30.2 C
Jakarta
Monday, Mar 30, 2020
Image default
Techno

Intip Perbandingan HP Samsung Galaxy M20, M30, dan A30, Siapa paling Unggul?

Bagaimana perbandingan HP Samsung Galaxy M30, M30, dan A20. Siapa paling unggul? Samsung telah perkenalkan ponsel kelas menengah di paruh kedua 2019 ke pasaran Indonesia. Salah satunya yang terbaru adalah Galaxy M30 yang baru saja meluncur di Jakarta pekan ini, menyusul dua saudarnya, Galaxy M20 dan M10, yang sudah lebih dulu hadir.

Galaxy M30 dijual seharga Rp 3,4 jutaan, lebih mahal dibanding M20 yang dijual seharga Rp 2,8 juta ketika dirilis. Tapi, harga Galaxy M30 sama dengan Galaxy A30 saat diluncurkan. Jika dilihat, spesifikasi Galaxy M30, M20, dan A30 memang mirip mirip dan hanya berbeda di beberapa aspek.

KompasTekno menyandingkan ketiga ponsel untuk melihat lebih dekat perbedaan apa saja yang ada di antara mereka. Ukuran layar Galaxy M20, M30, dan A30 bisa dibilang sedikit mirip. Galaxy M20 dan A30 sama sama memiliki bentang layar 6,3 inci.

Lebih lebar 0,1 inci dibanding Galaxy M30 yang memiliki bentang layar 6,4 inci. Galaxy M30 menggunakan panel Super AMOLED yang diklaim akan membantu menghemat daya sebesar 30 persen. Ketiganya sama sama menggunakan desain layar Ininity U atau "notch" yang membulat di sudut layar sebagai rumah kamera depan.

Lantaran rancangan yang mirip ini, Galaxy M30, M20, dan A30 sulit dibedakan apabila dilihat dari depan. Sektor kamera juga menjadi pembeda ketiganya. Galaxy M20 dan A30 sama sama dibekali kamera ganda di punggung. Konfigurasi kamera M20 adalah 13 megapiksel (f/1.9) dan 5 megapiksel (ultra wide, f/2.2), agak berbeda dengan Galaxy A30 yang terdiri dari kamera 16 megapiksel (f/1.7) dan 5 megapiksel (ultra wide,f/2.2).

Keduanya berbeda dengan Galaxy M30 yang dilengkapi kamera belakang terbanyak, dengan jumlah tiga buah. Masing kameranya beresolusi 13 megapiksel (f/1.9), 5 megapiksel depth sensor (f/2.2), dan 5 megapiksel ultra wide 123 derajat (f/2.2. Namun untuk kamera depan, resolusi yang sama tersemat di Galaxy M30 dan A30 yakni 16 megapiksel (f/2.0).

Galaxy M20 hanya berbekal kamera depan 8 megapiksel (f/2.0). Sistem operasi Galaxy M20 adalah satu satunya di antara ketiga ponsel ini yang masih menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo pada saat peluncuran, tapi kini sudah diperbarui ke Android 9 Pie. Dua lainnya sudah menjalankan Android 9 Pie sejak awal.

Spesifikasi kunci lainnya, baik Galaxy M20, M30, maupun A30 bisa dibilang hampir sama. Misalnya, chip yang digunakan, ketiganya sama sama diotaki Exynos 7904. Di Indonesia, Galaxy M30 dan A30 yang dijual adalah model RAM 4 GB dan media internal 64 GB. Sementara, Galaxy M20 yang beredar adalah varian RAM 3 GB dan internal 32 GB. Kendati demikian, Samsung tetap menekankan diferensiasi.

Seri Galaxy M lebih mengunggulkan sektor baterai jumbo 5.000 mAh yang ditunjang dengan fitur fast charging. Secara pemasaran, Galaxy M juga ditekankan untuk pembelian online. Galaxy A lebih menekankan segi desain, menyesuaikan dengan targetnya, para milenial.

Agar lebih mudah membandingkan, KompasTekno menyiapkan komparasi spesifikasi ketiganya dalam sebuah tabel yang bisa disimak di bawah ini.

Baca Lainnya

Pengguna Berbagai Negara Keluhkan Instagram, Facebook dan WhatsApp Eror

Ristia Afifah

Marak Penjualan Akun Netflix Di E Commerce, Netflix Angkat Bicara

Ristia Afifah

7 Orang Di Garut Saldonya Ludes Gara Gara Pakai VPN, Simak 5 Bahaya Lain Penggunaan VPN

Ristia Afifah

BaBe Luncurkan Fitur Terbaru Ramadan Selama Bulan Suci

Ristia Afifah

Olympus seri OM-D E-M5 Mark III Dibanderol Rp 19 Jutaan Resmi Hadir

Ristia Afifah

HUAWEI Bukukan Kinerja Bisnis yang Memuaskan, Perkuat Komitmen di Pasar Premium Indonesia

Ristia Afifah

Tos Dikira Maaf Siul Dikira Cium 10 Emoji yang Seringkali Disalahartikan Penggunaannya

Ristia Afifah

Teknologi Lain Lebih Murah Program Satelit BAKTI Masih Dibutuhkan

Ristia Afifah

Kerjasama UI Gojek Dukung Program Akselerator UI Works

Ristia Afifah

Mengapa WhatsApp Tak Bisa Dipakai Lagi di Smartphone Ini dari 1 Februari 2020 Akhirnya Terungkap

Ristia Afifah

Semakin Dekat dengan Komunitas, Urban Republic Gelar Product Experience Bertajuk “UR Amazing Race”

Ristia Afifah

Cashtree Bidding, Fitur Aplikasi Terbaru Cashtree

Ristia Afifah

Leave a Comment