32.7 C
Jakarta
Saturday, Aug 15, 2020
Image default
Bisnis

Enam Hari Setelah Coblosan Pilpres, Jokowi dan Sri Mulyani Akan Hadiri Pertemuan Tahunan ABAC

Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggara pertemuan kerja sama Ekonomi Asia Pasifik atau APEC Business Advisory Council (ABAC) pada 23 26 April 2019 di ShangriLa Hotel Jakarta. Tokoh pemerintahan yang dijadwalkan hadir antara lain Joko Widodo, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Chairman ABAC Indonesia Anindya N. Bakrie mengatakan, petemuan ini akan membahas rekomendasi ABAC kepada para Pemimpin Ekonomi APEC serta mendorong ekonomi inklusif di kawasan Asia Pasifik.

"Memang ini digelar 6 hari sehabis pemilu dan kami diyakinkan berkali kali oleh pak Menteri perdagangan dan bu Menteri Luar negeri jika ini harus berjalan. Karena kami yakin jika pemilu akan berjalan baik dan fundamental ekonomi harus terus berjalan," ujar Anindya di Mandiri Club, Kebayoran, Jakarta, Selasa (9/4/2019). Menurutnya, APEC adalah salah satu bentuk kerja sama kawasan yang penting bagi Indonesia dalam memperjuangkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan yang berkelanjutan dengan mendorong perdagangan dan investasi yang terbuka dan bebas. Kemudian mempercepat integrasi ekonomi regional dan memfasilitasi iklim bisnis yang positif dan inklusif. "Dalam prosesnya, APEC memiliki lengan sektor swasta yang dimandatkan untuk memberikan masukan dalam penyusunan kebijakan para pemimpin APEC, yang dinamakan ABAC (APEC Business Advisory Council) atau Dewan Penasehat ABAC. ABAC terdiri dari 3 6 anggota yang merupakan pemimpin bisnis di seluruh Ekonomi APEC," paparnya.

Adapun isu yang dibahas di dalam setiap pertemuan ABAC terdiri dari 5 Agenda atau Working Group, yaitu: ekonomi regional, kesejahteraan pembangunan, kewirausahaan, keuangan hingga ekonomi digital. Anindya melanjutkan, Kegiatan ABAC II Jakarta 2019 ini merupakan salah satu wujud dukungan ABAC Indonesia terhadap pemerintah Indonesia, khususnya pasca Pemilu/PilPres. "Di mana posisi diplomasi Indonesia harus semakin kuat di mata International, sehingga Indonesia dapat lebih berperan di kancah perdagangan internasional," pungkasnya.

Sebagai informasi, ABAC telah mengadakan pertemuan ABAC I pada tahun ini di Atlanta, Georgia, AS, yaitu pada tanggal 1–4 Maret 2019. Selanjutnya, pertemuan ABAC III akan diadakan di Hangzhou, China, pada tanggal 22–25 Juli 2019; dan pertemuan ABAC IV atau yang terakhir di tahun 2019 akan berlangsung di Chile, Santiago, pada tanggal 11 13 November 2019.

Baca Lainnya

Hospitality Indonesia Dorong Peningkatan Transaksi Industri Furnitur

Ristia Afifah

Bukan Waralaba Goro Tawarkan Kerjasama Minimarket Berkonsep Bagi Hasil

Ristia Afifah

Bisa Makan Berempat Hanya Rp 60.000 CFC Promo Spesial Sabtu & Minggu

Ristia Afifah

Chat WhatsApp atau Login www.pln.co.id Ini Tips Dapat Token Listris Gratis PLN Juni 2020

Ristia Afifah

IHSG Diperkiraan Kembali Melemah menuju Level 5.000 Masuk Skenario Merah

Ristia Afifah

Bukan Pemblokiran Rekening Perusahaan Asuransi Gagal Bayar karena Saham Gorengan Pengamat

Ristia Afifah

Pilot Garuda rute Medan-Jakarta Putuskan Mendarat di Pekanbaru Dilapori Pramugari

Ristia Afifah

Tiga Ciri Rentenir Online Berkedok Fintech yang Harus Diwaspadai

Ristia Afifah

Prudential dan Ovo Umumkan Kemitraan Strategis di Indonesia

Ristia Afifah

Tujuh SPBU Pertamina di Jakarta Tidak Beroperasi Terimbas Banjir

Ristia Afifah

Nojorono Geser Penyelenggaraan Authenticity Via Streaming Corona Makin Mengkhawatirkan

Ristia Afifah

Luhut: Kalau Uni Eropa Sikat CPO, Kami Akan Bereaksi Keras

Ristia Afifah

Leave a Comment