26.7 C
Jakarta
Friday, May 29, 2020
Image default
Nasional

Bila Perlu Pisah Tempat Duduk Laki-laki & Perempuan Menteri Agama Ingin di Aceh Ada Bioskop Lagi

Menteri Agama Fachrul Razi berharap agar bioskop diizinkan beroperasi kembali di Aceh. Menurut dia, kehadiran tempat nonton film terkini itu bisa dimulai dengan bioskop berfasilitas kursi pemisah antara penonton laki laki dan perempuan. Tujuannya, agar penerapan syariat Islam di Aceh tidak terganggu.

Sejauh ini ia mengatakan, negara seperti Arab saudi yang notabene menerapkan syariat Islam memiliki bioskop. Menag berharap, keinginannya itu tidak disalahartikan terlalu jauh. "Di Arab Saudi biasa kaya Indonesia enggak dipisah (kursi bioskopnya). Tapi kalau Aceh dipisah bagus juga. Dengan menonton, wawasan dan pikiran bisa terbuka," ungkap mantan Panglima TNI ini.

Keinginan agar di Aceh dihadirkan kembali bioskop diungkap Fachrul, ada saat ia mengunjungi negara maupun kota kota di Timur Tengah. Menurut Jenderal TNI (Purnawirawan) kelahiran Aceh, 26 Juli 1947, ini, menghadirkan bioskop di Aceh agar memberi kesempatan kepada masyarakat dari kalangan kurang mampu untuk menambah wawasan pengetahun dari tontonan. "Bagi masyarakat Aceh yang kaya, mungkin dia bisa menonton bioskop di kota lain, seperti di Medan, misalnya. Tapi bagaimana dengan masyarakat biasa? Jadi penting bioskop ini."

Islam di Timur Tengah kian menguatkan semangat "Islam Rahmatanlil alaminsendiri berarti berkah, rahmat bagi seluruh alam semesta" Agar bisa menjadi berkat bagi semua, maka Islam harus membuka diri. Kalau dia tertutup, maka akan seperti katak di bawah tempurung. Saya baru saja berkunjung ke Timur Tengah. Ke Arab Saudi misalnya.

Di sana sekarang berkembang sekali budaya keterbukaan, membukq diri kepada bangsa lain. Mereka sadar betul akan keterbukaan ini akan menguntungkan. Di sudut sudut kota, dipasang tulisan "tollerance"/toleransi.

Mereka welcome sekali, terhadap turis misalnya, termasuk dari Jepang, Tiongkok dan Eropa serta barat. Kebiasaan berbusana pun mulai berubah. Betul masih kita temui ada perempuan berjilbab dan masih ada yang bercadar.

Tapi banyak juga wanita yang tidak pakai hijab. Dalam konteks Aceh, saya setuju bahwa agama harus dipegang teguh di Aceh. Namun menutup diri sepenunya juga tidak baik. Lihat seperti dunia Arab yang mulai terbuka tadi.

Sebab kalau tertutup sekali, sulit menerapkan Islam Rahmatanlil alamin. "Mengapa perlu Bioskop, sebab tontoan film itu menambah pengetahuan dan wawasan.Di Arab pun, bioskop sudah ada. Dan menonton, seperti bioskop umumnya. Campur tempat duduk laki laki dan perempuan," ujar Fachrurazi. Untuk di Aceh, karena masih memegang teguh syariah, ya silakan tetap bersyariah.

Di bioskop misalnya, kalau perlu, bikin sekat, kursi kursi untuk perempuan dan laki laki terpisah. Itu konteks mengembangkan agama yang menjaga kemajemukan, toleransi antarumat beragama dan persatuan kesatuan Indonesia. (*)

Baca Lainnya

IKA UNS Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir buat Sejumlah Wilayah di Jabodetabek

Ristia Afifah

Sukmawati Soekarnoputri Merasa Dirugikan karena Kata-kata dalam Isi Pidatonya Telah Diubah

Ristia Afifah

Urakan Itu Anti Teori Sujiwo Tejo Sebut BUMN Butuh Sosok Urakan buat Hadapi Mafia Migas

Ristia Afifah

WNI di Natuna Diangkut Pakai 4 Pesawat menuju Jakarta Hari Ini Observasi Kesehatan Selesai

Ristia Afifah

Ketua DPR Dukung Pemindahan Ibu Kota Negara

Ristia Afifah

Wilayah Manado Berawan Sepanjang Hari Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota Indonesia Rabu 20 November 2019

Ristia Afifah

Tidur juga Nggak Papa Ada Radiasi Radioaktif di Tangsel Menkes Sebut Evakuasi Belum Diperlukan

Ristia Afifah

Nama Pelamar yang Lolos Diumumkan 27 Desember Hari Terakhir Masa Sanggah CPNS Kemenag 2019 via SSCN

Ristia Afifah

Ahok Kalah Jauh Rahmat HS justru Puji Anies Baswedan & Beri Nilai Fantastis Jakarta Banjir Lagi

Ristia Afifah

Cek Persyaratanya 1817 Formasi Dibutuhkan Provinsi Jawa Timur dalam CPNS 2019

Ristia Afifah

Pertimbangan Anies Liburkan Sekolah 2 Minggu buat Cegah Corona

Ristia Afifah

Pembatas Merah VIP Masih Terpasang di RS PKU Muhammadiyah Solo Hari ke-3 Kelahiran La Lembah Manah

Ristia Afifah

Leave a Comment