30 C
Jakarta
Tuesday, Apr 7, 2020
Image default
Sains

Ini yang Sebenarnya Terjadi Ikan Naik menuju Permukaan Kerap Dikaitkan dengan Gempa & Tsunami

Beredar video warga berbondong bondong menangkapi ikan yang berloncatan naik ke permukaan di wilayah Perairan Gorontalo. Warga setempat mengira, hal tersebut merupakan pertanda datangnya tsunami. Fenomena yang dinilai langka olah sebagian orang di wilayah Perairan Gorontalo itu terjadi di kompleks Pelabuhan Gorontalo pada Senin (6/1/2020). Benarkah ikan ikan laut yang loncat ke permukaan adalah pertanda akan datangnya tsunami?

Kompas.com menghubungi Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, untuk mengetahui penjelasan mendasar terjadinya fenomena tersebut. Daryono mengaku, memang banyak pihak yang selalu mengaitkan fenomena ikan ikan yang mendadak berlompatan di pinggir pantai ini berkaitan dengan adanya pertanda gempa bumi. "Fenomena kemunculan ikan jenis tertentu dan ikan yang melompat naik ke pantai memang kerap dikaitkan dengan pertanda gempa, pendapat tersebut tentu saja tidak benar," kata Daryono, Sabtu (11/1/2020).

Berdasarkan hasil ilmiah, kata dia, sejauh ini belum menunjukkan adanya bukti yang kuat secara empirik yang menunjukkan adanya keterkaitan. Sehingga fenomena terdamparnya ikan bukan bagian dari precursor gempa bumi. Hasil kajian yang ada malah menunjukkan adanya kaitan antara kemunculan ikan yang banyak lebih terkait pada musim. Menurut dia, hal itu dikarenakan dinamika populasi ikan ada kaitannya dengan musim, maka tidak tertutup kemungkinan kejadian seperti di Gorontalo ini terkait musim.

Teori oseanografi lainnya menyebutkan, pengangkatan biota laut dalam ke permukaan hingga terbawa ke pesisir berkaitan dengan fenomena upwelling. Untuk diketahui, upwelling adalah sebuah fenomena di mana air laut yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan. Dalam fenomena upwelling biasanya kemunculan ikannya banyak, hingga ada segerombolan ikan sampai ke pantai.

"Selain itu, masih ada faktor lain yang memicu ikan muncul ke pantai, seperti mengikuti dinamika arus laut," ujar Daryono.

Baca Lainnya

Ada Hujan Meteor hingga Gerhana Matahari Catat Ini 12 Fenomena Langit Indonesia di Bulan Desember

Ristia Afifah

Ini Penjelasan Ilmiahnya Renggut Nyawa Warga Klaten Seganas Apa Tawon Ndas

Ristia Afifah

Cerita Montir Bengkel Tak Lulus SD Bikin Pesawat & Bisa Terbang Sejauh 20 Meter di Pantai Langga

Ristia Afifah

Produk Iptek akan Picu Pertumbuhan Ekonomi

Ristia Afifah

Pakar Jelaskan Ular Sanca Bisanya Jatuhkan Diri dan Lilit Mangsa

Ristia Afifah

Insiden di Tol Cipali Renggut 12 Korban Jiwa, Ini Daftar Kecelakaan Dahsyat di Dunia

Ristia Afifah

BMKG Sebut Hoax Beredar Pesan Soal Suhu Udara Capai 40 Derajat

Ristia Afifah

Jawaban Sains Kenapa Bayangan Puncak Gunun Api Ini Seperti Piramida

Ristia Afifah

Ini Dia Drone Yang Hampir Memicu Perang AS Iran, Lihat Kehebatan Dan Harganya

Ristia Afifah

BPPT Modifikasi Cuaca Intensitas Curah Hujan 2020 Tertinggi Sepanjang 2 Dekade Ini

Ristia Afifah

8 Hal Menarik Tentang Hewan Misterius Di Bunyu, Mirip Laba Laba Hingga Hasil Pemeriksaan BPSDPL

Ristia Afifah

Begini Penjelasannya TRIBUNNEWSWIKI – Apa Itu Aurora Borealis

Ristia Afifah

Leave a Comment