31.1 C
Jakarta
Wednesday, Feb 26, 2020
Image default
Internasional

Jadi Kado HUT RI 74 dari Dubai, Gedung Tertinggi Dunia Burj Khalifa Pajang Ilusi Bendera Merah Putih

Jadi hadiah untuk HUT RI ke 74, LED gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa tunjukkan gambar bendera Merah Putih. Hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dan Dubai, Uni Emirat Arab tampak semakin terlihat dalam peringatan HUT kemerdekaan RI ke 7, Sabtu (17/8/2019). LEDgedung tertinggi di dunia,Burj Khalifamenunjukkan gambar yang berbeda.

Gedung yang terletak diDubai,Uni Emirat Arabitu tampak menunjukkan gambarbendera merah putih. Gedung setinggi 828 meter itu menampilkan gambar bendera Indonesia pada Sabtu (17/8/2019) malam waktu setempat. Hal itu menjadi bagian dari wujud perayaan peringatanHUT ke 74 RI.

Dilansir dari Kompas.com , Yunita Purwaningtyas PF dari Pensosbud Konsulat Jenderal RI (KJRI) Dubai menjelaskan maksudnya. Menurut keterangannya, adanya gambar bendera merah putih di Burj Khalifa itu bukan hanya sekadar kado pada momen 17 Agustus. "Ini upaya diplomasi yang coba dilakukan oleh KBRI Abu Dhabi dan KJRI Dubai untuk lebih memperkenalkan Indonesia di Dubai dan sekitarnya," ujar Yunita, mengutip Kompas.com .

KBRI Abu Dhabi dan KJRI Dubai sebelumnya sudah menyebarkan informasi tersebut. Melalui media sosial dan pesan berantai, informasi adanya LED lightshow yang menampilkan bendera Indonesia disebar. Sehingga, saat acara berlangsung banyak warga dari Indonesia yang menyaksikan.

Tak hanya menyaksikan, mereka bahkan beramai ramai mengenakan baju yang sama. Yakni, pakaian berwarna merah putih dan batik. Menurut keterangan Yunita, ada satu tempat lagi yang turut menampilkan gambar bendera merah putih.

Yaitu, di markas perusahaan minyak negara Uni Emirat Arab, atau Adnoc. Ia mengatakan, hal semacam ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan di lokasi ikonik di Uni Emirat Arab. Selain di Burj Khalifa dan Adnoc, Merah Putih juga terlihat di kawasan penting Abu Dhabi lainnya.

Seperti, Kubah Emirates Palace, dan Abu Dhabi Global Market. Persiapan, kata Yunita, telah dilakukan selama hampir dua pekan. Melalui koordinasi KBRI Abu Dhabi dengan pejabat setempat.

"Komunikasi dan koordinasi dengan pihak pengelola Burj Khalifa dimulai sejak awal Agustus 2019," tutur Yunita. Putri Dery, salah satu WNI yang berdomisili di Dubai mengaku bangga. Sebab ia bisa menyaksikan bendera negaranya ditampilkan di destinasi wisata dunia itu.

"Kemarin (Sabtu) banyak warga Indonesia sehingga bisa jadi ajang merayakan kemerdekaan di Dubai. Ada yang pakai baju batik, merah putih," ujar Putri, mengutip Kompas.com . Sementara itu, upacara peringatan kemerdekaan Indonesia juga telah digelar di kantor KJRI Dubai. Upacara itu dihadiri sekitar 200 orang.

Adapun, Konsul Jenderal RI di Dubai, Ridwan Hasan memimpin langsung jalannya upacara. Upacara berlangsung khidmat dan lancar. Selain itu, ada pula paduan suara anak anak Gita Merdeka yang turut menyanyikan delapan lagu kebangsaan.

Di antaranya Hari Merdeka dan Garuda Pancasila. Dalam sambutannya, Ridwan menyampaikan aspirasi atas terlaksananya misi KJRI di Dubai. Ia juga menyampaikan informasi mengenai pencanangan KJRI sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi.

Dilansir dari Kemlu.go.id , hubungan diplomatik antara Indonesia dan UEA telah terjalin sejak 1976 lalu. Tepatnya sejak Indonesia mengakui kedaulatan UEA. Kemudian pada 28 Oktober 1978, KBRI resmi dibuka diAbu Dhabi.

Saat itu, KBRI dipimpin oleh Kuasa Usaha Sementara. Namun, sejak 29 Maret 1993, perwakilan RI diAbu Dhabiditingkatkan menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh. Sejak saat itu, hubungan diplomatik antara Indonesia dan UEA berjalan.

Baik di bidang politik, ekonomi, hingga penerangan sosial dan budaya.

Baca Lainnya

Pria ini Miliki Bunker Rahasia Simpan 6 Gadis Berakhir Dihukum Mati Bohong menuju Istri Ngaku Lembur

Ristia Afifah

Park Min Young Ungkap Sang Kakak Adalah Role Modelnya Selama Ini

Ristia Afifah

Mata Putrinya Jadi Juling Akibat Kesalahannya Penyesalan Besar Seorang Ayah Kaleidoskop April 2019

Ristia Afifah

Penegakan Hukum Para Pencuri Ikan Beda dengan Persahabatan Maupun Investasi Susi Pudjiastuti

Ristia Afifah

Kim Kardashian dan Kanye West Habiskan Rp 18 Triliun untuk Gaji Baby Sitter Keempat Anaknya

Ristia Afifah

Jadi Sorotan, Inilah Postingan Foto Terbaru Hyuna di Instagram

Ristia Afifah

Meskipun Tak Berdasarkan Kisah The Return Of Jafar, Sekuel Film Aladdin Akan Tetap Direncanakan

Ristia Afifah

Mempelai Wanita Menangis Tahu Alasannya Pengantin Kecewa 90 Persen Tamu Pernikahan Tak Datang

Ristia Afifah

7 Potongan Tembok Berlin Ada di Jepang

Ristia Afifah

Kemampuan Luar Biasa Megawati jadi Pertimbangan Banyak Perguruan Tinggi Berikan Doktor Kehormatan

Ristia Afifah

Bule Nikahi Penjual Ayam Bakar dan Bantu Jualan Jadi Viral, Ternyata Seorang Buron

Ristia Afifah

Jepang akan Tetap Bantu Pengembangan Pulau-pulau Terpencil di Indonesia Kesepakatan Dua Menlu

Ristia Afifah

Leave a Comment