32.7 C
Jakarta
Saturday, Aug 15, 2020
Image default
Sport

Daftar Peraih Medali Emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF 2013 2019, Ahsan/Hendra Sabet 3 Kali Gelar

Lima pertandingan dalam babak final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 telah selesai diselenggarakan di St Jakobshalle, Basel, Swiss, pada Minggu (25/08/2019). Berbagai drama dan hasil kejutan menjadi bumbu dalam penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF 2019. Tim Indonesia berhasil memboyong satu medali emas dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, setelah pasangan ganda putra Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses mengalahkan Takuro/Hoko/Yugo Kobayashi.

Total ada tiga medali yang berhasil tim Indonesia raih, antara lain satu medali emas dari sektor ganda putra, dan dua medali perunggu dari sektor ganda putra serta ganda putri. Kejuaraan Dunia BWF merupakan kejuaraan bulutangkis yang dilaksanakan oleh BWF selaku organisasi yang menaungi olahraga bulutangkis dunia. Turnamen ini tercatat sudah diselenggarakan sejak 1977, saat ini kejuaraan dunia menjadi acara tahunan dalam kalender BWF.

Meskipun demikian, kejuaraan dunia tidak akan digelar pada tahun ke 4 setelah 3 tahun, untuk memberikan kesempatan pada ajang Olimpiade. Raihan medali emas yang diraih oleh pasangan ganda putra asal Indonesia, Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan, menjadikan mereka salah satu atlet bulutangkis yang paling sukses di sejarah Kejuaraan Dunia Bulutangkis dengan raihan 3 kali juara. Jika dari sektor ganda putra, tim Indonesia selalu bisa bersaing sekaligus diharapkan mampu mendulang emas, sementara nomor tunggal cukup lama paceklik gelar di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Dari sektor tunggal putra, predikat juara kali terakhir dari nomor tunggal putra dicapai oleh Taufik Hidayat yang berhasil meraih emas pada 2005 atau 14 tahun silam. Bahkan, dalam sektor tunggal putri lebih lama lagi paceklik gelar tepatnya 26 tahun silam, ketika Susy Susanti menjadi jawara pada 1993. Sedangkan dari sektor ganda campuran sejatinya tim Indonesia selalu mampu menjadi pesaing utama dalam mendulang medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Tercatat mantan pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir berhasil menjadi juara Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2 kali, tepatnya 2013 dan 2017. Dari lima sektor yang ada, ganda putri belum mampu mengukirkan nama sebagai penyumbang medali emas dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Tercatat hingga kini belum ada satupun wakil Indonesia sektor ganda putri yang belum berhasil menjadi juara utama sekaligus mendulang medali emas dalam sejarah Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Baca Lainnya

Gelar All England 2020 Sektor Ganda Putra Direbut Endo/Watanabe Marcus/Kevin capai Runner-up

Ristia Afifah

Hasil Laga Khabib Nurmagomedov vs Dustin Poirier, Menangi Lewat TKO, Khabib Jadi Juara Sejati

Ristia Afifah

Melati Daeva Sampai Watanabe dari Axelsen Kutipan Bijak dari Para Juara All England 2020

Ristia Afifah

Tommy Sugiarto Keok di Babak Pertama Malaysia Open 2019

Ristia Afifah

Berikut ini Link Live Streaming TNC Predator VS Virtus.pro EPICENTER Major

Ristia Afifah

Kepingan Puzzle buat Kalahkan Marc Marquez Tengah Diusahakan Andrea Dovizioso

Ristia Afifah

Dani Pedrosa Bikin Galau KTM di Sesi Tes MotoGP Misano, Ada Apa Nih?

Ristia Afifah

16 Wakil Indonesia Siap Berjuang di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019

Ristia Afifah

Ini yang Dilakukan Valentino Rossi Sedih Kalender MotoGP 2020 Berantakan karena Wabah Corona

Ristia Afifah

SIWO PWI Jakarta Gelar Diskusi Menakar Kesiapan DKI Jakarta Sebagai Tuan Rumah Popnas XV tahun 2019

Ristia Afifah

Bulutangkis Malaysia Kembali Tercoreng, Dua Pemain Ganda Putra Terjerat Rentenir Gegara Judi Online

Ristia Afifah

Ancaman Baru Tunggal Putra Dunia Sosok Penerus Lee Chong Wei Mengulas Sosok Lee Zii Jia

Ristia Afifah

Leave a Comment