30.2 C
Jakarta
Thursday, Jun 4, 2020
Image default
Internasional

Jepang akan Tetap Bantu Pengembangan Pulau-pulau Terpencil di Indonesia Kesepakatan Dua Menlu

Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang, Toshimitsu Motegi menyatakan bahwa Jepang akan terus memberikan dukungan untuk pengembangan pulau pulau terpencil di Indonesia dan kerja sama teknis untuk Penjaga Pantai Nasional Indonesia (Bakamla), serta meningkatkan kerja sama di bidang maritim. "Jepang akan terus membantu Indonesia mengembangkan pulau pulau terpencilnya serta kerja sama penjaga pantai nasional di Indonesia," kata Menteri Motegi, Jumat (22/11/2019) setelah pertemuan dengan Menlu Indonesia Retno Marsuddi sebuah hotel di Nagoya, Jepang. Pada Jumat (22/11/2019), dimulai pukul 17.25 waktu Jepang, selama kurang lebih 25 menit, kedua Menlu bertemu di Nagoya seiring dengan pertemuan G20 para menteri luar negeri. Pada awalnya, Menteri Motegi mengucapkan selamat atas pengangkatan kembali Menteri Retno sebagai Menteri Luar Negeri. Menteri Motegi juga menyatakan niat Jepang untuk bekerja sama secara proaktif dalam isu isu prioritas pemerintahan kedua Presiden Joko Widodo.

"Termasuk pengembangan infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia, menindaklanjuti pertemuan puncak bilateral baru baru ini," tambahnya. Sebagai tanggapan, Menteri Retno menyampaikan ucapan selamat atas penunjukan Menteri Motegi sebagai Menteri Luar Negeri, dan kepemimpinannya dalam pertemuan G20 Jepang yang sukses. Menteri Retno juga menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk memperkuat hubungan dengan Jepang, dan bahwa empat menteri termasuk Menteri Retno telah mengunjungi Jepang dalam minggu ini.

Keempat menteri yang telah berkunjung ke Jepang dalam minggu lalu adalah Menteri Perindustrian, menteri BUMN, Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi serta Menteri Luar Negeri sendiri. Para Menteri bertukar pandangan tentang pertukaran orang ke orang termasuk menerima sumber daya manusia dari Indonesia. Selain itu para menteri berbagi pandangan bahwa mereka akan bekerja sama untuk melanjutkan proyek untuk mengumpulkan sisa sisa tentara Jepang yang meninggal di Indonesia, seperti yang dikonfirmasi pada pertemuan puncak baru baru ini.

Menteri Motegi juga meminta penghapusan awal pembatasan impor Indonesia untuk produk makanan Jepang. Hal lainnya, para menteri juga bertukar pandangan dan mengkonfirmasi kerja sama mengenai situasi regional, seperti masalah Laut Cina Selatan. Menteri Motegi dengan tegas menyatakan bahwa Jepang mendukung Outlook ASEAN di Indo Pasifik (AOIP), dan Menteri Retno menyambut baik dukungan Jepang tersebut.

Demikian pula para menteri juga bertukar pandangan tentang Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP).

Baca Lainnya

Uangnya buat Palestina berhasil Jebol Ratusan Bank Amerika kisah Hamza The Happy Hacker

Ristia Afifah

Ular Piton Telan Seekor Kucing Seberat 3 Kg Bulat Bulat, Polisi Sampai Turun Tangan

Ristia Afifah

Topi Paus Fransiskus Terpaksa Dilepas Saat Tiba di Jepang Angin Kencang

Ristia Afifah

Ini Hasilnya Wanita Pasang Kamera Tersembunyi dalam Bra agar Tahu Jumlah Orang yang Melirik Dadanya

Ristia Afifah

Foto Foto Terbaru Song Hye Kyo Badannya Kurus Rambut Acak Acakan Setelah Digugat Cerai Song Joong Ki

Ristia Afifah

Artis Ini Ungkap Perselingkuhan Mantan Suami Dan Ibunya Sendiri Berawal Dari Sakit Lalu Ingin Dipijit

Ristia Afifah

Kasus Pertama Pasien Positif Terkena Virus Corona Ditemukan di Belgia

Ristia Afifah

Dihina Istri di Akun YouTubenya, Pria Jepang Sekap dan Serang Istri hingga Cedera Sebulan

Ristia Afifah

PM Jepang Akui 30 Negara Sudah Minta Avigan buat Mengobati Virus Covid-19

Ristia Afifah

Tayang di Big Movies GTV Pukul 22.00 WIB Kisah Bryan Mills yang Diburu CIA dalam film Taken 3

Ristia Afifah

Calon Pembeli Mendadak Ragu Seusai Lihat Sesuatu dalam Foto Ruangan VIRAL Rumah Dijual Rp 25 Miliar

Ristia Afifah

Terbang ke Dubai, Boyband SuperM Mulai Syuting Video Klip

Ristia Afifah

Leave a Comment