26.7 C
Jakarta
Friday, May 29, 2020
Image default
Internasional

Ibu Reynhard Sinaga Buka Suara Awal Kasus di 2017 Putranya Lakukan Pemerkosaan Terbesar di Inggris

Reynhard Sinaga menjalani hukuman seumur hidup karena lakukan pemerkosaan terbesar di Inggris, begini sosoknya menurut ibu dan teman temannya. Nama pria asal Indonesia kini tengah jadi sorotan di Inggris. Sayangnya bukan karena prestasi, melainkan pria ini melakukan kejahatan.

Reynhard Sinaga melakukan pemerkosaan terbesar di Inggris. Saat anggota keluarganya dimintai keterangan, keluarga Reynhard enggan memberikan komentar. "Saya tidak mau, tidak ya," kata ayahnya dengan suara pelan usai beribadah di Depok, Jawa Barat, Desember 2019.

Pada awal persidangan kasusnya, Reynhard membantah tuduhan yang diarahkan padanya. Ia mengaku melakukan hubungan seksual karena dasar sika sama suka. Padahal di peradilan terungkap fakta jika para korban tidak sadarkan diri.

Tak mendapat jawaban dari ayah Reynhard, tim BBC News Indonesai masih berusaha menghubungi dua orang tua Reynhard lewat pesan. Ibu dan Ayah Reynhard tetap menolak memberikan keterangan terkait kasus anaknya. "Saya tidak mau, tidak ya," kata ayahnya dengan suara pelan usai beribadah di Depok, Jawa Barat, Desember 2019.

BBC News Indonesia pun kembali menghubungi orang tua Reynhard, baik ibu maupun ayahnya, melalui pesan teks, namun permohonan kembali ditolak. "Maaf belum bisa," balasnya. Setelah itu, ia tidak membalas lagi beberapa pesan yang dikirim. Begitu juga dengan ibu dari Reynhard Sinaga, yang hanya membaca semua pesan teks dari BBC News Indonesia, namun tidak pernah merespons.

Koordinator protokol dan konsuler Kedutaan Indonesia di London, Gulfan Afero, menyatakan pihaknya berkomunikasi dengan keluarga dan Reynhard sendiri sejak ia ditangkap polisi pada Juni 2017. Gulfan juga mengatakan ibu Reynhard menggambarkannya sebagai, "anak yang baik, rajin beribadah, rajin ke gereja." Berdasarkan penelusuran BBC News Indonesia, Reynhard berasal dari keluarga mapan yang tinggal di Depok.

Ayahnya adalah seorang pengusaha yang bergerak dalam sejumlah bidang usaha. "Rey Itu Supel, Ramah, dan Menyenangkan" Salah satu teman kuliah, yang tidak mau namanya disebutkan, menuturkan Reynhard adalah sosok yang menyenangkan dan mampu menceriakan suasana di sela sela tumpukan tugas.

Reynhard juga, katanya, merupakah seorang yang pintar dan enak diajak bekerja sama. Ia juga mengatakan hingga kini masih terngiang ngiang akan tawa Reynhard yang begitu berkesan, walaupun mereka jarang berinteraksi usai Reynhard melanjutkan studi di Inggris pada 2007. "Ketawanya sih yang paling saya ingat betul.

Bahkan sampai sekarang saya sudah lama tidak bertemu tapi saya ingat betul gimana ekspresi dia pada saat ketawa bercanda, saya ingat," k atanya. Temannya kembali melanjutkan, Reynhard selalu berpenampilan rapi dan bersih. Reynhard juga, lanjutnya, merupakan orang yang bergaul dengan siapa saja dan tidak pernah memilih milih teman.

Teman yang tidak mau disebutkan identitasnya itu turut prihatin atas kasus hukum yang dihadapi Reynhard. Ia pun mendoakan yang terbaik untuk Reynhard. "Saya harap Rey di sana bisa menyelesaikan kasus ini dengan apapun hasilnya.

Dia bisa secara mental dan fisik sehat, itu harapan saya. Saya tidak berharap apa apa selain itu," katanya. Reynhard menuliskan skripsinya pada tahun 2006.

Ia mendapat gelar sarjana dari jurusan arsitektur di salah satu Universitas Indonesia selama 4 tahun. Dalam skripsinya Reynhard menyampaikan ucapan terima kasih pada banyak orang. Mulai dari keluarga, kampus hingga teman kuliah lintas angkatannya.

Ia juga mengucapkan terima kasih pada teman teman yang mengetahui 'sisi kelam'nya. "Mami mami peramalku …. (terima kasih atas sumbangan pikirannya buat skripsi ini) dan …. Yang selalu meramalku dengan gratis dan tahu 'the dark side of me' everybody has his/her dirty laundry right? Haha.." tulis Reynhard.

