25.5 C
Jakarta
Tuesday, Apr 7, 2020
Image default
Pendidikan

Daftar Lengkap Harga Hewan Kurban Terbaru, Idul Adha 2019 dari Kambing Hingga Sapi, Sesuaikan Dompet

Mau berkurban saat Idul Adha 2019 ini? Ini daftar lengkap kisaran harga hewan kurban Idul Adha 2019, sesuaikan harga hewan dengan dompet, asal sudah layak dan sesuai kriteria hewan kurban. Jelang Idul Adha 2019, ketahui terlebih dahulu daftar harga hewan kurban terbaru, terutama bagi kamu yang ingin ikut berkurban. Waktu pelaksanaan Idul Adha 2019 tak lama lagi.

Kementerian Agama (Kemenag) memang belum menetapkan tanggal pasti Idul Adha 2019. Namun Idul Adha 2019 diperkirakan jatuh pada tanggal 11 Agustus atau 12 Agustus 2019. Jelang Idul Adha 2019, hewan kurban tentu menjadi hal yang paling dicari.

Hewan yang biasa dikurbankan saat Idul Adha adalah hewan ternak, misalnya kambing, domba, sapi, kerbau, atau unta. Lantas berapakah kisaran harga hewan kurban 2019? Sementara harga sapi dengan ukuran 300 kg – 350 kg berkisar Rp 18 juta hingga Rp 20 juta.

1. Kambing Jawa/kambing kacang: dihargai sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2,8 juta 2. Kambing Gibas/kambing gembel/kambing ekor tipis: dihargai sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2,5 juta 3. Kambing Etawa/kambing Jamnapari: dihargai sekitar Rp 1,9 juta hingga Rp 5 juta

4. Kambing Peranakan Jawa dan Etawa: dihargai sekitar Rp 1,7 juta sampai Rp 3,5 juta 1. Kambing berukuran kecil dihargai mulai Rp 1,8 juta Rp 2,3 juta 2. Kambing berukuran sedang dihargai mulai Rp 2,5 juta Rp 3 juta

3. Kambing berukuran besar dihargai mulai Rp 3,2 Rp 3,7 juta Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Tengah, Muhammadiah menyampaikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum umat muslim berencana membeli hewan kurban. Di antaranya, menurut Muhammadiah, yaitu secara fisik terutama bulu hewan, baik kambing maupun sapi, harus bersih agar menjadikan hewan kurban dalam keadaan sehat.

Hewan kurban juga harus dicek kesehatannya agar tidak dijual/dibeli dalam keadaan yang tidak sehat dan tidak ada sakit atau cacat. Selain itu, bisa dilihat dari kondisi gigi kambing. Jika giginya sudah lengkap, besar dan bagus maka bisa dijadikan hewan kurban.

"Sementara kalau untuk sapi maka dilihat bentuk tanduknya.' Muhammadiah kembali mengingatkan kepada umat muslim jika satu ekor kambing dikurbankan untuk satu jiwa, sedangkan satu ekor sapi bisa untuk tujuh jiwa. Tata cara menyembelih kurban kambing & sapi Idul Adha 2019, lengkap dengan doa beserta terjemahannya!

Tak terasa sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari raya Idul Adha 2019. Seperti diketahui, Idul Adha sendiri diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Di Indonesia, Idul Adha 2019 jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019 atau 10 Dzulhijjah 1440 H.

Selain salat id, umat muslim tentunya sudah mempersiapkan diri untuk berkurban. Seperti diketahui, berkurban merupakan ibadah yang sangat dianjurkan saat Idul Adha. Layaknya ibadah yang lain, doa perlu dipanjatkan terlebih dahulu sebelum berkurban.

Berikut ini doa memotong atau menyembelih hewan kurban seperti dirangkum . Doa agar ibadah kurban diterima Allah SWT. اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.” Nah, jika kamu termasuk dalam jajaran panitia penyembelih kurban, berikut tata cara lengkap menyembelihnya. Disebutkan sebelum kita menghadapkan hewan ke arah kiblat dan mengoreskan senjata tajam, penyembelih dianjurkan membaca bismillah secara lengkap (bismillahir rahmanir rahim).

Setelah itu dianjurkan membaca shalawat untuk Rasulullah SAW dan bertakbir sebanyak tiga kali. Setelah menghadap kiblay dan sesaat sebelum menyembelih dianjurkan untuk membaca doa menyembelih seperti di atas. Berikut ini urutan doa menyembelih hewan kurban di Idul Adha 2019.

بِسْمِ اللهِ Artinya, “Dengan nama Allah” Lebih sempurna “Bismillâhir rahmânir rahîm”

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang” اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad. Artinya, “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.” اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi Mu.” اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.” Ada pun takbir pada poin ketiga bisa dibaca sebelum bacaan bismillah pada poin pertama.

Baca Lainnya

Perguruan Tinggi Hadapi Kesenjangan Antara Teori dengan Implementasi di Dunia Industri Praktisi IT

Ristia Afifah

DPR Minta Evaluasi Ujian Akhir Nasional

Ristia Afifah

‎Mendikbud Muhadjir Effendy Buka Festival Literasi Sekolah Ketiga

Ristia Afifah

Menjelang Tahun Ajaran Baru, Faber Castell Gelar Program #SiapBacktoShool

Ristia Afifah

Info Terkini UTBK 2019: Peserta Diminta Unduh Kartu Peserta UTBK yang Baru

Ristia Afifah

Edutrip Bagi Siswa Berprestasi SD di Sintang Kalimantan Barat

Ristia Afifah

Kapan Waktu Terbaik Sholat Duha? Ustaz Abdul Somad Menjelaskan Lengkap Niat, Tata Cara, Keutamaannya

Ristia Afifah

Aplikasi Kelas Pintar Luncurkan Fitur Baru ‘Tanya’

Ristia Afifah

hanya Cukup buat Beli Air Bersih & Minyak Tanah Kisah Mirisnya Gaji Guru di Pedalaman Papua

Ristia Afifah

Terobosan Belajar Bahasa Inggris Secara Online & Metode Kampung Inggris

Ristia Afifah

Cerita Moses Mayer Membuat Aplikasi SampahLink untuk Pengelolaan Sampah

Ristia Afifah

Unika Atma Jaya Kembali Gelar Social Entrepreneur Marketplace  

Ristia Afifah

Leave a Comment