang ada.

"Ini yang menyadarkan kami bahwa katarak dan kebutuhan darah di Indonesia masih menjadi salah satu masalah penting di bidang kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat," jelas Jahja. Menurutnya, inisiatif perlu dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk sektor swasta dalam mendorong ketersediaan alat yang mumpuni. Sebagai salah satu bank yang berpengaruh dalam industri perbankan tanah air, pihaknya pun terus berkomitmen untuk memberikan perhatian khusus kepada masyarakat.

"BCA, sebagai salah satu institusi perbankan yang dekat dengan masyarakat, ingin memberikan perhatian lebih untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat," kata Jahja. Jahja menegaskan, ada banyak wujud komitmen yang telah didonasikan BCA untuk kepentingan masyarakat, "Tak hanya melalui pelaksanaan operasi katarak gratis dan kegiatan donor darah saja,". Sehingga ia berharap melalui donasi yang diberikan BCA, pesan yang ingin dicapai itu bisa tersampaikan secara baik untuk terus konsisten bersinergi mengembangkan program program berdasar pada tiga pilar yangvdipegang teguh BCA.

Ketiga pilar itu meliputi Solusi Cerdas BCA di bidang pendidikan, lalu Solusi Sinergi BCA di bidang budaya, kesehatan, budaya, lingkungan, olahraga maupun empati, serta Solusi Bisnis Unggul di bidang pembinaan UMKM, komunitas dan desa wisata. "Oleh karena itu, dukungan ini menjadi bentuk wujud nyata kami untuk menjamin kesejahteraan masyarakat yang lebih baik," pungkas Jahja. Perlu diketahui, berdasar pada data yang dimiliki Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), terdapat sekitar 3,5 juta penduduk Indonesia yang mengalami kebutaan pada kedua belah mata, di mana 50 % atau sekitar 1,5 juta diantaranya mengalami kebutaan akibat katarak.

Sementara dari catatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), per 30 Agustus 2018, katarak masuk dalam kategori penyumbang terbesar kebutaan di Indonesia yang hampir mencapai 60 persen. Kemudian terkait kebutuhan darah, berdasarkan catatan WHO di situs Kemenkes pada Juli 2017 lalu, jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia sekitar 5,1 juta kantong darah per tahun atau sebesar 2 % dari jumlah penduduk Indonesia.

Baca Lainnya

Kemenristek Dikti Sambut Baik GOJEK Berikan Beasiswa menuju Mitra Driver

Ristia Afifah

Operasional Bank Indonesia Tutup 3 7 Juni Karena Libur Lebaran

Ristia Afifah

SMF Gandeng Driver Taksi Online Perluas Akses KPR

Ristia Afifah

Cuma Sampai Hari Ini Jam 5 Sore 2 Combo Duo Fire Chicken Bayar Rp 68 Ribu Promo Richeese Factory

Ristia Afifah

Chitose Incar Laba Bersih Naik 55 Persen Jadi Rp 21 Miliar

Ristia Afifah

Pemerintah Naikkan Lagi Tarif Tol Jagorawi Pekan Depan

Ristia Afifah

GOJEK Resmi Mengaspal di Thailand dengan Nama GET

Ristia Afifah

IRDI Boyong Puluhan Investor Indonesia Ke Indonesia China Businees Forum

Ristia Afifah

Menhub Dijadwalkan Tinjau Dermaga Pelabuhan Muara, Ajibata dan Ambarita di Danau Toba

Ristia Afifah

Dinilai Bagian dari Warisan Budaya, Pemerintah Perlu Lindungi Pabrik Rokok Kretek

Ristia Afifah

Lebaran Tahun Ini, Pemudik Sudah Bisa Lewat Tol Trans Sumatera

Ristia Afifah

Merek Merek Waralaba Paling Diminati Tahun 2019

Ristia Afifah

Leave a Comment