31.2 C
Jakarta
Friday, Aug 14, 2020
Image default
Nasional

Ini Seruan sang Gubernur buat Warga Instruksi Anies Baswedan Pasca Banjir Jakarta Surut

Beberapa wilayah di DKI Jakarta yang terendam banjir sudah mulai surut. Setelah surut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan instruksinya kepada seluruh warganya. Instruksi tersebut ditandatangani Anies di Jakarta pada tanggal 3 Januari 2020.

Isinya adalah imbauan kepada masyarakat Jakarta untuk melaksanakan imbauan kerja bakti di wilayahnya masing0masing. Anies juga menyerukan supaya warga dapat memelihara kebersihan lingkungannya. Berikut pernyataan Anies yang dikutip dari Antara:

"Assalamualaikum wr wb, saya Anies Baswedan mengirimkan pesan ini untuk seluruh warga Jakarta, Alhamdulillah pada hari Sabtu ini, banjir telah surut, warga mulai beraktifitas. Namun di tempat tempat kemarin yang terdampak, suasana belum benar benar kembali seperti semula. Izinkan saya menyampaikan terima kasih pada organisasi dan pribadi pribadi yang beberapa hari ini turun tangan langsung meringankan beban saudara saudara sekota yang sempat mengalami banjir.

Sebagai informasi, di Jakarta ada 2.742 RW, pada saat kejadian kemarin terdapat 390 RW yang mengalami banjir. Alhamdulillah hari ini 330 lebih telah terbebas dari genangan. Untuk itu pekerjaan kita masih tersisa di depan, jalan jalan di kampung di komplek masih banyak yang kotor oleh lumpur, rumah dan perabotan belum semua dibersihkan, puing puing sisa banjir masih ada yang tersisa. Inilah kesempatan bagi kita untuk berempati dan turun tangan langsung membantu sesama warga kota, meringankan beban dan mengikateratkan kebersamaan kita.

Karena itu saya mengajak melalui pesan ini kepada seluruh warga Jakarta mari kita ikut turun tangan, mari ringankan ikut beban, mari kita hadir bersama dalam kerja bakti Jakarta, Besok hari Minggu (5/1) pukul 06.00 WIB pagi di RW RW yang terdampak oleh banjir. Kehadiran kita tidak sekedar untuk membersihkan tidak hanya memastikan rumah bersih, tapi juga untuk memberikan kehangatan kepada tetangga kota yang terkena bencana banjir kemarin. Untuk info detailnya ini semua ada di berbagai akun media sosial Pemprov DKI atau bisa menghubungi ketua RT, ketua RW setempat juga lurah tempat anda berada dari mereka akan aa informasi wilayah mana saja dimana kita menyelenggarakan kerja bakti itu.

Insya Allah kerja bakti ini akan meringankan beban saudara kita yang terdampak oleh banjir dan Insya Allah segera mereka bisa kembali beraktifitas seperti semula. Sampai jumpa besok pagi terima kasih. Wassalamualaikum wr wb". Setelah memberikan instruksi untuk kerja bakti, Anies Baswedan terjun langsung ke lokasi banjir.

Ia juga ikut ikut membantu warga dengan melakukan kegiatan kerja bakti pada Minggu (5/1/2020). Dari pantauan pukul 09.00 WIB, Anies berkunjung ke lokasi banjir di Kelurahan Makassar, Makassar, Jakarta Timur. Anies ditemani jajaran pemprov DKI Jakarta dalam kunjungannya.

Ia terlihat ikut bergotong royong membersihkan sampah sisa banjir di Kelurahan Makassar. Anies mengenakan rompi oranye senada dengan sarung tangannya dan juga topi hitam. Anies trlihat ikut mengambil sampah sampah yang berserakan di jalan.

Tidak hanya jajaran pemprov DKI, kerja bakti itu juga diikuti oleh anggota TNI dan Polri. Kedatangan Anies disambut antusias oleh warga sekitar. Beberapa warga bahkan mengajak foto bersama Anies di tengah kegiatan kerja bakti.

Tidak hanya melakukan kegiatan bersih bersih atau kerja bakti setelah banjir. Ada beberapa hal yang juga harus dilakukan setelah surutnya air banjir. Melansir dari bnpd.go.id , berikut adalah kegiatan yang harus dilakukan setelah banjir surut:

1. Hindari air banjir karena kemungkinan kontaminasi zat zat berbahaya dan ancaman kesetrum. 2. Waspada dengan instalasi listrik. 3. Hindari air yang bergerak.

4. Hindari area yang airnya baru saja surut karena jalan bisa saja keropos dan ambles. 5. Hindari lokasi yang masih terkena bencana, kecuali jika pihak yang berwenang membutuhkan sukarelawan. 6. Kembali ke rumah sesuai dengan perintah dari pihak yang berwenang.

7. Tetap di luar gedung/rumah yang masih dikelilingi air. 8. Hati hati saat memasuki gedung karena ancaman kerusakan yang tidak terlihat seperti pada fondasi.

Baca Lainnya

Kini Rasakan Sepinya Suasana MRT 5 Jam Penumpang MRT Jakarta Mengaku Sempat Mengantre 1

Ristia Afifah

Serikat Buruh Nilai Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Perlu Dikaji Ulang

Ristia Afifah

Padang Link Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah Sabtu 13 Juni 2020 Tayang Anak Seribu Pulau

Ristia Afifah

Waspada 12 Wilayah Berpotensi Hujan Petir Disertai Angin Peringatan Dini BMKG Selasa 12 Mei 2020

Ristia Afifah

Kemenhub Bantah Ada Nahkoda Terpapar Virus Corona di Pelabuhan Tanjung Priok

Ristia Afifah

22 Wilayah Waspada Hujan Lebat Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Besok Selasa 17 Maret 2020

Ristia Afifah

Hari Ini dalam Sejarah: 23 Agustus 1949, Dimulainya Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag Belanda

Ristia Afifah

Bak Pepatah ‘Soldier Never Die’ Isu Prabowo Kembali Maju Pilpres 2024 Pengamat

Ristia Afifah

Saraswati Rahayu Komentari Larangan Ibu Hamil Ikut CPNS di Kemenhan & Kejagung

Ristia Afifah

Pangkal Pinang Berpotensi Hujan Petir Prakiraan Cuaca 33 Kota di Indonesia Sabtu (18/1/2020)

Ristia Afifah

Jokowi Minta Sampel Tes Corona Ditingkatkan hingga Informasi yang Terbuka Ingin Ada Evaluasi PSBB

Ristia Afifah

Perilaku Saat Pandemi wajib Dipertahankan Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Ristia Afifah

Leave a Comment