31.2 C
Jakarta
Friday, Aug 14, 2020
Image default
Pendidikan

Ini Tanggalnya . . . Minat Ikutan Lomba Pembuatan Website dengan Konten Aksara Sunda

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), bersama Pegiat Aksara Sunda dari Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda, Universitas Padjajaran (PDP BS Unpad) menyelenggarakan lomba pembuatan situs web berdomain Aksara Sunda, dengan sebagian atau seluruh isi kontennya menggunakan Aksara Sunda. Chief Registry Operator (CRO) PANDI, Muhamad Shidiq Purnama menjelaskan, lomba ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan, setelah sebelumnya menggelar lomba serupa berdomain Aksara Jawa (Hanacaraka). "Lomba ini merupakan rangkaian acara lanjutan, dalam rangka pelestarian Aksara Nusantara yang memang menjadi concern PANDI," ujar Shidiq, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/6/2020).

Shidiq mengatakan, agenda tersebut merupakan salah satu cara pelestarian budaya Aksara Nusantara yang lambat laun semakin ditinggalkan generasi sekarang. "Kami berkomitmen untuk bisa ikut berpartisipasi dalam rangka pelestarian budaya Aksara Nusantara, agar bisa terdigitalisasi sehingga dapat digunakan sebagai alamat (domain name) di internet," tambah Shidiq dalam keterangan persnya. Shidiq menambahkan, untuk format pendaftaran akan dimulai pada pertengahan bulan Juni, dan akan ditutup tanggal 14 Agustus 2020. Batas waktu submit website hingga 13 November, dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan tanggal 11 Desember mendatang.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dadan Sutisna selaku Sekretaris Yayasan Kebudayaan Rancagé. Menurutnya, Aksara Nusantara merupakan warisan budaya yang sangat berharga untuk dipelihara. Kegiatan tersebut, kata Dadan, selaras dengan rekomendasi Tim Unicode Aksara Sunda yang pernah dibentuk tahun 2008, ketika aksara Sunda didaftarkan ke Konsorsium Unicode.

"Kala itu, kami berharap agar aksara Sunda bisa dikembangkan oleh masyarakat melalui berbagai perangkat digital. Sekarang sudah cukup banyak kalangan yang menaruh perhatian pada pengembangan aksara Sunda, mulai dari pembuatan fonta hingga aplikasi berbasis Android. Adalah benar bahwa belakangan aksara Sunda mulai tergerus oleh jaman, bahkan kaum milenial banyak yang tidak tahu ini (aksara Sunda). Sudah menjadi kewajiban untuk terus mewariskan budaya leluhur agar mengikuti perkembangan jaman," ucap Dadan. Ketua PDP BS Unpad, Prof. Dr. Ganjar Kurnia mengatakan, lomba ini sejalan dengan salah satu tujuan PDP BS, yaitu menyelamatkan kekayaan budaya tulis orang Sunda dari kepunahan dan menyebarluaskannya kembali kepada masyarakat. Melalui lomba ini, kata mantan Rektor Unpad dua periode ini, semua orang terutama masyarakat Jawa Barat bisa tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam melestarikan aksara Sunda tersebut.

"Semoga masyarakat bisa ikut berperan dalam menjaga kelestarian aksara Sunda, memadukannya dengan kemajuan teknologi melalui website, agar (aksara Sunda) bisa lebih dikenal lagi oleh kalangan milenial dan masyarakat luas," kata Guru Besar Ekonomi Pertanian Unpad ini. Untuk diketahui, sebelumnya PANDI juga telah menyelenggarakan lomba serupa berkonten Aksara Jawa (Hanacaraka) bekerjasama dengan komunitas pegiat Aksara Jawa Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ke depan, PANDI akan menggandeng pegiat Aksara daerah lain untuk menyelenggarakan lomba serupa dalam rangka digitalisasi Aksara Nusantara.

Baca Lainnya

Level Kognitif Aplikasi hingga Penalaran Berikut Kisi-kisi Bahasa Indonesia UN 2020 SMA

Ristia Afifah

Link Download PDF Resmi Kisi-kisi UN SMP & SMPLB Tahun 2020 buat Semua Mata Pelajaran

Ristia Afifah

Gadis 27 Tahun Lulusan S2 Harvard University Fakta-Fakta Risa Santoso Rektor Termuda di Indonesia

Ristia Afifah

Info Terkini UTBK 2019: Peserta Diminta Unduh Kartu Peserta UTBK yang Baru

Ristia Afifah

Ini Manfaat yang Diperoleh Ketika Kuliah di Luar Negeri

Ristia Afifah

Prestasi Gemilang Rektor dan Dosen IPB University dalam Ajang Academic Leader Award 2019

Ristia Afifah

Harus Bawa Alat Makan Pribadi Mendikbud Nadiem Larang Pegawainya Gunakan Plastik

Ristia Afifah

Daftar Di Http://pendaftaran Sbmptn.ltmpt.ac.id, Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Hari Ini

Ristia Afifah

Kelas Pintar Gelar Nobar Film Karya Siswa SMA & SMK Dukung Kreativitas Siswa

Ristia Afifah

Rekapitulasi Hasil dan Nilai UTBK SBMPTN 2019 Ujian 4 dan 5 Mei Diumumkan Hari Ini, Cek di Sini !

Ristia Afifah

Beda dengan 2018, Ini Syarat dan Panduan Pendaftaran TK, SD, SMP, SMA/SMK tahun 2019

Ristia Afifah

Tapi Ada Syaratnya Dana BOS Bisa buat Honor Guru Non ASN Tanpa NUPTK

Ristia Afifah

Leave a Comment