25.6 C
Jakarta
Wednesday, Dec 11, 2019
Image default
Internasional

Jepang akan Tetap Bantu Pengembangan Pulau-pulau Terpencil di Indonesia Kesepakatan Dua Menlu

Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang, Toshimitsu Motegi menyatakan bahwa Jepang akan terus memberikan dukungan untuk pengembangan pulau pulau terpencil di Indonesia dan kerja sama teknis untuk Penjaga Pantai Nasional Indonesia (Bakamla), serta meningkatkan kerja sama di bidang maritim. "Jepang akan terus membantu Indonesia mengembangkan pulau pulau terpencilnya serta kerja sama penjaga pantai nasional di Indonesia," kata Menteri Motegi, Jumat (22/11/2019) setelah pertemuan dengan Menlu Indonesia Retno Marsuddi sebuah hotel di Nagoya, Jepang. Pada Jumat (22/11/2019), dimulai pukul 17.25 waktu Jepang, selama kurang lebih 25 menit, kedua Menlu bertemu di Nagoya seiring dengan pertemuan G20 para menteri luar negeri. Pada awalnya, Menteri Motegi mengucapkan selamat atas pengangkatan kembali Menteri Retno sebagai Menteri Luar Negeri. Menteri Motegi juga menyatakan niat Jepang untuk bekerja sama secara proaktif dalam isu isu prioritas pemerintahan kedua Presiden Joko Widodo.

"Termasuk pengembangan infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia, menindaklanjuti pertemuan puncak bilateral baru baru ini," tambahnya. Sebagai tanggapan, Menteri Retno menyampaikan ucapan selamat atas penunjukan Menteri Motegi sebagai Menteri Luar Negeri, dan kepemimpinannya dalam pertemuan G20 Jepang yang sukses. Menteri Retno juga menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk memperkuat hubungan dengan Jepang, dan bahwa empat menteri termasuk Menteri Retno telah mengunjungi Jepang dalam minggu ini.

Keempat menteri yang telah berkunjung ke Jepang dalam minggu lalu adalah Menteri Perindustrian, menteri BUMN, Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi serta Menteri Luar Negeri sendiri. Para Menteri bertukar pandangan tentang pertukaran orang ke orang termasuk menerima sumber daya manusia dari Indonesia. Selain itu para menteri berbagi pandangan bahwa mereka akan bekerja sama untuk melanjutkan proyek untuk mengumpulkan sisa sisa tentara Jepang yang meninggal di Indonesia, seperti yang dikonfirmasi pada pertemuan puncak baru baru ini.

Menteri Motegi juga meminta penghapusan awal pembatasan impor Indonesia untuk produk makanan Jepang. Hal lainnya, para menteri juga bertukar pandangan dan mengkonfirmasi kerja sama mengenai situasi regional, seperti masalah Laut Cina Selatan. Menteri Motegi dengan tegas menyatakan bahwa Jepang mendukung Outlook ASEAN di Indo Pasifik (AOIP), dan Menteri Retno menyambut baik dukungan Jepang tersebut.

Demikian pula para menteri juga bertukar pandangan tentang Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP).

Baca Lainnya

Malah 4 Tahun Tak Bisa Dilepas Pria Ini Jepitkan Pinset menuju Alat Kelamin Diduga Demi Hasrat Seksual

Ristia Afifah

Viral Suami Rela Tulis Buku Perjalanan Cinta Selama 10 Tahun buat Istri yang Amnesia Pasca Lahiran

Ristia Afifah

Terselamatkan Becak Video Viral Bocah Selamat Terjatuh Dari Balkoni Lantai 2 Setinggi 10 Meter

Ristia Afifah

Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Dilarang Berfoto Selfie, Apa Alasannya?

Ristia Afifah

Elle Fanning Pingsan Saat Makan Malam di Festival Film Cannes, Inilah Penyebabnya

Ristia Afifah

Tujuh Orang Luka Luka Akibat Serangan Roket Ke Tel Aviv Israel

Ristia Afifah

Kedelai Dengan Iklim di Indonesia Dinilai Bagus untuk Membuat Miso Jepang

Ristia Afifah

Bocah Ini Selama 6 Tahun Mengeluh Sakit, Orangtuanya Tak Menyangka Ada Jarum 5 cm di Lehernya

Ristia Afifah

Marak di Amerika, Aksi Jilat Es Krim di Supermaket Lalu Dimasukkan Kembali ke Freezer untuk Dijual

Ristia Afifah

Sekjen PBB Apresiasi Peran Indonesia di Dewan Keamanan PBB

Ristia Afifah

Jadi Kado HUT RI 74 dari Dubai, Gedung Tertinggi Dunia Burj Khalifa Pajang Ilusi Bendera Merah Putih

Ristia Afifah

Park Min Young Ungkap Sang Kakak Adalah Role Modelnya Selama Ini

Ristia Afifah

Leave a Comment