25.6 C
Jakarta
Wednesday, Dec 11, 2019
Image default
Sains

BESOK, Gerhana Matahari Total Terjadi, Ini Link Live Streaming Nonton Detik Detik Gerhana

Gerhana matahari total akan terjadi besok, Selasa (2/7/2019). Berikut link video live streaming nonton detik detik gerhana matari total besok. Gerhana matahari total terjadi saat posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari.

Sehingga bulan akan menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari ke bumi. Saat puncak gerhana matari total, piringan matahari akan ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Ukuran piringan matahari dan bulan sendiri akan berubah ubah.

Hal itu tergantung akan masing masing letak dan jarak matahari bumi bulan. Disankan pengamatan gerhana matahari total harus menggunkan pelindung mata khusus. Melihat secara langsung ke bagian cincin terang matahari atau fotosfer, dapat membahayakan mata.

Tidakan tersebut dapat menyebakan kerusakan permanen pada retina. Meski tak terlihat, fotosfer akan radiasi tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan mata. Dilansir oleh Space.com, gerhana matahari total 2 Juli 2019 besok, akan berlangsung selama 4 menit 33 detik.

Durasi tersebut lebih panjang 2 menit 40 detik dibandingkan gerhana matahari total yang terjadi pada Agustus 2017 lalu. Jalur totalitas atau wilayah yang dilintasi oleh gerhana matahari hanya sepanjang 200 kilometer. Jalur tersebut dimulai dari La Serena, Chile dan berakhir di daerah selatan kota Buenos Aires, Argentina.

Sementara daerah yang bukan merupakan jalur totalitas hanya dapat melihat gerhana parsial. Fase totalitas gerhana akan pertama kali terlihat di Pulau Oeno, wilayah Inggris di Samudera Pasifik. Gerhana akan terlihat di Pulau Oeno selama 2 menit 53 detik pada pukul 10:24 waktu setempat.

Sementara fase totalitas yang pertama tampak di daerah Amerika Selatan ada di Chile. Tepatnya di La Serena, fase totalitas gerhana matahari akan dimulai pukul 04:39 pagi, waktu setempat. Sayangnya, Indonesia tidak dapat melihat gerhana matahari total maupun parsial.

Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa menyaksikan detik detik gerhana matahari total lewat link live streaming. Meski tidak dapat menyaksikan secara langsung gerhana matahari total kali ini. Indonesia dapat menyaksikan secara langsung gerhana matahari cincin di akhir tahun ini.

Tepatnya pada tanggal 26 Desember 2019 mendatang.

Baca Lainnya

Pakar Jelaskan Ular Sanca Bisanya Jatuhkan Diri dan Lilit Mangsa

Ristia Afifah

Aurora yang Indah Muncul di Langit Menyerupai Bentuk Huruf ‘J’ Namun Bisa Juga Huruf ‘P’

Ristia Afifah

5 Tipe Letusan Gunung Berapi, Gunung Tangkuban Perahu Masuk Tipe Mana?

Ristia Afifah

Ini Dia Drone Yang Hampir Memicu Perang AS Iran, Lihat Kehebatan Dan Harganya

Ristia Afifah

Lihat Foto Ini! Inilah Penjelasan Ilmiah Bila Kamu Jijik hingga Bergidik Saat Melihatnya

Ristia Afifah

Yuk Datang! Indonesia Science Day 2019 Akan Digelar di TMII 25–28 April 2019

Ristia Afifah

Belum atau Tidak Berniat Baca Cerita KKN di Desa Penari? Bisa Jadi karena Anda Memiliki IQ Tinggi

Ristia Afifah

Black Hole Pertama Kali dalam Sejarah Tertangkap Kamera, Apa Dampak Penelitian untuk Indonesia?

Ristia Afifah

Ini Penjelasan Ilmiahnya Renggut Nyawa Warga Klaten Seganas Apa Tawon Ndas

Ristia Afifah

14 Spesies Anjing dan Kucing Langka di Dunia, Ada yang Mirip Rakun

Ristia Afifah

Pelepah Hingga Bungkil Sawit Bisa Jadi Pakan buat Tingkatkan Bobot Sapi

Ristia Afifah

2 Gempa Bumi Terjadi di Wilayah Laut Jawa dan Terasa Hingga ke Lombok Kemarin, Ini Penjelasan BMKG

Ristia Afifah

Leave a Comment