28.2 C
Jakarta
Monday, Mar 30, 2020
Image default
Kesehatan

dari Kompres Air Hangat hingga Banyak Minum Cairan 5 Cara Menurunkan Panas pada Anak

Hampir semua orang mungkin akan bingung tentang bagaimana cara menurunkanpanaspadaanak. Nah, perlu diketahui bahwa suhu tubuh meningkat ataupanasterjadi saat tubuh sedang melawan segala jenis infeksi, virus, dan bakteri. Namun pada kenyataannya, suhu tubuh yangpanasbukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Kecuali terjadi selama berhari hari. Maka Anda perlu bertemu dokter. Tapi bila suhu tubuh anak Anda panas dan dia tidak mengalami masalah lain, seperti batuk atau pilek, maka ada cara menurunkan panas tubuh anak Anda. Bahkan hanya lima menit!

Bagaimana cara menurunkan panas pada anak dalam waktu 5 menit? Anda bisa menggunakan beberapa bahan rumahan. Berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dariBoldsky.com.

Walau terdengar kuno, namun cara menurunkan panas pada anak yang satu ini sangat efektif. Sebab, sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang kita. Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapakan air hangat dan sebuah kain.

Celupkan kain ke air hangat, lalu letakan kain di beberapa bagian tubuh. Bisa dahi, ketiak, lipatan tangan, dan lipatan kaki. Kompres air hangat ini lebih efektif daripada kompres air dinging. Sebab, pembuluh darah akan melebar akibat suhu hangat. Ini berguna untuk memicu keringat dan mengeluarkan panas dari tubuh.

Cara menurunkan panas pada anak berikutnya adalah mandi air hangat. Jika Anda merasa kompres air hangat tidak terlalu membantu, silahkan memandikan anak dengan air hangat. Anda bisa membawa anak Anda ke kamar mandi dan memandikannya di sana. Atau memandikannya dengan menyekanya.

Misal, basahi handuk dengan air hangat, lalu lap ke seluruh tubuh anak. Setelah itu, berikan anak pakaian yang nyaman agar dia bisa beristirahat. Cara menurunkan panas yang ketiga bisa Anda lakukan saat anak mau tidur.

Menurut University of Maryland Medical Center, cara menurunkan panas dengan kaos kaki basah juga ampuh untuk menurunkan panas. Pertama, rendam sepasang kaos kaki katun dalam air hangat, peras sisa airnya, lalu pasangkan pada kaki anak. Kemudian, pakai kaos kaki lebih tebal untuk melapisi kaos kaki basah tersebut.

Menurut beberapa peneliti, cara ini berguna untuk mengedarkan aliran darah yang kencang di ujung ujung kaki dan merangsang aktivitas sistem imun tubuh. Cara menurunkan panas yang keempat adalah banyak minum cairan. Menurut dokter William Schaffner dari Vanderbilt School of Medicine, kita harus banyak minum cairan ketika sedang sakit.

Minum cairan di sini bisa air putih, teh tawar atau manis hangat, atau jus buah segar. Untuk jus buah, usahakan tidak menggunakan gula. Silahkan meminumnya 1 hingga 2 cangkir per hari. Sebab, uap panas akan mengencerkan lendir dan memicu produksi keringat.

Baca Lainnya

Berbagai Alasan Banyak Orang Memilih Santap Makanan Olahan

Ristia Afifah

Anak Anda Jatuh Dari Tempat Tidur? Waspada Tanda Tanda Ini Perlu Tindakan Medis

Ristia Afifah

Adik Kandung Paling Pas Donorkan Sumsum Tulang Belakang untuk Ani Yudhoyono, Ini Alasan Medisnya

Ristia Afifah

ThermiVa, Pendekatan Baru untuk Perawatan Organ Intim Wanita yang Sudah Menikah

Ristia Afifah

Sekitar 120 Ribu Anak Perempuan Terancam Tidak Mendapat Vaksinasi HPV Lanjutan

Ristia Afifah

Ini Penjelasannya Benarkah Ada Istilah Medis Patah Sendi Seperti Hasil Autopsi Anak Karen Pooroe

Ristia Afifah

Pencernaan Bermasalah & Jerawat Tak Terkontrol 9 Tanda Kamu wajib Berhenti Minum Susu

Ristia Afifah

Pentingnya Menu Bergizi & Nikmat dalam Gelaran Pesta

Ristia Afifah

Kulit Pisang hingga Jahe Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

Ristia Afifah

dari Kayu Manis hingga Apel 5 Makanan yang Ampuh buat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ristia Afifah

Cecep Reza Perokok Berat Hingga Pasang Ring Bagaimana Rokok Bisa Merusak Jantung

Ristia Afifah

6 Cara Menghilangkan Stres saat Kamu Merasa Berada di Titik Terendah dalam Hidup

Ristia Afifah

Leave a Comment