31.2 C
Jakarta
Friday, Aug 14, 2020
Image default
Pendidikan

Bikin Akun di ppdb.jatengprov.go.id Jadwal & Alur Pendaftaran PPDB SMA/SMK 2020 di Jawa Tengah

Berikut ini jadwal dan alur pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK di Jawa Tengah tahun 2020 secara online di ppdb.jatengprov.go.id. Dikutip dari informasi yang dibagikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di akun Twitter nya, @ganjarpranowo pada Jumat (12/6/2020), PPDB SMA/SMK di Jawa Tengah untuk reguler bakal dibuka pada 17 hingga 18 Juni 2020. Pendaftaran PPDB dibuka mulai pukul 08.00 WIB.

Kemudian, pengumuman hasil PPDB akan diumumkan pada 30 Juni 2020. Sementara untuk pendaftaran PPDB inklusi dan Kelas Olahraga telah dibuka sejak 8 Juni lalu. Secara lengkap, berikut jadwal PPDB SMA/SMK di Jateng tahun 2020:

Lantas bagaimana dengan alur pendaftaran PPDB online SMA/SMK di Jateng? Pendaftaran dilakukan secara online dengan terlebih dahulu membuat akun di website resmi PPDB Jateng di ppdb.jatengprov.go.id. Setelah berhasil membuat akun, peserta PPDB kemudian mengunggah dokumen, memilih sekolah dan kemudian mencetak kartu pendaftaran.

Secara lengkap, berikut alur pendaftaran PPDB online SMA/SMK di Jawa Tengah: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Jumeri mengatakan, PPDB pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Syarat pendaftaran saat ini tak lagi mengacu pada surat keterangan ujian nasional (UN), tetapi berdasarkan nilai rapor dari semester satu sampai lima.

"Kalau dulu syarat mendaftar acuannya surat keterangan UN, sekarang karena UN ditiadakan maka acuannya adalah nilai raport dari semester 1 5." "Kami sudah berikan perintahkan Kepala Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Negeri dan Swasta serta MTs untuk membuat surat keterangan nilai rapor itu," kata Jumeri dalam keterangan tertulis, Jumat (8/5/2020) sebagaimana dikutip dari . Selain itu, terkait zonasi ada perbedaan dari tahun lalu.

Jika tahun lalu jalur zonasi ditetapkan 80 persen, pada pelaksanaan PPDB tahun ini, zonasi hanya ditetapkan minimal 50 persen. Sisanya diisi jalur prestasi 30 persen, afirmasi untuk anak miskin, difabel dan olahraga sebesar 15 persen dan jalur perpindahan orang tua sebesar 5 persen. Jumeri menjelaskan, untuk pelaksanaan pendaftaran jalur inklusi dan kelas olahraga akan dimulai pada 2 4 Juni 2020, sedangkan jalur reguler dimulai pada 15 25 Juni 2020.

"Semua pelaksanaan pendaftaran akan dilaksanakan secara online. Siswa dan orang tua siswa diminta tidak perlu datang ke sekolah untuk melakukan pendaftaran," ujarnya. Bahkan, sejumlah persyaratan, lanjut dia, juga akan diubah sesuai kondisi. Misalnya surat keterangan sehat dari dokter untuk calon siswa SMK.

Karena ada pandemi Covid 19, surat itu diganti dengan pernyataan orangtua. "Soalnya kalau harus mencari surat itu, nanti mereka berbondong bondong ke rumah sakit atau puskesmas." "Itu cukup berbahaya, sehingga kami mengganti dengan keterangan orangtua," jelasnya.

Terkait daya tampung, PPDB tahun ini menampung 216.156 siswa, terdiri dari kapasitas SMA 115.908 dan kapasitas SMK 100.248. Sementara lulusan SMP/Mts tahun ini di Jateng totalnya sekitar 513.178 siswa. "Kami tidak menambah kuota, karena sisa kuota ini biar ditangkap sekolah sekolah swasta yang ada," tegasnya.

Baca Lainnya

Ini Bagian Ceramah Ustaz Subuh Abdul Somad yang Disukai Hotman Paris Hutapea Diunggah menuju Instagram

Ristia Afifah

Edutrip Bagi Siswa Berprestasi SD di Sintang Kalimantan Barat

Ristia Afifah

‘Kebanyakan Menghafal Hingga Kebutuhan Bimbel’ Ini Alasan Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional

Ristia Afifah

DPR Minta Evaluasi Ujian Akhir Nasional

Ristia Afifah

BPPT & President University Sepakati Kerjasama Pengembangan Techno Park

Ristia Afifah

Daftar Di Http://pendaftaran Sbmptn.ltmpt.ac.id, Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Hari Ini

Ristia Afifah

Doa Kemudahan Lulus Ujian, UNBK SMA 2019 Digelar Mulai Hari Senin, Persiapkan Dirimu!

Ristia Afifah

Bergambar Lengkap Bahasa Indonesia & Inggris Belum Terlambat! 50 Ucapan Selamat Hari Ibu

Ristia Afifah

Ini Pandangan Quraish Shihab Abdul Somad & Mantan Menteri Agama Apa Hukum Ucapkan Selamat Natal

Ristia Afifah

Global NAMA Foundation & Wafaa Gelar Program ‘Uni Here I Come’ buat Pelajar Indonesia

Ristia Afifah

PPI Curug Ikuti FAA Safety International Pilot Workshop yang Dihelat 14DAYPILOT Flight Academy

Ristia Afifah

Rekapitulasi Hasil dan Nilai UTBK SBMPTN 2019 Ujian 4 dan 5 Mei Diumumkan Hari Ini, Cek di Sini !

Ristia Afifah

Leave a Comment