32.4 C
Jakarta
Tuesday, Jul 7, 2020
Image default
Nasional

dan Wisata menuju Arab Saudi Ziarah Pernyataan Lengkap Penangguhan Sementara Kegiatan Umrah

Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan sementara kegiatan umrah, ziarah, dan wisata ke Arab Saudi, untuk mencegah penyebaran virus corona, sejak Kamis (27/2/2020). Berikut pernyataan lengkap tersebut, yang dihimpun dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh : Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi menyatakan bahwa otoritas kesehatan Pemerintah Kerajaan saat ini masih terus mengawasi perkembangan penyebaran virus corona baru (COVID 19), dan Kementerian Luar Negeri tegaskan keinginan kuat Pemerintah Kerajaan melalui lembaga kesehatan terkaitnya untuk menerapkan standar internasional terkait pencegahan dan penanganan wabah ini, serta mendukung upaya dari negara negara dan organisasi internasional terutama WHO, untuk menghentikan penyebaran, pengendalian dan pemusnahan virus ini.

Dalam rangka upaya melakukan perlindungan yang maksimal terhadap keamanan warganegara, penduduk dan siapapun yang berencana datang ke wilayah Kerajaan Arab Saudi untuk melakukan ibadah Umroh atau mengunjungi Mesjid Nabawi, atau kunjungan wisata, dan berdasarkan rekomendasi dari lembaga kesehatan Pemerintah Kerajaan untuk menerapkan standar pencegahan tertinggi, serta dalam rangka melakukan langkah proaktif guna menangkal masuk dan menyebarnya virus Corona baru (COVID 19) ke wilayah Kerajaan Arab Saudi, Pemerintah Kerajaan memutuskan mengambil langka langkah pencegahan sebagai berikut : 1. Menghentikan sementara warganegara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah Umroh dan mengunjungi Mesjid Nabawi. 2. Menghentikan masuknya warganegara ke Kerajaan Arab Saudi dengan menggunakan visa wisata, bagi mereka yang datang dari negara negara yang terkena wabah virus Corona baru (COVID 19), merujuk kepada kriteria yang ditetapkan oleh lembaga kesehatan terkait Pemerintah Kerajaan. 3. Menghentikan lalu lintas keluar masuk wilayah Kerajaan Arab Saudi dengan menggunakan fasilitas kartu tanda penduduk nasionalnya bagi warganegara Arab Saudi dan warganegara dari negara negara anggota Gulf Cooperation Council / GCC lainnya (Oman, Kuwait, Qatar, Bahrain, Persatuan Emirat Arab),

Kecuali bagi warga negara Arab Saudi yang saat ini telah berada di negara negara tersebut yang sebelumnya keluar wilayah Arab Saudi dengan menggunakan kartu tanda penduduk nasionalnya, dan warga negara dari negara negara GCC lainnya yang saat ini berada di Arab Saudi serta bermaksud kembali ke negaranya masing masing setelah sebelumnya masuk ke Arab Saudi dengan menggunakan kartu tanda penduduk nasionalnya, agar otoritas terkait di entry point Arab Saudi dapat memastikan dari negara mana pengunjung/warganegara tersebut berasal sebelum tiba di Arab Saudi, dan menerapkan langkah langkah pencegahan yang tepat bagi mereka yang datang dari negara anggota GCC lainnya. Pemerintah Arab Saudi menegaskan bahwa langkah langkah tersebut diatas adalah sementara, dan penerapannya akan terus di evaluasi oleh lembaga lembaga kompeten yang terkait. Pemerintah Arab Saudi tetap mendukung upaya internasional guna membatasi penyebaran virus ini.

Selanjutnya Kementerian Luar Negeri meminta warganegara Arab Saudi untuk tidak bepergian ke negara negara yang saat ini terkena wabah virus Corona baru (COVID 19).

Baca Lainnya

Kata Pakar Militer soal Posisi Wakil Panglima TNI

Ristia Afifah

Sebut Ingin Membangun Komunikasi DPD PKS Solo Akui Ingin Bertemu Gibran Putra Jokowi

Ristia Afifah

Mantan Ketua PB PGRI Sebut Mayoritas Guru & Kepala Sekolah Setuju UN Dihapus

Ristia Afifah

Pengamat Politik Dukung Rencana Menteri Tito Evaluasi Pilkada Langsung

Ristia Afifah

Diduga Selama 2 Jam Setnov ‘Mengadali’ Petugas Pengawal di Rumah Sakit

Ristia Afifah

Pemulihan Psikologis Pelaku dan Korban Perundungan, LPKA dan KPAI Bisa Berikan Rekomendasi

Ristia Afifah

TNI Polri Bakal Tindak Tegas Upaya Ganggu Ketertiban Masyarakat Dan Aksi Inkonstitusional

Ristia Afifah

Ditjen Hubud Gagalkan Pengiriman Paket Kargo Narkoba di Bandara Juwata Tarakan

Ristia Afifah

TPS di Tangerang dan Tangsel Bakal Dijaga 2.132 Prajurit TNI saat Pemungutan Suara

Ristia Afifah

Wapres Menunggu Konfirmasi Presiden Sebelum Melayat menuju Solo

Ristia Afifah

Jokowi & Ahok Teman Sejati Tanggapi Pengangkatan Ahok Jadi Bos BUMN Fadli Zon

Ristia Afifah

Jangan seolah-olah di PKS Tidak Pipin Sopian Ungkap Potensi Nepotisme Gibran Maju di Pilkada PDIP

Ristia Afifah

Leave a Comment