25.4 C
Jakarta
Sunday, Aug 9, 2020
Image default
Nasional

Ini 4 Menteri yang Diprediksi Aman dari ‘Ancaman’ Reshuffle Jokowi

Beberapa hari terakhir, isu perombakan kabinet pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin muncul ke permukaan. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh teguran Presiden Jokowi kepada para pembantunya itu dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, 18 Juni 2020. Meski, video itu baru diungkap ke publik melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (28/6/2020).

Publik pun menebak nebak siapa menteri yang akan di reshuffle oleh Presiden Jokowi. Mulai dari Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Agama Fachrul Razi hingga Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Ada pula yang memprediksi nama nama menteri yang kemungkinan akan dipertahankan oleh Presiden Jokowi.

Pendiri Lembaga Survei Kedai Kopi Hendri Satrio memprediksi, setidaknya ada beberapa menteri yang akan bertahan. Mereka adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. "Kalau yang bertahan, paling Prabowo, Erick Thohir, Basuki dan Retno," ujar Hendri kepada Kompas.com, Minggu (5/7/2020).

Hendri pun mengungkapkan alasan mengapa menteri menteri tersebut akan bertahan. Prabowo, kata Hendri, selama menjadi Menteri Pertahanan banyak melakukan terobosan dan perbaikan yang baik di kementerian itu. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa Prabowo tidak akan diganti.

"Prabowo sebenarnya sahabat Jokowi. Selama jadi Menhan, beliau lakukan terobosan dan pembenahan yang bagus," kata dia. Kemudian Basuki Hadimuljono. Ia mengatakan, Basuki merupakan menteri andalan Presiden Jokowi untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur di negeri ini. Hal tersebutlah yang menjadi alasan posisi Basuki tak akan diganti.

"Basuki memang andalan Jokowi untuk mewujudkan monumen monumen infrastruktur Jokowi sehingga dia tidak mungkin diganggu," kata Hendri. Sementara itu, Erick Thohir dinilai melakukan banyak hal baik dalam memperbaiki Kementerian BUMN, termasuk dalam penanganan Covid 19. Termasuk Retno Marsudi yang dinilai telah melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai Menteri Luar Negeri.

Selain keempat menteri tersebut, Hendri juga memprediksi, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro masuk jajaran menteri yang tidak akan di reshuffle. "Bambang Brodjonegoro juga menteri andalan Jokowi yang termasuk ke jajaran menteri paling loyal," kata dia. Diketahui, kejengkelan Presiden Jokowi yang disampaikan dalam sidang kabinet tersebut terkait kinerja para menteri yang masih bekerja secara biasa dalam masa krisis seperti ini.

Padahal, ia meminta ada kebijakan luar biasa untuk menangani krisis, baik itu pandemi Covid 19 maupun dampaknya terhadap perokonomian. "Langkah extraordinary ini betul betul harus kita lakukan, dan saya membuka yang namanya entah langkah politik, entah langkah pemerintahan," kata Presiden Jokowi. "Akan saya buka. Langkah apa pun yang extraordinary akan saya lakukan. Untuk 267 juta rakyat kita. Untuk negara," ucap Presiden.

Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei terkait kinerja para menteri di era pandemi Virus Corona (Covid 19). Berikut hasilnya, mulai urutan teratas menteri yang paling diharapkan reshuffle: Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly: 64,1 persen.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto: 52,4 persen. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah: 47,5 persen. Menteri Agama Fachrul Razi: 40,8 persen.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo: 36,1 persen. Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan: 33,2 persen. Menteri Sosial Juliari Batubara: 30,6 persen.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki: 28,1 persen. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali: 24,7 persen. Menteri BUMN Erick Thohir: 18,4 persen.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim: 13,0 persen. Diketahui dalam hasil survei di atas merupakan sebuah respon masyarakat terkait wacana reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Survei dilakukan dengan melibatkan 1.350 responden di 30 provinsi dengan metode penelitian wellbeing purposive sampling yakni wawancara online atau melalui sambung telepon.

Tingkat kepercayaan hasil survei sebesar 97 persen dengan margin error atau tingkat kesalahan dalam survei 3,54 persen Lantas dilansir dari , 72,9 persen responden menganggap perlu adanya reshuffle para menteri tersebut. Bahkan Direktur IPO Dedi Kurnia Syah menilai angka tersebut sangat signifikan, di mana masyarakat menganggap perlu dilakukan reshuffle.

Di sisi lain sebanyak 22,4 persen responden merasa tidak perlu reshuffle, dan memilih 4.7 abstain. Sempat beredar video Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah marah kepada para menterinya. Dalam video tersebut, Presiden Jokowi dengan nada tinggi menegur para menteri yang masih bersikap biasa saja pada masakrisis akibat pandemiCovid 19.

"Saya lihat, masih banyak kita ini yang seperti biasa biasa saja. Saya jengkelnya di situ. Ini apa enggak punya perasaan? Suasana ini krisis!" ujar Jokowidengan nada tinggi. Jokowi juga mengingatkan para menterinya harus bekerja ekstra lebih keras terlebih di masa pandemi covid 19. Bahkan dengan anada tinggi Jokowi juga memberikan ancaman untuk bisa saja mereshuffle menterinya yang masih bekerja biasa biasa saja.

"Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa sajareshuffle.Sudah kepikiran ke mana mana saya," ucap Jokowi.

Baca Lainnya

Kota Pariaman Siap Bagikan Kartu Tani menuju 2.385 Petani

Ristia Afifah

Kata Pakar Militer soal Posisi Wakil Panglima TNI

Ristia Afifah

Sarjono Kartosuwiryo Putra Pendiri DI/TII Ungkap Masih Ada 2 Juta Pengikut NII

Ristia Afifah

‎Komjak Telusuri Rekam Jejak Jaksa yang Tuntut 2 Penyerang Novel Baswedan dengan Vonis Ringan

Ristia Afifah

Diduga Selama 2 Jam Setnov ‘Mengadali’ Petugas Pengawal di Rumah Sakit

Ristia Afifah

Login Melalui www.prakerja.go.id Kartu Prakerja Gelombang 4 akan Segera Dibuka

Ristia Afifah

Mardani Ali Sera Komentari Sosok yang Masuk Kakbah Demi Elektabilitas, Cak Lontong: Kebacut

Ristia Afifah

Bagi-bagi sama Wapres Tak Penuhi Undangan Hari Antikorupsi Sedunia KPK Jokowi Pilih Datangi SMK 57

Ristia Afifah

18 Wilayah Alami Hujan Lebat Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG & Angin Petir Sabtu 13 Juni

Ristia Afifah

Terbuat dari Ekstrak Empon-empon Indonesia Ancang-ancang Ciptakan Obat Covid-19

Ristia Afifah

VIRAL Rombongan Sepeda Terobos Lampu Merah di Tegal Sambil Bunyikan Bel & Bersorak

Ristia Afifah

Pemerintah Tetap Imbau Masyarakat Agar Tak Mudik Meski Tak Melarang

Ristia Afifah

Leave a Comment