25.5 C
Jakarta
Tuesday, Apr 7, 2020
Image default
Internasional

Isi Surat Bunuh Diri Mantan Presiden Peru yang Memilih Akhiri Hidupnya Karena Tuduhan Korupsi

Berikut isi surat bunuh diri Mantan Presiden Peru yang memilih akhiri hidupnya sendiri karena tuduhan korupsi. Sebuah surat bunuh diri mantan Presiden Peru Alan Garcia (69) yang membantah telah melakukan korupsi dibacakan di prosesi pemakamannya pada Jumat (19/4/2019). Pemakaman Garcia digelar dua hari setelah dia menembak kepalanya sendiri di saat polisi datang ke kediamannya untuk menahan sang mantan presiden atas tuduhan suap.

Skandal yang menjerat sejumlah politisi di Amerika Selatan itu juga menyebabkan seorang mantan presiden lain Peru Pedro Pablo Kuczynski (80) dipenjara tiga tahun terkait kasus pencucian uang Odebrecht. Odebrecht adalah konglomerasi Brasil yang terdiri atas berbagai bisnis seperti permesina, konstruki, kimia, dan petrokimia. Pada Juni 2015, pemerintah Brasil menahan mantan CEO Odebrecht, Marcelo Odebrecht, terkait pemberian suap kepada perusahaan minyak Brasil, Petrobras.

Marcelo kemudian diadili dan dinyatakan terbukti memberi suap 30 juta dolar AS kepada beberapa eksekutif Petrobras. Dia akhirnya dipenjara sealam 19 tahun 4 bulan. Kembali ke pemakaman Alan Garcia, dalam prosesi itu surat terakhir sang mantan presiden dibacakan sang putri Luciana.

"Saya sudah melihat yang lain digiring dengan tangan diborgol dan hidup menderita. Namun, Alan Garcia tak akan menderita karena ketidakadilan atau sirkus," demikian Luciana membacakan surat ayahnya sambil terisak. Alan Garcia yang menjadi presiden pada 1985 1990 lalu pada 2006 2011 memiliki karier politik yang panjang dan kontroversial. "Saya mewariskan kepada anak anak saya harga diri dari keputusan ini. Kepada kolega saya, ini adalah tanda kebanggaan," tulis Garcia.

"Dan, tubuh saya sebagai tanda penghinaan kepada musuh musuh saya, karena saya sudah menyelesaikan misi yang diberikan kepada saya," masih isi surat Garcia. Garcia menuduh, pemerintah Peru menggunakan investigasi korupsi sebagai cara untuk mempermalukan, melecehkan, dan tidak berusaha mencari kebenaran. "Orang lain menjual diri mereka, tetapi bukan saya," kata Garcia.

Dalam surat itu, Garcia menyebut dirinya adalah korban dan menuding lawan lawannya menjadi penyebab kondisinya saat itu. "Lalu dia mengorbankan diri demi kebaikan partai," kata sejarawan Juang Luis Orengo kepada radio RPP. Sementara itu, ribuan orang berkumpul di markas Partai APRA di ibu kota Lima untuk menyatakan rasa duka atas kematian Alan Garcia.

"Alan Garcia melakukan sikap yang terhormat dan tidak membiarkan dakwaan hukum menjadi cara untuk melecehkannya. Ini adalah hadiah utama yang diberikannya kepada partai," kata anggota Kongres Peru, Mauricio Mulder, sekutu dekat Garcia Para pendukung Garcia terlihat menangis sambil menyanyikan lagu lagu partai di saat peti berisi jenazah Garcia dibawa ke mobil jenazah. Jenazah Garcia kemudian akan dikremasi dalam sebuah upacara privat.

Pada Rabu lalu, polisi mendatangi kediaman Garcia di kawasan permukiman elit Miraflores, Lima dengan membawa surat penahanan. Surat ini memberi wewenang aparat keamanan untuk menahan Garcia selama 10 hari demi memberi waktu pemerintah untuk mengumpulkan bukti dan mencegah Garcia kabur ke luar negeri. Tahun lalu, Garcia kabur ke Kedubes Uruguay setelah pengadilan memutuskan dia tak boleh meninggalkan Peru selama 18 bulan.

Dia tinggal di kantor kedubes selama 16 hari tetapi pemerintah Uruguay menolak memberinya suaka.

Baca Lainnya

Stadion Olahraga Nasional Jepang Diresmikan di Mana Letak Tempat Obor Olimpiade

Ristia Afifah

Mata Putrinya Jadi Juling Akibat Kesalahannya Penyesalan Besar Seorang Ayah Kaleidoskop April 2019

Ristia Afifah

Park Min Young Ungkap Sang Kakak Adalah Role Modelnya Selama Ini

Ristia Afifah

Jokowi Ma’ruf Dilaporkan Menang Telak Di Australia

Ristia Afifah

Meskipun Tak Berdasarkan Kisah The Return Of Jafar, Sekuel Film Aladdin Akan Tetap Direncanakan

Ristia Afifah

7 Juta Habiskan Uang hingga Rp 146 Lisa Anderson Mengaku Ketagihan Makan Bedak Bayi

Ristia Afifah

Kenaikan Jumlah Wisatawan Indonesia menuju Jepang Bulan Oktober Tertinggi Dibandingkan Tahun Sebelumnya

Ristia Afifah

Mengapa Miliarder Jepang Yusaku Maezawa dari Kehilangan Kepercayaan dari Masyarakat

Ristia Afifah

Si Pria Mati-matian Lindungi Istri Pukul & Telanjangi Pelakor di Jalan Lihat Selingkuhan Suami

Ristia Afifah

Suami Coba Bunuh Diri Setelah Tembak Tewas Istri yang Kepergok Berhubungan Badan dengan Selingkuhan

Ristia Afifah

Penegakan Hukum Para Pencuri Ikan Beda dengan Persahabatan Maupun Investasi Susi Pudjiastuti

Ristia Afifah

Malah 4 Tahun Tak Bisa Dilepas Pria Ini Jepitkan Pinset menuju Alat Kelamin Diduga Demi Hasrat Seksual

Ristia Afifah

Leave a Comment