31.9 C
Jakarta
Sunday, Feb 23, 2020
Image default
Kesehatan

Cegah Kanker Hingga Penuaan Dini Tingkatkan Fungsi Otak 5 Manfaat Tak Terduga dari Teh Hijau

Mungkin dari kalian tak banyak yang tahu kalau 5 manfaatteh hijau ini benar benar nyata adanya. Teh hijau adalah minuman paling sehat di planet ini, begitulah kiasan yang patut disematkan oleh olahan yang sedang banyak digandrungi masyarakat ini. Teh hijau diyakini kaya akan antioksidan dan nutrisi yang memiliki efek kuat pada tubuh.

Ini termasuk peningkatan fungsi otak, kehilangan lemak, risiko kanker yang lebih rendah dan banyak manfaat mengesankan lainnya. Di bawah ini adalah 5 manfaat kesehatan dari teh hijau yang dibenarkan oleh penilitian. Teh hijau tidak hanya membuatmu tetap terjaga, tetapi juga bisa membuat kamu lebih pintar.

Bahan aktif utama adalah kafein, yang dikenal sebagai stimulan di dalam tubuh. Teh hijau tidak mengandung kafein sebanyak kopi. Namun, kafein yang terkandung di dalam teh hijau cukup untuk menghasilkan respons tanpa menyebabkan efek gelisah.

Apa pun yang dilakukan kafein di otak adalah memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut Adenosine. Dengan cara ini, ia sebenarnya meningkatkan pembakaran neuron dan konsentrasi neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin. Namun, teh hijau mengandung lebih dari sekadar kafein. Ia juga memiliki asam amino L theanine, yang mampu melintasi sawar darah otak.

Theanine meningkatkan aktivitas penghambatan neurotransmitter GABA, yang memiliki efek anti kecemasan. Ini juga meningkatkan dopamin dan produksi gelombang alfa di otak. Studi menunjukkan bahwa kafein dan L theanine dapat memiliki efek sinergis. Kombinasi keduanya sangat ampuh untuk meningkatkan fungsi otak.

Jika kamu melihat daftar bahan untuk suplemen pembakaran lemak, kemungkinan teh hijau ada di daftar teratas. Ini karena teh hijau terbukti meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme. Dalam penelitian pada 10 pria sehat, teh hijau meningkatkan energi sebesar 4%.

Studi lain menunjukkan bahwa oksidasi lemak akan meningkat sebesar 17%. Hal ini menunjukkan bahwa teh hijau secara selektif dapat meningkatkan pembakaran lemak. Namun, beberapa penelitian tentang teh hijau tidak menunjukkan peningkatan metabolisme.

Jadi dengan kata lain efeknya mungkin tergantung pada masing masing individu. Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Ini adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia.

Diketahui bahwa kerusakan oksidatif berkonsentrasi pada perkembangan kanker. Dan pada kenyataannya antioksidan memiliki efek perlindungan. Teh hijau adalah sumber antioksidan yang sangat baik, jadi masuk akal bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko kanker.

Beberapa kanker yang dapat dicegak dengan menenggak teh hijau yakni, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolorektal. Teh hijau tak hanya dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek, namun juga dapat melindungi otak di usia tua. Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum pada manunsia dan merupakan penyebab utama demensia.

Penyakit Parkinson yang sering menyerang orang usia lanjut merupakan penyakit neurodegeneratif kedua yang paling umum dan melibatkan kematian neuron penghasil dopamin di otak. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa senyawa katekin dalam teh hijau dapat memiliki berbagai efek perlindungan pada neuron dalam tabung reaksi dan model hewan, berpotensi menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson. Mengingat bahwa teh hijau dapat meningkatkan laju metabolisme dalam jangka pendek, masuk akal bahwa teh hijau dapat membantumu menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau menyebabkan penurunan lemah dalam tubuh. Penurunan lemak biasanya terjadi di daerah perut. Salah satu studi ini adalah uji coba terkontrol acak selama 12 minggu pada 240 pria dan wanita.

Dalam studi ini, kelompok teh hijau mengalami penurunan yang signifikan dalam persentase lemak tubuh, berat badan, lingkar pinggang dan lemak perut.

Baca Lainnya

Beberapa Faktor yang Bikin Tidur Anda Tak Berkualitas

Ristia Afifah

Kena Infeksi Bakteri Pemakan Daging, Ada Benjolan Kehitaman di Tangan dan Kaki Pria Ini

Ristia Afifah

Bagaimana Cara Mengatasinya Apa Gejalanya Apa Itu Penyakit Autoimun

Ristia Afifah

Dinkes DKI Bagikan Trik Hindari Heat Stroke Cuaca Ekstrem

Ristia Afifah

3 Minuman Ini Bisa Turunkan Berat Badan, Cocok Diminum Sebelum Tidur

Ristia Afifah

Baju Olahraga Suka Berbau Keringat Sehabis Dipakai? Simak 6 Tipsnya dari Pakar Kesehatan

Ristia Afifah

Siapkan Biaya Persalinan Sejak Dini untuk Sambut Kelahiran Si Kecil

Ristia Afifah

Mulai dari Jus Pare hingga Daging Merah 8 Bahan Alami buat Kontrol Gula Penderita Diabetes

Ristia Afifah

BPJS Kesehatan Ingatkan Rumah Sakit Agar Perhatikan Masalah Akreditasi

Ristia Afifah

Implementasi Peraturan tentang Nutrisi Medis Khusus buat Memenuhi Nutrisi Anak Berpenyakit Langka

Ristia Afifah

Sosialisasi Pentingnya Bahaya Penularan Penyakit dari Hewan Lewat Pertunjukan Teater ‘SUN’

Ristia Afifah

Hati Hati, Kelebihan Makanan Manis Saat Berbuka Puasa Bisa Timbulkan Jerawat

Ristia Afifah

Leave a Comment