27.9 C
Jakarta
Wednesday, Jun 3, 2020
Image default
Travel

Deretan Negara dengan Gunung Berapi Terbanyak di Dunia Indonesia

Kamu pastiada yang tinggalnya di area pegunungan. Selain laut, di Indonesia juga ada banyak gunung, termasukgunung berapi. Bahkan, beberapagunung berapidi Indonesia juga masih aktif.

Tahukah kamu? Indonesia termasuk ke dalam satu dari empat negara di dunia yang memilikigunung berapiterbanyak. Yuk, kita cari tahu negara mana saja yang punya banyakgunung berapi! Negara Amerika Serikat memiliki wilayah yang luas, di sana, ada 173gunung berapi.

Sebagian besargunung berapidi Amerika Serikat itu letaknya di Alaska. Di Amerika Serikat juga adagunung berapipaling aktif di dunia, yaitu Gunung Kilauea di Hawai. Sebagian besargunung berapidi Amerika Serikat memang berada di wilayah barat.

Saat ini setidaknya ada 169gunung berapidi Amerika Serikat yang termasukgunung berapiaktif. Negara dengan wilayah terbesar di dunia ini juga memiliki banyak gunung berapi. Di sana, ada 166 gunung berapi yang sebagian besar terletak di wilayah timur Rusia.

Satu gunung berapi di Rusia, yaitu gunung Klyuchevskaya Sopka adalah gunung berapi aktif paling besar di Kutub Utara. Negara ketiga di dunia yang punya gunung berapi terbanyak adalah Indonesia. Di negara tempat kita tinggal ini, ada 139 gunung berapi.

Gunung berapi yang ada di Indonesia merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik, teman teman. Sebagian besar gunung berapi di Indonesia terletak di Busur Sunda (Sunda Arc), yaitu zona yang membentuk Pulau Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara. Satu erupsi gunung berapi terbesar di dunia juga terjadi di dunia, yaitu erupsi Gunung Tambora pada 1815, yang berdampak pada iklim di Eropa tahun 1916.

Tahun itu dikenal dengan nama tahun tanpa musim panas. Islandia yang ada di Eropa Utara juga punya banyak gunung berapi. Di sana, ada 130 gunung berapi.

Sebagian besar gunung berapi di Islandia terletak di Mid Atlantic Ridge (Pematang Atlantik Tengah), yang merupakan batas lempeng Bumi yang berbeda. Islandia memiliki 30 gunung berapi aktif, beberapa di antaranya adalah Gunung Holuhraun, Grímsfjall, dan Eyjafjallajökull. Namun, sebagian besar gunung berapi aktif di Islandia terletak cukup jauh dari pemukiman penduduk.

Meski begitu, abu vulkanik dari erupsi gunung Eyjafjallajökull pada 2010 sempat mengotori udara sampai menganggu perjalanan udara di wilayah utara Eropa selama beberapa minggu. Selain empat negara itu, ada negara Jepang dan Chili yang juga punya lebih dari 100 gunung berapi.

Baca Lainnya

Tes Kepribadian Gambar Yang Kamu Lihat Pertama Kali Bisa Menentukan Karaktermu Sebenarnya

Ristia Afifah

Menikmati Pesona Sunrise Terbaik di Negeri Atas Awan Desa Pinggan Bali

Ristia Afifah

5 Tips Atasi Hipotermia saat Mendaki Gunung ala Medina Kamil

Ristia Afifah

Promo ‘Harga Gledek’ Tiket.com Beri Potongan hingga 50 Persen, ke Tokyo dan Seoul Cuma Rp 1,7 Jutaan

Ristia Afifah

Gelaran Ketiga setelah Bekasi & Bandung Festival Kuliner Indomaret 2019 Digelar di Bintaro

Ristia Afifah

Satu Negara Paling Tertutup di Dunia yang Dipimpin Kim Jong Un 40 Fakta Unik Korea Utara

Ristia Afifah

Hilang Di Laut Selama Berjam Jam, Pria Ini Selamat Karena Bantuan Celana Jin

Ristia Afifah

6 Inovasi Makanan Paling Unik di Dunia, di Antaranya Donat yang Dapat Bersinar dalam Gelap

Ristia Afifah

Promo J.Co Anniversary Masih Sampai 2 Mei, Ayo Serbu dan Perhatikan Ini Syaratnya!

Ristia Afifah

Wajib Coba 3 Es Krim Unik di Kota Kembang Liburan Tahun Baru 2020 di Bandung

Ristia Afifah

Bisa Rasakan Serunya Bermain di Menara One Piece Panduan Traveling menuju Tokyo Tower

Ristia Afifah

4 Fakta Unik Rumah Makan Padang Benarkah Porsinya Lebih Banyak jika Dibawa Pulang

Ristia Afifah

Leave a Comment