26.7 C
Jakarta
Monday, Apr 6, 2020
Image default
Internasional

Ibu Kota Indonesia Bakal Pindah ke Luar Jawa, 12 Negara Ini Sukses Pindahkan Ibu Kota Negaranya

Pemerintah Republik Indonesia (RI) kini tengah menggagas wacana pemindahan ibu kota dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019). Pemerintah masih terus mengkaji terkait wacana pemindahan ibu kota untuk pengembangan Indonesia ke depan. Pemindahan ibu kota yang akan dilakukan oleh negara Indoensia ini bukanlah sebuah hal baru, sebelumnya ada beberapa negara yang telah melakukan pemindahan ibu kota.

Bahkan, bisa dibilang pemindahan ibu kota di beberapa negara tersebut berhasil membawa pertumbuhan ekonomi yang baik di negara tersebut. Pemerintah Pakistan pada 1959 memutuskan memindahkan ibu kotanya dari Karawachi ke Islamabad yang berlokasi di sisi utara negeri itu. Sementara itu, Islamabad baru mulai dibangun pada 1961.

Sesuai dengan pembangunan yang direncanakan oleh pemerintah Islamabad terbagi atas delapan zona yaitu administrasi, diplomatik, permukiman, pendidikan, industri, perdagangan, serta daerah pedesaan dan ruang terbuka hijau. Sehingga Islamabad kini menjadi kota paling mahal di Pakistan dengan penduduk yang berstatus ekonomi warga menengah ke atas. Pada tahun 1997 negara Kazakhstan memindahkan ibu kota dari Almaty ke Astana.

Pemindahan ibu kota ini dilakukan pemerintah karena alasan Almaty dianggap terlalu sempit, rawan gempa, serta berlokasi terlalu dekat dengan perbatasan negara lain. Pada 6 November 2005 Myamar secara resmi telah memindahkan ibu kotanya dari Yangoon ke Naypyidaw. Kemudian pengumuman tersebut disampaikan pemerintah secara resmi pada 27 Maret 2006.

Dilansir dari The Guardian, menyebutkan bahwa kota ini sebagai proyek mercusuar pemimpin junta militer Than Shwe. Lokasi kota Naypyidaw yang relatif strategis berada di tengah tengah Myanmar, sehingga bisa menjangkau wilayah wilayah lain. Pada 1980 an pemerintah Nigeria mengantikan ibu kota Lagos ke kota Abuja.

Menjadi sebuah ibu kota baru, Abuja juga dibanjiri arus urbanisasi yang mendongkrak jumlah penduduknya. Abuja resmi menjadi ibu kota Nigeria menggantikan Lagos pada 12 Desember 1991. Pemerintah Brasil berhasil memindahkan ibu kota dari Rio de Janeiro ke Brasilia.

Kini Brasilia telah menjadi tempat institusi pemerintah federal termasuk kongres, presiden, dan Mahkamah Agung. Bahkan Brasilia kini menjadi tempat untuk 124 kantor kedutaan besar negara negara sahabat Brasil. Berkat perpindahan ibu kota tersebut, Brasilia saat ini menjadi kota terpadat nomor empat di Brasil.

Selain itu, Brasil juga ditetapkan menjadi situs warisan dunia UNESCO karena arsitekturnya unik. Rusia beralih ibu kota di dua kota Moskow dan St Petersburg. St Petersburg, yang didirikan oleh Peter the Great pada tahun 1703, menjabat sebagai ibu kota negara itu dari tahun 1712 1918, sebelum pemerintah kembali ke Moskow.

Negara India resmi memindahkan ibu kotanya dari kota Delhi ke New Delhi pada 1911. Proses perpindahannya mudah, karena lokasi kedua kota tersebut masih dalam satu wilayah yang berdekatan. Sejak berdirinya Australia, Melbourne telah menjadi ibu kota pertama.

Pada 1911 pemerintah Australia telah melakukan sayembara internasional untuk memilih ibu kota baru. Dengan syarat kota tersebut harus memiliki taman kota dengan dana besar di pusat kotanya. Akhirnya syarat tersebut bisa dipenuhi oleh Canberra dan pada 1927 ibu kota Australia resmi pindah dari Melbourne ke Canberra.

Pada tahun 1066 Inggris memindahkan ibu kotanya dari Winchester ke London. Kini setelah dipindah, London sudah memiliki populasi yang cukup besar. Bahkan kini London menjadi satu di antara ibu kota yang memiliki tingkat kemajuan yuang cukup pesat.

Pada 1983 ibu kota Pantai Gading resmi dipindahkan dari Abidjan ke Yamoussoukro. Yamossoukro menjadi ibu kota keempat Pantai Gading dalam satu abad terakhir setelah Grand Bassam (1893), Bingerville (1900), dan Abidjan (1933). Meskipun telah berpindah ibu kota, namun sebagian besar kegiatan perekonomian, instansi pemeritahan, dan kantor kantor kedutaan asing masih bertahan di Abidjan.

Sucre awalnya menjadi ibu kota Bolivia pada tahun 1839. Namun, pada 1898, perak sebagian besar telah mengering, dan banyak yang ingin memindahkan ibu kota ke La Paz, yang lebih dekat dengan cadangan timah berharga negara itu. Dilansir dari BBC, ibu kota baru Tanzania, Dodoma diselesaikan pada pertengahan 1980 an oleh arsitek AS James Rossant.

Ketika majelis nasional dalam sesi itu masih berada di Dodoma, sebagian besar kementerian pemerintah berikut kedutaan asing tetap di ibukota lama Dar es Salaam.

Baca Lainnya

Jadi Kado HUT RI 74 dari Dubai, Gedung Tertinggi Dunia Burj Khalifa Pajang Ilusi Bendera Merah Putih

Ristia Afifah

Mulai 2020 China Kembali Buka Kran Impor Daging Sapi Enak dari Jepang

Ristia Afifah

Dilatih Sang Tuan, Anjing di Ceko Suka Bantu Pemiliknya Mencuci Pakaian

Ristia Afifah

Pria ini Miliki Bunker Rahasia Simpan 6 Gadis Berakhir Dihukum Mati Bohong menuju Istri Ngaku Lembur

Ristia Afifah

Badai Dorian, Wanita Ini Selamatkan 97 Anjing Jalanan dengan Aksi Heroiknya

Ristia Afifah

VIRAL Video Detik Detik Sebuah Wahana Di Taman Hiburan India Patah, 2 Orang Tewas Dan 29 Luka Luka

Ristia Afifah

Meskipun Tak Berdasarkan Kisah The Return Of Jafar, Sekuel Film Aladdin Akan Tetap Direncanakan

Ristia Afifah

Nenek 82 Tahun Ini Hajar Malingnya hingga Babak Belur Sampai Datangkan Ambulans Rumahnya Dibobol

Ristia Afifah

Kim Kardashian dan Kanye West Habiskan Rp 18 Triliun untuk Gaji Baby Sitter Keempat Anaknya

Ristia Afifah

Park Min Young Ungkap Sang Kakak Adalah Role Modelnya Selama Ini

Ristia Afifah

Artis Ini Ungkap Perselingkuhan Mantan Suami Dan Ibunya Sendiri Berawal Dari Sakit Lalu Ingin Dipijit

Ristia Afifah

Kasus Pertama Pasien Positif Terkena Virus Corona Ditemukan di Belgia

Ristia Afifah

Leave a Comment