25.9 C
Jakarta
Sunday, Jan 19, 2020
Image default
Sport

Daftar Peraih Medali Emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF 2013 2019, Ahsan/Hendra Sabet 3 Kali Gelar

Lima pertandingan dalam babak final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 telah selesai diselenggarakan di St Jakobshalle, Basel, Swiss, pada Minggu (25/08/2019). Berbagai drama dan hasil kejutan menjadi bumbu dalam penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF 2019. Tim Indonesia berhasil memboyong satu medali emas dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, setelah pasangan ganda putra Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses mengalahkan Takuro/Hoko/Yugo Kobayashi.

Total ada tiga medali yang berhasil tim Indonesia raih, antara lain satu medali emas dari sektor ganda putra, dan dua medali perunggu dari sektor ganda putra serta ganda putri. Kejuaraan Dunia BWF merupakan kejuaraan bulutangkis yang dilaksanakan oleh BWF selaku organisasi yang menaungi olahraga bulutangkis dunia. Turnamen ini tercatat sudah diselenggarakan sejak 1977, saat ini kejuaraan dunia menjadi acara tahunan dalam kalender BWF.

Meskipun demikian, kejuaraan dunia tidak akan digelar pada tahun ke 4 setelah 3 tahun, untuk memberikan kesempatan pada ajang Olimpiade. Raihan medali emas yang diraih oleh pasangan ganda putra asal Indonesia, Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan, menjadikan mereka salah satu atlet bulutangkis yang paling sukses di sejarah Kejuaraan Dunia Bulutangkis dengan raihan 3 kali juara. Jika dari sektor ganda putra, tim Indonesia selalu bisa bersaing sekaligus diharapkan mampu mendulang emas, sementara nomor tunggal cukup lama paceklik gelar di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Dari sektor tunggal putra, predikat juara kali terakhir dari nomor tunggal putra dicapai oleh Taufik Hidayat yang berhasil meraih emas pada 2005 atau 14 tahun silam. Bahkan, dalam sektor tunggal putri lebih lama lagi paceklik gelar tepatnya 26 tahun silam, ketika Susy Susanti menjadi jawara pada 1993. Sedangkan dari sektor ganda campuran sejatinya tim Indonesia selalu mampu menjadi pesaing utama dalam mendulang medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Tercatat mantan pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir berhasil menjadi juara Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2 kali, tepatnya 2013 dan 2017. Dari lima sektor yang ada, ganda putri belum mampu mengukirkan nama sebagai penyumbang medali emas dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Tercatat hingga kini belum ada satupun wakil Indonesia sektor ganda putri yang belum berhasil menjadi juara utama sekaligus mendulang medali emas dalam sejarah Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Baca Lainnya

Ada AC namun Tak Ada Wifi Ruang Media SEA Games 2019 Filipina Telah Dipindah Setelah Viral

Ristia Afifah

Jelang MotoGP Belanda 2019: Dovizioso Belum Menyerah Kejar Marquez, Progres Positif Motor Rossi

Ristia Afifah

Ahsan/Hendra Kembali PBSI Rilis Susunan Atlet Pelatnas 2020

Ristia Afifah

Andrea Dovizioso Merasa Timnya Semakin Sulit Bersaing di Ajang MotoGP 2019

Ristia Afifah

Link Live Streaming China Open 2019 Disiarkan Di TVRI Mulai Pukul 08:30 WIB, Fitriani Pembuka Laga

Ristia Afifah

Indonesia Kirim Empat Wakil Live Score Hasil Laga Semifinal Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2019

Ristia Afifah

Seri MotoGP Amerika 2019, Marc Marquez Kenang Saat Bersama Mendiang Nicky Hayden

Ristia Afifah

Miguel Oliveira Meski Pembalap dari Tim Satelit Namun Bikin Terkesan Bos KTM

Ristia Afifah

Toronto Raptors vs Golden State Warriors: Draymond Green Dapat Pujian dari Kyle Lowry

Ristia Afifah

Indonesia Kirim 26 Wakil ke JKA 2nd Asia Oceania Karate Championship Tournament

Ristia Afifah

Pelti Indonesia W15 Jakarta: Tuan Rumah Pastikan Satu Wakil di Semi Final

Ristia Afifah

Dwi Cindy Desyana Bersholawat Usai Sumbangkan Medali Emas Kedua di SEA Games 2019

Ristia Afifah

Leave a Comment