25.3 C
Jakarta
Wednesday, Feb 19, 2020
Image default
Nasional

Ini Seruan sang Gubernur buat Warga Instruksi Anies Baswedan Pasca Banjir Jakarta Surut

Beberapa wilayah di DKI Jakarta yang terendam banjir sudah mulai surut. Setelah surut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan instruksinya kepada seluruh warganya. Instruksi tersebut ditandatangani Anies di Jakarta pada tanggal 3 Januari 2020.

Isinya adalah imbauan kepada masyarakat Jakarta untuk melaksanakan imbauan kerja bakti di wilayahnya masing0masing. Anies juga menyerukan supaya warga dapat memelihara kebersihan lingkungannya. Berikut pernyataan Anies yang dikutip dari Antara:

"Assalamualaikum wr wb, saya Anies Baswedan mengirimkan pesan ini untuk seluruh warga Jakarta, Alhamdulillah pada hari Sabtu ini, banjir telah surut, warga mulai beraktifitas. Namun di tempat tempat kemarin yang terdampak, suasana belum benar benar kembali seperti semula. Izinkan saya menyampaikan terima kasih pada organisasi dan pribadi pribadi yang beberapa hari ini turun tangan langsung meringankan beban saudara saudara sekota yang sempat mengalami banjir.

Sebagai informasi, di Jakarta ada 2.742 RW, pada saat kejadian kemarin terdapat 390 RW yang mengalami banjir. Alhamdulillah hari ini 330 lebih telah terbebas dari genangan. Untuk itu pekerjaan kita masih tersisa di depan, jalan jalan di kampung di komplek masih banyak yang kotor oleh lumpur, rumah dan perabotan belum semua dibersihkan, puing puing sisa banjir masih ada yang tersisa. Inilah kesempatan bagi kita untuk berempati dan turun tangan langsung membantu sesama warga kota, meringankan beban dan mengikateratkan kebersamaan kita.

Karena itu saya mengajak melalui pesan ini kepada seluruh warga Jakarta mari kita ikut turun tangan, mari ringankan ikut beban, mari kita hadir bersama dalam kerja bakti Jakarta, Besok hari Minggu (5/1) pukul 06.00 WIB pagi di RW RW yang terdampak oleh banjir. Kehadiran kita tidak sekedar untuk membersihkan tidak hanya memastikan rumah bersih, tapi juga untuk memberikan kehangatan kepada tetangga kota yang terkena bencana banjir kemarin. Untuk info detailnya ini semua ada di berbagai akun media sosial Pemprov DKI atau bisa menghubungi ketua RT, ketua RW setempat juga lurah tempat anda berada dari mereka akan aa informasi wilayah mana saja dimana kita menyelenggarakan kerja bakti itu.

Insya Allah kerja bakti ini akan meringankan beban saudara kita yang terdampak oleh banjir dan Insya Allah segera mereka bisa kembali beraktifitas seperti semula. Sampai jumpa besok pagi terima kasih. Wassalamualaikum wr wb". Setelah memberikan instruksi untuk kerja bakti, Anies Baswedan terjun langsung ke lokasi banjir.

Ia juga ikut ikut membantu warga dengan melakukan kegiatan kerja bakti pada Minggu (5/1/2020). Dari pantauan pukul 09.00 WIB, Anies berkunjung ke lokasi banjir di Kelurahan Makassar, Makassar, Jakarta Timur. Anies ditemani jajaran pemprov DKI Jakarta dalam kunjungannya.

Ia terlihat ikut bergotong royong membersihkan sampah sisa banjir di Kelurahan Makassar. Anies mengenakan rompi oranye senada dengan sarung tangannya dan juga topi hitam. Anies trlihat ikut mengambil sampah sampah yang berserakan di jalan.

Tidak hanya jajaran pemprov DKI, kerja bakti itu juga diikuti oleh anggota TNI dan Polri. Kedatangan Anies disambut antusias oleh warga sekitar. Beberapa warga bahkan mengajak foto bersama Anies di tengah kegiatan kerja bakti.

Tidak hanya melakukan kegiatan bersih bersih atau kerja bakti setelah banjir. Ada beberapa hal yang juga harus dilakukan setelah surutnya air banjir. Melansir dari bnpd.go.id , berikut adalah kegiatan yang harus dilakukan setelah banjir surut:

1. Hindari air banjir karena kemungkinan kontaminasi zat zat berbahaya dan ancaman kesetrum. 2. Waspada dengan instalasi listrik. 3. Hindari air yang bergerak.

4. Hindari area yang airnya baru saja surut karena jalan bisa saja keropos dan ambles. 5. Hindari lokasi yang masih terkena bencana, kecuali jika pihak yang berwenang membutuhkan sukarelawan. 6. Kembali ke rumah sesuai dengan perintah dari pihak yang berwenang.

7. Tetap di luar gedung/rumah yang masih dikelilingi air. 8. Hati hati saat memasuki gedung karena ancaman kerusakan yang tidak terlihat seperti pada fondasi.

Baca Lainnya

Kemenhub Undang Swasta Kembangkan Pelabuhan Tanah Ampo

Ristia Afifah

Pemulihan Psikologis Pelaku dan Korban Perundungan, LPKA dan KPAI Bisa Berikan Rekomendasi

Ristia Afifah

Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota Besok Sabtu 30 Maret 2019, Waspada Hujan Petir di Sejumlah Wilayah

Ristia Afifah

Pembatas Merah VIP Masih Terpasang di RS PKU Muhammadiyah Solo Hari ke-3 Kelahiran La Lembah Manah

Ristia Afifah

Saraswati Rahayu Komentari Larangan Ibu Hamil Ikut CPNS di Kemenhan & Kejagung

Ristia Afifah

Kata Pakar Militer soal Posisi Wakil Panglima TNI

Ristia Afifah

Sebaiknya Sosok yang Dekat Ulama Kapolri Idham Azis akan Tunjuk Kabareskrim PP Muhammadiyah

Ristia Afifah

Sujiwo Tejo, Mantan Jurnalis yang Jadi Seniman Wayang

Ristia Afifah

Jawaban Gibran Rakabuming Raka Soal Saran Ganjar Pranowo Terkait Pilkada Solo

Ristia Afifah

Tanggapi Karni Ilyas Cuti dari ILC, Fadli Zon: Kelihatannya Ada Tekanan Luar Biasa

Ristia Afifah

Pekanbaru Hujan Petir di Siang Hari Prakiraan Cuaca BMKG di 33 Kota Besok Minggu 24 November 2019

Ristia Afifah

Meutya Hafid Akan Panggil Menteri Baru Termasuk Prabowo Didapuk Jadi Ketua Komisi I DPR RI

Ristia Afifah

Leave a Comment