Reynhard juga mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang tidak disebutkan namanya karena selalu menemaninya selama menempuh studi arsitektur. Mengenal 'ramuan rahasia' yang dipakai Reynhard Sinaga untuk membius dan memperkosa korbannya. Saat melancarkan aksinya memperkosa 159 pria, Reynhard Sinaga memberikan obat bius yang disebut sebagai GHB (gamma hydroxybutyrate).

Belakangan, GHB ternyata memang menjadi obat paling marak digunakan oleh pelaku pemerkosaan untuk melancarkan aksinya. Lantas apa efek yang ditimbulkan setelah korban menenggak GHB? Seorang pria asal Indonesia,Reynhard Sinaga, dihukum seumur hidup oleh Pengadilan Manchester di Inggris.

Reynhard diketahui melakukan 159 kasus perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban pria, dalam rentang waktu dua setengah tahun sejak 1 Januari 2015 sampai 2 Juni 2017. Menurut keterangan Kepolisian Manchester, Reynhard mengajak korban yang tampak rentan setelah mabuk di dekat apartemennya. Reynhard kemudian memasukkan obat yang dicurigai adalah GHB (gamma hydroxybutyrate). Pakar Adiksi dan Peneliti Obat obatan Terlarang dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience (IMAN) Jakarta, dr Hari Nugroho, mengatakan bahwa GHB marak digunakan di Eropa sekitar tahun 1990 an.

“Biasanya digunakan di klub atau tempat hiburan malam,” tutur dr Hari kepada Kompas.com, Selasa (7/1/2020). Dr Hari menjelaskan, GHB merupakan zat psikoaktif yang menyerang saraf (neurotransmitter). Efeknya sama seperti ketika orang minum alkohol. “Efeknya bikin teler, bikin rileks. Kalau digunakan sampai overdosis bisa mengganggu tingkat kesadaran, juga mengganggu pernapasan yang berakibat kematian,” tambahnya.

Secara medis, GHB dulu pernah digunakan sebagai obat narkolepsi. Namun saat ini, terang dr Hari, GHB sudah tidak pernah lagi digunakan dalam ranah medis. Dalam kasus Reynhard, dr Hari menganalisis, pelaku menggunakan GHB agar para korban tidak sadarkan diri. “Mereka (para korban) sengaja dibikin overdosis sehingga tidak sadar, dan akhirnya dilakukan pemerkosaan seperti itu,” lanjutnya.

Dr Hari menjelaskan bahwa di Eropa, adalah hal cukup biasa GHB digunakan oleh seorang yang gay dalam chemsex ( chemical sex ) untuk pengalaman seksual. Obat ini biasanya digunakan di pub atau klub klub malam.

Baca Lainnya

Marak di Amerika, Aksi Jilat Es Krim di Supermaket Lalu Dimasukkan Kembali ke Freezer untuk Dijual

Ristia Afifah

Pria ini Miliki Bunker Rahasia Simpan 6 Gadis Berakhir Dihukum Mati Bohong menuju Istri Ngaku Lembur

Ristia Afifah

Kenaikan Jumlah Wisatawan Indonesia menuju Jepang Bulan Oktober Tertinggi Dibandingkan Tahun Sebelumnya

Ristia Afifah

BERITA POPULER – kisah Sopir Taksi Online Detik-detik Penumpang Melahirkan di Mobilnya

Ristia Afifah

Pemimpin ISIS Abu Bakr Al Baghdadi Dilaporkan Tewas Bersama 2 Isterinya Di Dekat Perbatasan Turki

Ristia Afifah

Jumlah Korban Tewas Meningkat setelah Italia Bagian Utara Dikarantina Virus Corona di Italia

Ristia Afifah

VIRAL HARI INI, Lihat Perubahan Drastis Rumah 100 Tahun Diubah Jadi Istana Hello Kitty, Mengagumkan!

Ristia Afifah

Bocah Ini Selama 6 Tahun Mengeluh Sakit, Orangtuanya Tak Menyangka Ada Jarum 5 cm di Lehernya

Ristia Afifah

Kasus Terbanyak Ada di Wuhan Provinsi Hubei 41 Orang Meninggal Korban Virus Corona Meningkat

Ristia Afifah

Tayang di Big Movies GTV Pukul 22.00 WIB Kisah Bryan Mills yang Diburu CIA dalam film Taken 3

Ristia Afifah

Meskipun Tak Berdasarkan Kisah The Return Of Jafar, Sekuel Film Aladdin Akan Tetap Direncanakan

Ristia Afifah

Spanyol Wamen Alue Dohong Pastikan Komitmen Jokowi di Forum Perubahan Iklim Madrid

Ristia Afifah

Leave a Comment