25.6 C
Jakarta
Saturday, Apr 4, 2020
Image default
Nasional

IKA UNS Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir buat Sejumlah Wilayah di Jabodetabek

Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS), Surakarta menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir yang terjadi 1 Januari 2020 kemarin. Penyaluran bantuan dalam kegiatan “Alumni UNS Peduli Banjir” ini diberikan kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Lebak, Banten dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (11/1/2020). Bantuan ini berupa makanan pokok, obat obatan, dan kebutuhan lainnya. Kegiatan ini juga menggandeng UNS yang menerjunkan TIM SAR UNS untuk diterjunkan di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Penyaluran bantuan kemanusiaan ini sudah menjadi agenda rutin IKA UNS. Tahun 2016 dan 2018, IKA UNS juga menyalurkan bantuan di sejumlah titik berdampak banjir di wilayah Jabodetabek. Bantuan serupa juga diberikan saat terjadi musibah gempa bumi di Lombok dan Palu. Sementara itu, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dalam sambutan pelepasan rombongan bantuan, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian alumni dan UNS.

"Kami mengirim tim terbaik. Semoga membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir," kata Prof. Jamal. Sedangkan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS sekaligus Ketua Tim SAR UNS, Prof. Kuncoro Diharjo menambahkan, Tim SAR UNS ini didampingi satu dokter, satu bidan, dan tiga perawat. "Mereka sudah memiliki pengalaman rescue di luar dan dalam negeri, seperti di Palu dan Lombok," kata Prof. Kuncoro.

Tim ini akan melakukan pemetaan sekaligus membantu penanganan korban selama 10 hari. Sementara Ketua Alumni UNS Peduli Banjir, Heri Sosiawan menambahkan, masyarakat yang menerima bantuan di Kabupaten Bekasi meliputi Kecamatan Sukawangi dan Tambun Utara. Bantuan di Kecamatan Sukawangi dipusatkan di Desa Sukamekar. Sedangkan bantuan di Kecamatan Tambun Utara dipusatkan di Desa Sriamur.

“Kita fokus di dua desa yang terparah,” papar Heri. Adapun bantuan untuk di Lebak, diberikan kepada masyarakat di sembilan desa di Kecamatan Sajira ditambah satu desa di Kecamatan Cimarga. “Kami juga memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Cimarga yang berdampingan dengan desa di Kecamatan Sajira,” tambah Heri. Bantuan kebutuhan pokok sebanyak 1.800 paket ini berasal dari alumni UNS yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, diberikan pula makanan bayi, obat obatan, alat memasak seperti kompor dan tabung, hingga perlengkapan mandi dan cuci.

Baca Lainnya

Hasil Investigasi TGPF: Serangan Tidak untuk Bunuh Novel tapi Membuatnya Menderita

Ristia Afifah

Prabowo Soroti Negara Asing di Bumi Pertiwi yang Bikin Negara Rapuh

Ristia Afifah

Jangan Silau Menantu Jokowi Maju Pilkada 2020 Jansen Sitindaon Beri Imbauan Masyarakat Medan

Ristia Afifah

Akun Instagram Reynhard Sinaga Lainnya Diserbu Netizen Gara-gara Kasus WNI Diadili di Inggris

Ristia Afifah

Darurat Narkoba Jangan Hanya Retorika

Ristia Afifah

Hasil Tes SKD CPNS 2019 Diumumkan 22-23 Maret 2020 Info CPNS 2019

Ristia Afifah

Sukmawati Soekarnoputri Merasa Dirugikan karena Kata-kata dalam Isi Pidatonya Telah Diubah

Ristia Afifah

Kominfo Klaim Ada 30 Kabar Hoaks Selama Rusuh 22 Mei

Ristia Afifah

PT Cogindo DayaBersama (PLN Group) Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMK, Buka hingga 29 Agustus

Ristia Afifah

Ini Respon PDIP SBY sebut Politik Identitas Menguat di Pemilu 2019

Ristia Afifah

Kalau Digugat Negara Lain Hadapi Jangan Keok Jokowi

Ristia Afifah

‎Pesan Jokowi untuk 781 Perwira TNI dan Polri: Jangan Pernah Kecewakan Orang Tua dan Bangsa

Ristia Afifah

Leave a Comment