28.2 C
Jakarta
Monday, Mar 30, 2020
Image default
Otomotif

Berikut Cara & ketentuan Lengkap Mengurusnya STNK Hilang

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) merupakan dokumen yang sangat penting bagi pemilik kendaraan. Namun, terkadang kejadian yang tak terduga seperti kehilangan STNK sering menimpa kita. STNK hilang karena jatuh, diambil orang, atau kita lupa menaruhnya dan hilang.

Jangan khawatir, Anda bisa langsung mengurusnya ke kantor polisi terdekat. Dilansir dari laman Instagram @divisihumaspolri , Rabu (18/12/2019) berikut ini persyaratan dan tata cara mengurus STNK yang hilang. Persyaratan yang harus dilengkapi :

Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian (Polsek atau Polres setempat) KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi). BPKB (asli dan fotokopi) atau surat keterangan leasing.

Surat Keterangan Penyiaran Radio atau Bukti Pembuatan Iklan Media Cetak. Cek Fisik Kendaraan di Kantor Samsat Terdekat. Legalisir surat kehilangan di kantor Min Lantas yang menerangkan bahwa STNK tidak dalam masa tilangan.

Setelah Anda mengetahui syarat apa saja yang harus dipersiapkan, berikut adalah tata cara untuk mengurus STNK dilansir dari laman , Rabu (18/12/2019). 1. Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian Jika SNTK Anda benar benar sudah hilang , segeralah untuk melapor ke kantor polisi (Polres atau Polsek terdekat).

Anda akan dibuatkan surat keterangan kehilangan yang nantinya Anda bawa untuk proses pembuatan STNK baru. 2. Siapkan berkas kelengkapan sebagai persyaratan administrasi Untuk mengurus penggantian STNK yang hilang, Anda perlu mempersiapkan dokumen sebagai berikut:

KTP pemiliki kendaraan (asli dan fotokopi) Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian (Polsek atau Polres terdekat) BPKB (asli dan fotokopi)

3. Datang ke Kantor SAMSAT Jika Anda sudah menyiapkan berkas berkas yang diperlukan, Anda tinggal membawanya ke Kantor Sistem Manunggal Satu Atap (SAMSAT) yang merupakan tempat penerbitan STNK. 4. Cek fisik kendaraan

Ketika Anda sudah di Kantor SAMSAT, yang pertama dilakukan adalah cek fisik kendaraan sekaligus gesek nomor rangka dan mesin. Isi formulir pendaftaran Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar, kemudian serahkan ke bagian loket STNK hilang.

Sertakan juga berkas yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Mengurus cek blokir Mengurus cek blokir yang dimaksud adalah mengurus surat keterangan STNK hilang dari SAMSAT.

Surat tersebut akan menjelaskan keterangan keabsahan STNK terkait. Mengurus pembuatan STNK baru Mengurus pembuatan STNK baru, Anda harus menyerahkan semua berkasnya dari SAMSAT di Loket Bea Balik Nama (BBN) II.

Membayar biaya pembuatan STNK baru Biaya untuk pembuatan STNK baru berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak Polri, yakni untuk kendaraan bermotor roda dua, roda tiga atau angkutan umum sebesar Rp 50.000. Sedangkan untuk kendaraan beroda empat atau lebih sebesar Rp 75.000.

Mengambil STNK Setelah semuanya sudah diurus, Anda tinggal menyerahkan bukti pembayaran dari kasir ke bagian pengambilan STNK. Tunggu panggilan untuk mengambil STNK baru pengganti STNK yang telah hilang.

Baca Lainnya

BMW dan Mercy Wajib Penuhi Syarat Ini agar Dipilih Jadi Mobil Dinas Jokowi

Ristia Afifah

Modal Ubah Xpander Lawas Jadi Bergenre Crossover

Ristia Afifah

Hino Tak Tampilkan Produk Baru di GIIAS, Tapi Siap Pajang Dutro Hybrid dari Jepang

Ristia Afifah

Penghargaan Toyota Eco Youth Ke 11 Digelar, Ini Juaranya

Ristia Afifah

Daftar Fasilitas di Posko Siaga 24 Jam Auto2000

Ristia Afifah

Yamaha Kini Punya Bengkel Motor Terbesar di Indonesia Berlokasi di Cibinong Seluas 2.800 M2 Wuih

Ristia Afifah

Mulai Rp 186 Jutaan hingga Rp 228 Jutaan Harga Mobil Grand New Xenia Terbaru November 2019

Ristia Afifah

Elvindo Siap Jual Motor Listrik dari Rp 5 Jutaan Serius Garap Motor Listrik

Ristia Afifah

4 Juta Biaya Pasang Speedometer Indiglow di All New Honda Brio hanya Rp 1

Ristia Afifah

Selain Mobil dan Motor Terbaru, Produk Maritim Juga Bakal Tampil di IIMS 2019

Ristia Afifah

Ketahui Perbedaan Harga On The Road & Off The Road Sebelum Beli Kendaraan Baru

Ristia Afifah

13 Unit Truk Kuzer RKE 150 dari Astra UD Trucks Kini Memperkuat Armada Berdikari Logistics

Ristia Afifah

Leave a Comment