26.7 C
Jakarta
Wednesday, Feb 26, 2020
Image default
Kesehatan

Kardiolog Harry Suryapranata Memperoleh Gelar Kehormatan di Belanda

Dokter ahli kardiologi Prof Dr Harry Suryapranata mendapat penghargaan dari Kerajaan Belanda pada 26 April 2019 lalu atas dedikasinya dalam mengembangkan ilmu menangani serangan jantung akut. Menurut pemberitaan media setempat, Wali Kota Henk Jan Meijer, di kota Zwolle, Provinsi Overijssel, memberikan penghargaan kepada 11 orang, tetapi hanya Harry yang mendapat penghargaan tertinggi yaitu Ridder in de Orde van de Nederlandse Leeuw atau Knight in the Order of the Netherlands Lion. Harry, 67, menamatkan pendidikan Kedokteran spesialis jantung dan pembuluh darah di Erasmus Universiteit Rotterdam pada tahun 1985.

"Dia telah memberi kontribusi besar dalam standar penanganan serangan jantung akut," demikian pemberitaan media itu. Selain itu, dia aktif mendidik dan melatih para kardiolog di Eropa dan Asia, dan memimpin lembaga riset internasional Diagram BV. Di Indonesia, Harry memimpin Cardiology Center Siloam Hospitals di TB Simatupang, Jakarta, dan di Rumah Sakit Jantung Diagram Cinere, Depok, yang dibuka pada Februari 2015.

Sebelum itu, pada 1988, dia memimpin laboratorium klinik katerisasi jantung di Erasmus Medical Center, Rotterdam, Belanda. Pada 1991, dia pindah ke kota Zwolle dan bersama tiga rekannya mengembangkan metode baru menggunakan kateter balon yang bisa secara dramatis meningkatkan peluang hidup pasien. Pada 2010, dia menjadi Profesor Kardiologi Internasional di Radboud University Nijmegen. Saat ini, Prof. Dr. dr. Harry Suryapranata, M.D, Sp.JP, Ph.D berpraktek di Siloam Hospitals TB Simatupang dan RS Jantung Diagram Cinere sebagai Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah.

Ia menamatkan pendidikan Kedokteran Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Erasmus Universiteit Rotterdam pada tahun 1985. Prof. Dr. dr. Harry Suryapranata, M.D, Sp.JP, Ph.D merupakan anggota dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI). Adapun layanan kesehatan yang diberikan oleh beliau, meliputi : Pemeriksaan Jantung, Kateterisasi jantung, Percutaneous Coronary Intervensi (PCI), Coronary Angioplasty. Harry menempuh pendidikanMedical Doctor Katholieke Universiteit Leuven 1977 dan spesialis jantung dan Pembuluh Darah Erasmus Universiteit Rotterdam 1985.

Ia meraih gelarPh.D. atau Doctor of Philosophy di Erasmus Universiteit Rotterdam 1988.

Baca Lainnya

ThermiVa, Pendekatan Baru untuk Perawatan Organ Intim Wanita yang Sudah Menikah

Ristia Afifah

Anti Kanker Hingga Diet Minuman yang Ashanty Wajibkan Diminum Aurel Hermansyah 6 Manfaat Saffron

Ristia Afifah

Kenali lebih Dekat Fakta & Mitos tentang Penyakit HIV/AIDS Peringati Hari AIDS Sedunia 1 Desember

Ristia Afifah

70 buat Memperoleh Kesehatan Tubuh yang Baik Kenali Konsep 30

Ristia Afifah

Kena Infeksi Bakteri Pemakan Daging, Ada Benjolan Kehitaman di Tangan dan Kaki Pria Ini

Ristia Afifah

Ikan Lele Ternyata Ampuh buat Cegah Anak Stunting Tak wajib Daging Sapi yang Mahal

Ristia Afifah

Indonesia Butuh 400 Rumah Sakit buat Tangani Penderita Stroke

Ristia Afifah

Menimbang Gizi Makanan Berbuka Puasa, Sehat Mana Kolak Pisang atau Es Buah?

Ristia Afifah

Ternyata Bentuk Pantat Bisa Ungkap Kondisi Kesehatan & Risiko Penyakit yang Mengintaimu saat Ini

Ristia Afifah

Lakukan Ini Demi Langsingkan Tubuh Elma Theana Lelah Diet

Ristia Afifah

Mulai dari Jus Pare hingga Daging Merah 8 Bahan Alami buat Kontrol Gula Penderita Diabetes

Ristia Afifah

Selain Ani Yudhoyono, 4 Artis Ini Mengidap Kanker Darah, Ada yang Koma Serta Tak Sempat Kemoterapi

Ristia Afifah

Leave a Comment