31.9 C
Jakarta
Sunday, Feb 23, 2020
Image default
Kesehatan

Ini Penjelasannya! Mengapa Kita Punya Dua Ginjal jika Bisa Bertahan Hidup dengan Satu Saja

Mengapa kita memiliki dua ginjal jika dengan satu ginjal saja cukup untuk bertahan hidup? Pertanyaan itu mungkin pernah terbesit di benak Anda, mengingat adanya kasus transplantasi ginjal dan rumor penjualan ginjal. Hal tersebut membuka mata kita, sesungguhnya manusia dapat hidup dengan satu ginjal.

Pertanyaan lain yang terlontar mungkin, bagaimana kita bisa hidup hanya dengan satu ginjal? Melansir Scientificamerican.com , Mark AW Andrews, profesor fisiologi di Lake Erie College of Osteopathic menjawab pertanyaan tersebut. Ia menerangkan, penyakit ginjal dan transplantasi ginjal sangat umum.

Sekitar 10 ribu hingga 15 ribu orang Amerika menerima transplantasi ginjal setiap tahun. Kebanyakan manusia dilahirkan dengan dua ginjal sebagai komponen fungsional dari sistem ginjal, yang juga mencakup dua ureter, kandung kemih dan uretra. Ginjal memiliki banyak fungsi, termasuk mengatur tekanan darah, memproduksi sel darah merah, mengaktifkan vitamin D dan memproduksi glukosa.

Bagaimana pun, ginjal menyaring cairan tubuh melalui aliran darah untuk mengatur dan mengoptimalkan jumlah mereka, komposisi, pH dan tekanan osmotik. Kelebihan air, elektrolit, nitrogen dan limbah lainnya diekskresikan sebagai urin. Sebagian besar manusiadilahirkan dengan kapasitas ginjal yang terlalu besar atau berlebihan.

Memang, satu ginjal dengan hanya 75 persen dari kapasitas fungsionalnya dapat menopang kehidupan dengan sangat baik. Jikaseseorang hanya memilikisatu ginjal, ginjal itu dapat menyesuaikan untuk menyaring sesuai kapasitas dua ginjal secara normal. Dalam situasi seperti itu, nefron mengkompensasi secara individual dengan meningkatkan hipertrofi untuk menangani beban tambahan.

Ini terjadi tanpa efek samping, bahkan selama bertahun tahun. Bahkan, jika salah satu ginjal fungsional hilang sejak lahir, ginjal yang lain dapat tumbuh mencapai ukuran yang sama dengan berat gabungan dua ginjal (sekitar satu pon). Selain mampu mendukung kehidupan hanya dengan satu ginjal, sistem ginjal memiliki perlindungan lain.

Melansir Ahchealtenews.com , Dr. Deepak Mital, direktur bedah Program Transplantasi Ginjal di Advocate Christ Medical Ceter di Oak Lawn mengatakan, sebenarnya manusia tidak membutuhkan dua ginjal. Beberapa orang dilahirkan dengan satu ginjal , yang dikenal sebagai agenesis ginjal. Yang lain dilahirkan dengan dua ginjal, tetapi hanya satu fungsi, yang disebut sebagai displasia ginjal.

Dr. Mital mengatakan manfaat memiliki dua ginjal berfungsi adalah memiliki semacam cadangan jika terjadi kecelakaan atau cedera. Namun,manfaat lain tentang memiliki dua adalah pilihan untuk disumbangkan. Penyumbangan ginjal sangat diperlukan sebab American Transplant Foundation menunjukkan 20 orang meninggal setiap harinya sebab tidak mendapat transplantasi ginjal.

Baca Lainnya

Madu hingga Teh Kantong Cara Mengatasi Iritasi Mata Pakai Bahan Alami

Ristia Afifah

Hilangkan Citra Buruk Gangguan Jiwa, Sejumlah Dokter Resmikan Komunitas Sahitya

Ristia Afifah

Bagaimana Cara Mengatasinya Apa Gejalanya Apa Itu Penyakit Autoimun

Ristia Afifah

Beberapa Faktor yang Bikin Tidur Anda Tak Berkualitas

Ristia Afifah

dari Kompres Air Hangat hingga Banyak Minum Cairan 5 Cara Menurunkan Panas pada Anak

Ristia Afifah

Selain Ani Yudhoyono, 4 Artis Ini Mengidap Kanker Darah, Ada yang Koma Serta Tak Sempat Kemoterapi

Ristia Afifah

Manny Pacquiao Minum Jamu Tradisional Indonesia Ternyata! Saat Kelelahan

Ristia Afifah

Buah Buahan Ini Diyakini Mengurangi Efek Diare Yang Diderita Anak

Ristia Afifah

Hidangan Lebaran Bikin Kolesterol Meningkat? Konsumsi 10 Makanan Ini

Ristia Afifah

Siapkan Jalur Balap Menantang PRURide Indonesia 2019

Ristia Afifah

Kurangi Konsumsi Rokok, Harganya Mestinya Dinaikkan Bukan Didiskon

Ristia Afifah

Konsumsi 6 Makanan Ini Sebelum Tidur untuk Atasi Insomnia, dari Pisang, Oatmeal hingga Kangkung

Ristia Afifah

Leave a Comment