25.5 C
Jakarta
Tuesday, Apr 7, 2020
Image default
Kesehatan

FOTO-FOTO Perbedaan Setelah Cuci Tangan Pakai Hand Sanitizer & Sabun Manakah yang Lebih Bersih

Virus Corona masih menjadi momok di lebih dari 100 negara di dunia, termasuk Indonesia. Kekhawatiran tentang penyebaran COVID 19 menjadi tantangan yang dihadapi banyak orang. Satu cara terbaik untuk melindungi diri sendiri dari infeksi virus Corona adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air.

Namun, bagi masyarakat yang sedang berada di area yang tidak ada air, penggunaan hand sanitizer diperbolehkan. Lantas, mana kah yang paling bersih untuk mencegah diri dari virus Corona? Aktris Hollywood, Kristen Bell mengunggah serangkaian foto di Instagram pada Rabu (04/03/2020) lalu.

Foto tersebut merupakan beberapa tahap mencuci tangan ibunya, dari sebelum mencuci tangan, hingga setelah mencuci tangan selama 30 detik. Ibuku mengirimiku perbandingan mencuci tangan dengan sinar hitam. Cuci tanganlah selama 30 detik pakai sabun, teman teman! " tulis Bell. Sang ibu mengenakan krim yang disebut Glo Germ, dengan disinari UV.

Hasilnya, terlihat banyak kotoran di tangan ibu sang aktris. Ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara durasi mencuci tangan. Meskipun lebih mirip, ada juga perbedaan yang nyata antara mencuci tangan dengan sabun selama 15 detik dan 30 detik.

Setelah mencuci tangan selama 15 detik, tangan ibu Bell masih memiliki jejak bakteri di buku buku jarinya. Namun, jejak bakteri itu kemudian memudar setelah mencuci tangan dengan sabun selama 30 detik. Para ahli medis setuju, menggunakan hand sanitizer adalah ide yang baik bagi semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti asma atau emfisema.

Namun, para ahli mengimbau agar tidak menjadikan hand sanitizer sebagai pengganti sabun dan air. Paul dari Business Insider pun melakukan percobaan serupa, membandingkan penggunaan hand sanitizer dan mencuci tangan secara menyeluruh. Hasilnya, hand sanitizer efektif dalam membersihkan, tetapi tidak seefektif mencuci tangan.

Paul melakukan metode yang sama, yakni memakai Glo Germ dan diterangi oleh sinar UV. Sebelumnya, dia memotret kondisi tangannya saat belum dicuci. Dalam foto, tampak tangan Paul masih sangat kotor.

Setelah itu, dia memakai hand sanitizer dengan takaran bebas. Potretnya menunjukkan, tangannya lebih bersih. Namun, hand sanitizer tidak menghilangkan bakteri sama sekali, seperti halnya ketika mencuci tangan menggunakan sabun.

Hand sanitizer hanya menetralkan bakteri yang tetap berada di tangan. Bakteri tersebut juga dapat muncul kembali. Foto yang paling mencolok adalah foto terakhir, setelah tangan Paul dicuci menggunakan sabun selama 20 detik dan dibilas selama 5 10 detik.

Ini adalah foto yang paling gelap, karena ada sangat sedikit kuman yang melekat pada Glo Germ. Penelitian telah lama menunjukkan, mencuci tangan tidak begitu diperhatikan oleh semua orang. Sebuah studi internasional pada 2014 yang dipimpin oleh para peneliti Inggris menemukan, 19 persen orang mencuci tangan dengan sabun setelah bersentuhan dengan kotoran.

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli medis MIT melalui jurnal "To slow an epidemic, focus on handwashing" tahun 2020, meningkatkan kesadaran untuk mencuci tangan pada di 10 bandara AS akan mengurangi penyebaran virus Corona sebesar 60 persen. Namun, Data Insider melakukan jajak pendapat pada Februari 2020 lalu. Hasilnya, ada kesenjangan gender yang signifikan dalam mencuci tangan.

Dari 1.000 orang yang disurvei, 65 persen perempuan mengatakan, mereka lebih berhati hati dalam mencuci tangan, dibandingkan dengan 52 persen laki laki.

Baca Lainnya

Manny Pacquiao Minum Jamu Tradisional Indonesia Ternyata! Saat Kelelahan

Ristia Afifah

Pencernaan Bermasalah & Jerawat Tak Terkontrol 9 Tanda Kamu wajib Berhenti Minum Susu

Ristia Afifah

Inilah Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi & Dihindari bagi Perempuan yang Sedang Menstruasi

Ristia Afifah

Dokter Ungkap Faktanya Viral Komisioner KPAI Sebut Perempuan Bisa Hamil Saat Berenang Bersama Pria

Ristia Afifah

3 Minuman Ini Bisa Turunkan Berat Badan, Cocok Diminum Sebelum Tidur

Ristia Afifah

Begini Hasilnya Pria Ini Konsumsi Cola Selama 30 Hari Buktikan Betapa Bahayanya Minuman Bersoda

Ristia Afifah

Boleh Minum Dingin Saat Buka Puasa, Tapi Sebaiknya Awali dengan Air Bersuhu Netral Terlebih Dulu

Ristia Afifah

Bisa Timbulkan Bahaya buat Kesehatan 4 Minyak Ini Sebaiknya Tidak Digunakan buat Memasak

Ristia Afifah

Ikan Buntal 1.200 Kali Lebih Beracun dari Sianida Satu Keluarga Tewas Keracunan Ikan Buntal Dokter

Ristia Afifah

Simak Cara Mengantisipasi Virus Corona Sejak Dini Diberi Nama Baru COVID-19 oleh WHO

Ristia Afifah

dan Cara Pencegahan Penyebab Kenali Juga Gejala Cara Alami Mengatasi Anemia dengan Bahan Rumahan

Ristia Afifah

Tetap Terhidrasi hingga Konsumsi Jahe Cara Mengatasi Vertigo Menggunakan Obat Rumahan

Ristia Afifah

Leave a Comment