30.2 C
Jakarta
Thursday, Jun 4, 2020
Image default
Travel

Ini 8 Aturan Penampilan yang Wajib Diikuti Tak Mudah Jadi Pramugari

<span></span> Menjadi seorang pramugari dituntut untuk bisa berpenampilan rapi dan tampak profesional. Dibalik gaya penampilan pramugari yang rapi dan tampak profesional, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Mengutip laman The Things, berikut beberapa aturan penampilan pramugari yang wajib dipatuhi.

Aturan pertama terkait penampilan pramugari yakni penggunaan riasan. Maskapai penerbangan mewajibkan pramugari memakai riasan di wajah selama penerbangan berlangsung. Meski menjadi bagian penting dari pramugari, riasan wajah ini tidak boleh terlalu menor.

Seperti penggunaan eyeliner tebal atau warna lipstik yang berbenturan dengan seragam mereka. Aturan memakai riasan ini memang diberlakukan oleh maskapai penerbangan. Namun, ada maskapai yang tidak memberlakukan aturan pramugari wajib memakai riasan wajah yakni Virgin Airlines.

Virgin Airlines menjadi maskapai pertama yang tidak memberlakukan aturan tata rias wajib bagi pramugari mereka. Maskapai penerbangan memiliki aturan ketat tentang penggunaan aksesoris. Saat bekerja, pramugari hanya diperbolehkan memakai satu pasang anting.

Aturan ini bertujuan agar pramugari tampil profesional. Penggunaan anting anting yang besar justru bisa menjadi bahaya keselamatan saat terjadi keadaan darurat. Selain harus memiliki potongan rambut yang rapi, pramugari pria juga tidak boleh memiliki kumis dan jenggot.

Larangan memiliki kumis dan jenggot termasuk dalam aturan tentang penampilan yang harus dimiliki seorang pramugari. Jika saat ini memiliki tato merupakan hal yang biasa dan dianggap seni. Namun, maskapai penerbangan melarang pramugari memiliki tato.

Terlebih tato di area yang mudah terlihat seperti pada wajah, leher atau lengan dan kaki bagian bawah. Pramugari wanita juga harus mengikuti aturan maskapai penerbangan terkait gaya rambut. Sebagian besar maskapai penerbangan melarang pramugari memiliki ramput panjang terurai.

Inilah mengapa seringkali pramugari tampil dengan gaya rambut digulung. Merokok telah dilarang di pesawat selama bertahun tahun. Beberapa maskapai penerbangan bahkan melarang pramugari mereka merokok ketika mereka turun.

Meski beberapa maskapai hanya mencegah pramugari dari merokok saat masih menggunakan seragam, Qatar Airlines justru melarang pramugari mereka merokok sama sekali. Riasan wajah bukan satu satunya hal yang diatur oleh maskapai penerbangan. Seorang pramugari juga tidak boleh memiliki jerawat dan harus merawat kulit mereka dengan baik.

Bagi siapa pun yang berjerawat atau memiliki masalah kulit tidak mungkin bisa menjadi seorang pramugari. Sebenarnya seorang pramugari diijinkan untuk mewarnai rambut, selama warna tersebut sama seperti warna asli rambut mereka. Yang dilarang adalah mewarnai rambut dengan warna menyala seperti merah muda, ungu, atau pun hijau.

Baca Lainnya

7 Tempat Wisata Murah yang Populer di Jakarta Selatan

Ristia Afifah

12 Fakta Moldova, Negara Termiskin dan Jarang Dikunjungi di Eropa

Ristia Afifah

Ini 7 Tempat Wisata di Arab Saudi yang Bisa Dikunjungi Umrah di Tanah Suci

Ristia Afifah

Lubang Aneh Berbentuk Manusia Terlihat di Tanah Terekam Google Maps

Ristia Afifah

Viral di Medsos Cara Unik Orang Korea Selatan Membuka Durian Lebih Mudah & Praktis

Ristia Afifah

Bisa jadi Korban Penipuan! 10 Alasan Tidak Posting Boarding Pass di Media Sosial

Ristia Afifah

Ingin Rambutmu Sehat dan Cepat Panjang? Coba Konsumsi 7 Makanan Ini

Ristia Afifah

Punya Pohon ‘Naga’ yang Keluarkan Darah Jika Ditebang Jelajah Pulau Socotra

Ristia Afifah

Layanan Kos-kosan ala RedDoorz KoolKost

Ristia Afifah

Makan Durian Gratis di Festival Durian Banten Berlaku Dua Hari Mau

Ristia Afifah

Tempat Tempat Wisata Di Jawa Barat Yang Populer

Ristia Afifah

Mulai Besok Inilah 9 Promo Dan Diskon Hingga 74 Peringati Hari Kemerdekaan Mcd Hingga Kfc

Ristia Afifah

Leave a Comment