34.1 C
Jakarta
Tuesday, May 26, 2020
Image default
Otomotif

iCar Asia capai Titik Impas EBITDA Sebulan Lebih Cepat Tuntaskan Akuisisi Carmudi

Grup perusahaan digital marketplace Asia Tenggara, ICar AsiaLimited (Icar Asia), mengumumkan pencapaian baru laporan keuangannya dengan meraih titik impas alias break event point (BEP) EBITDA di bulan November 2019. CEO iCar Asia Limited, Mr. Hamish Stone mengatakan, hasil ini dicapai satu bulan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Pertumbuhan EBITDA yang positif dan konsisten didapat dari bisnis iCar Asia di Malaysia dan Thailand. Sedangkan untuk bisnisnya di Indonesia melalui kanal marketplace Mobil123,iCar Asiajuga meraih pertumbuhan revenue, mengurangi kerugian EBITDA serta biaya management dan sebagainya.

Hasil ini tetap berhasil diraih meski ada biaya transaksi dan biaya awal integrasi setelah akuisisi Carmudi di 12 November 2019. Hamish Stone menyatakan, tahun 2020 akan menjadi tahun sangat penting bagi iCar Asia dengan prediksi perolehan pendapatan naik hingga 50 persen atau lebih, pada tahun tahun berikutnya. Hasil ini akan dicapai melalui pertumbuhan yang konsisten dari bisnis inti Grup serta kontribusi bisnis Carmudi selama setahun penuh.

Realisasi penuh sinergi pendapatan yang diharapkan di Indonesia setelah mengakuisisi Carmudi akan membuat Group iCar Asia mempertahankan investasi singkat selama beberapa bulan. Hal tersebut terlihat dari biaya yang lebih tinggi untuk periode ini karena adanya pengembalian sementara ke kerugian EBITDA. Setelah periode tersebut dilalui, maka Group iCar Asia berharap bisa mengembalikan kondisi EBITDA dan meraih keuntungan. Jika tidak ada perubahan lain, iCar Asia secara group akan bisa meraih arus kas positif pada semester kedua tahun 2020, mengacu pada pedoman sebelumnya dan menjadikan EBITDA positif secara agregat di sepanjang tahun.

ICar Asia juga telah menyelesaikan akuisisi Carmudi Indonesia dan telah mulai melakukan konsolidasi dan integrasi Carmudi Indonesia dengan operasi yang sudah ada sebelumnya. Fokus integrasi tersebut terdiri dari tiga area bisnis utama Carmudi, yaitu mobil baru, mobil bekas dan Car Sales Centres (Carsentro). Dengan mengkombinasikan bisnis yang sudah ada di Indonesia, pedapatan bulanan Carmudi di Indonesia akan meningkat dan memberi kontribusi terhadap grup secara keseluruhan dari sebelumnya yang hanya 12 persen menjadi 22 persen.

“Kami sangat gembira dengan milestone yang diraih sebagai Group. Perlu banyak usaha dan pengorbanan untuk bisa berada di titik ini, menjadi pemimpin pasar dan perkembangan bisnis berkelanjutan merupakan hasil yang sangat besar," ujar Hamish Stone. "ICar Asia ICar Asia akan memulai langkahnya awal untuk menjadi pusat digital otomotif Asia tenggara,” imbuhnya. Jaringan Website Marketplace Otomotif iCar Asia di Asia Tenggara:

Malaysia: Carlist.my Malaysia: LiveLifeDrive.com Malaysia: CarlistBid (bid.carlist.my) Indonesia: Mobil123.com Indonesia: Otospirit.com Indonesia: Mobil123Bid (bid.mobil123.com) Thailand: One2Car.com Thailand: Autospinn.com Thailand: Thaicar.com Thailand: One2CarBid (bid.one2car.com) Group: iCarData (icardata.icarasia.com)

Baca Lainnya

Hyundai Gelar Start-up Challenge buat Membantu Memecahkan Masalah Sosial pada 2024

Ristia Afifah

Harley Owners Group Anak Elang Jakarta Chapter Berbagi ke Sesama Lewat We Care We Share

Ristia Afifah

UD Trucks Extra Mile Challenge 2020 Kembali Mencari Pengemudi Truk Terbaik

Ristia Afifah

Honda BeAT hingga Monkey Harga Motor Honda Terbaru Bulan Januari 2020

Ristia Afifah

SUV Medium dengan 7 Seater dari Rp 263 Juta Harga & Spesifikasi Mobil Wuling Almaz

Ristia Afifah

Modal Ubah Xpander Lawas Jadi Bergenre Crossover

Ristia Afifah

#DiRumahAja Jadi Lebih Asik Ditemenin Daihatsu Sahabatku

Ristia Afifah

Pilih Mana buat Dicustom Kawasaki W175 VS Yamaha XSR155

Ristia Afifah

Toyota Berharap Insentif Pajak Bisa Gairahkan Industri Otomotif

Ristia Afifah

SUV Anti Virus Corona di China Geely Luncurkan Icon

Ristia Afifah

Video Oknum Driver Ojek Online Tampar Penumpang, Diduga Kesal Karena Dicuekin

Ristia Afifah

Ini Hitung-hitungannya Biaya Perawatan Suzuki XL7 5 Tahun Pertama Ternyata Rp 3.800 Per Hari

Ristia Afifah

Leave a Comment