30.4 C
Jakarta
Monday, Jan 20, 2020
Image default
Otomotif

Isuzu Mu-X i-Series Layak Dibeli Atau Tidak

Selama bertualang, hal yang selalu terjadi adalah bagaimana kami membandingkan Isuzu MU X i Series dengan kompetitornya. Sebut saja Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra dan Hyundai Santa Fe. Di antara semua SUV tersebut, Isuzu MU X i Series adalah yang termurah. Mengacu pada daftar harga on the road Jabodetabek yang dirilis Isuzu, MU X i Series dibanderol Rp449 juta. Mari kita bandingkan dengan kompetitornya. Varian terendah Toyota Fortuner dibanderol Rp476,05 juta. Pajero Sport dibanderol Rp481,5 juta. Nissan Terra termurah dibanderol Rp464 juta, sedangkan Hyundai Santa Fe dibanderol Rp526 juta.

Sebagai catatan tambahan, di antara lima SUV tersebut, hanya Isuzu MU X i Series dan Hyundai Santa Fe yang bertransmisi otomatis. Lalu apa saja yang membuat Isuzu MU X i Series ini layak dibeli? Selain dari harganya yang paling murah, MU X i Series memiliki kelebihan dibandingkan kompetitornya, terutama Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Kelebihan pertama adalah di sistem pengereman. Di antara tiga mobil tersebut, hanya Isuzu MU X i Series yang menggunakan rem cakram di empat rodanya. Pajero Sport dan Toyota Fortuner masih menggabungkan rem cakram di depan dan rem tromol di belakang.

Kelebihan kedua adalah suspensi. Isuzu mempertahankan DNA kenyamanan di sistem peredam saat melahirkan MU X, termasuk i Series. Isuzu MU X i Series menggunakan suspensi 5 link coil spring dengan gas shock absorbers dan stabiliser bar di belakang. Hanya Toyota Fortuner yang mendekati kehebatan Isuzu MU X karena menggunakan 4 Link dengan lateral rod , sedangkan Pajero Sport menggunakan 3 Link coil spring dengan stabilizer bar . Isuzu MU X i Series mungkin tidak memiliki fitur fitur aksesoris yang lebih baik dibandingkan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Misalnya, sistem audio yang tidak sepadan untuk sebuah SUV seharga Rp449 juta. Atau fitur pengaturan AC yang tidak digital. Namun demikian, Isuzu MU X i Series ini menyasar mereka yang ingin naik kelas dari pengguna MPV menjadi pengguna SUV. Mereka juga menyasar orang orang yang smart spender alias orang yang membanding bandingkan aneka produk sebelum memutuskan produk mana yang dia beli.

Isuzu memberikan perhatian besar pada faktor keselamatan. Isuzu MU X i Series memiliki banyak fitur keselamatan seperti anti lock brake system , electronic brakeforce distribution dan brake assist . Selain fitur fitur itu, ada fitur fitur keselamatan lain yang tidak ada di kompetitornya. Isuzu mempertahankan fitur electronic stability control yang mencegah mobil mengalami body roll serta meminimalisasi mobil limbung saat melibas tikungan tajam. Bagaimana dengan hill descent control ? Fitur ini membantu MU X i Series saat melintasi turunan tajam. Mobil akan seperti melakukan engine break tanpa kita perlu menginjak rem.

Ada alasan lain yang membuat Isuzu MU X i Series memang layak menjadi pilihan para smart spender . Alasan itu adalah kenyamanan. Untuk sebuah SUV diesel, kabin MU X tergolong senyap. Suara mesin tidak terdengar jelas di dalam kabin. Isuzu MU X i Series menggunakan mesin yang mampu menyesuaikan kondisi dengan solar di Indonesia. Mesin MU X memiliki teknologi filter ganda dan diamond like carbon pada sistem bahan bakarnya. Teknologi tersebut membuat mesin MU X bisa lebih tahan lama. Teknologi ini belum ada di pabrikan lain. Itu artinya, Isuzu MU X bisa menelan solar berkualitas rendah.

Tidak sekadar tahan lama, perawatan mesin MU X menjadi lebih efisien. Mesinnya tidak menggunakan timing belt , melainkan timing chain . Penggantian timing belt harus dilakukan secara berkala. Isuzu MU X 4×2 i Series ditopang mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1 TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail bertekanan tinggi. Mesin itu memiliki tenaga sebesar 136 ps dan torsi flat 32,6 Kgm/1.800 2.800 rpm. Mesin MU X ini juga didukung system Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System).

Baca Lainnya

Magnet Ariel & NOAH Bikin Ribuan Pecinta Motor Custom Tumpah Ruah di Makodam V Brawijaya

Ristia Afifah

Sekali Ngecas, DFSK Glory E3 Diklaim Sanggup Lari Sejauh 400 Km

Ristia Afifah

IIMS Motobike Expo 2019 Berhasil Menorehkan Catatan Positif

Ristia Afifah

Apes, Video Honda CB150R Gagal Nyalip CBR1000RR Malah Gesek Aspal

Ristia Afifah

Motor Bergaya Klasik dengan Teknologi Canggih Harga & Spesifikasi Yamaha XSR 155 Terbaru

Ristia Afifah

Organda Protes Larangan Bus & Truk melalui Jalan Tol Layang Cikampek

Ristia Afifah

Gaikindo Senang, DKI Bebaskan Mobil Listrik dari Aturan Ganjil Genap

Ristia Afifah

Video Oknum Driver Ojek Online Tampar Penumpang, Diduga Kesal Karena Dicuekin

Ristia Afifah

Pertamina Angkat Bicara Solar Langka di Daerah

Ristia Afifah

Juri Kewalahan Tentukan Pemenang Honda Modif Contest 2019 Banyak Kejutan

Ristia Afifah

Cari Mobil Baru Ga Ribet, Datang Aja Ke Telkomsel IIMS 2019! Banyak Promo Lho!

Ristia Afifah

Suzuki Ertiga Ada Varian Teknologi Smart Hybrid, Siap Dipasarkan di Indonesia?

Ristia Afifah

Leave a Comment