30.2 C
Jakarta
Thursday, Jul 16, 2020
Image default
Nasional

Kejagung Kemungkinan Pakai Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang Korupsi Jiwasraya

Penyidik Kejaksaan Agung membuka kemungkinan akan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam mengusut kasus dugaan korupsi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono mengatakan, pasal TPPU akan digunakan apabila penyidik menemukan hasil korupsi yang disamarkan. "Kalau aliran dana itu ternyata digunakan atau disamarkan hasil kejahatannya, ya tentu kita akumulasi dengan (pasal) pencucian uang," ungkap Hari di Gedung Bundar, Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Senin (20/1/2020).

Saat ini, penyidik Kejaksaan Agung telah menetapkan lima orang sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Jiwasraya. Kelimanya disangka Pasal 2 subsider Pasal 3 Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Kelima tersangka, yakni Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Harry Prasetyo, mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim, dan pensiunan PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan.

Meski demikian, Hari menekankan, penyidik hingga saat ini masih terus bekerja membangun konstruksi hukum atas perkara itu. Oleh sebab itu, pihak Kejaksaan Agung belum dapat mengungkapkan peran kelima tersangka. "Artinya, membangun konstruksi hukum secara utuh, sebagaimana perbuatannya yang diduga melawan hukum yaitu, fee broker, pembelian saham yang tidak likuid dan pembelian reksadana," ujar dia.

Selain menetapkan lima orang tersangka, penyidik Kejaksaan Agung diketahui juga telah menahan kelimanya sejak Selasa (14/1/2020) hingga 20 hari ke depan. Soal kasus di perusahaan pelat merah tersebut, Kejaksaan Agung mengaku sudah memeriksa 130 saksi dan memanggil dua orang ahli. Kejaksaan Agung juga sudah menggeledah 15 tempat. Deberapa di antaranya yang digeledah adalah kantor perusahaan manajemen investasi.

Beberapa perusahaan yang digeledah yaitu PT Hanson Internasional Tbk, PT Trimegah Securities Tbk, PT Pool Advista Finance Tbk, PT Millenium Capital Management, PT Jasa Capital Asset Management, dan PT Corfina Capital Asset Management.

Baca Lainnya

Jawaban Soal TVRI SMP Kamis 30 April 2020 Berapakah Luas Minimal Plat Seng yang Diperlukan

Ristia Afifah

Kemlu RI Telusuri Kebenaran 2 Anak Raja Sunda Empire Kabarnya Ditahan di Malaysia

Ristia Afifah

Wakil Ketua KPK Tak hendak Tanggapi Isu Keberadaan Nurhadi

Ristia Afifah

Johan Budi Sarankan Kepala BPIP Tak Lagi Bicara dengan Media Buntut Pernyataan yang Jadi Polemik

Ristia Afifah

Ini Kata Polisi Asal Usul 3 Senjata Api yang Dipakai KKSB Saat Kontak Tembak di Papua Terungkap

Ristia Afifah

Respons Menteri Erick Thohir soal Kabar Susi Pudjiastuti & Ignasius Jonan Akan Jadi Bos BUMN

Ristia Afifah

Peringatan Dini Jumat Waspada Cuaca Ekstrem di 16 Wilayah 12 Juni 2020 BMKG

Ristia Afifah

Berikut Tanggapan Pihak Pemerintah Media Internasional Sebut Indonesia Bisa Jadi Hotspot Covid-19

Ristia Afifah

PDIP Bantul & Kota Yogyakarta Gelar Aksi Konsolidasi Protes Pembakaran Bendera Partai

Ristia Afifah

Ketua MWA UI Saleh Husin Yakin RSP UI Akan Maju & Berkembang Pesat

Ristia Afifah

CINB Niaga Berlakukan Protokol Cegah Penyebaran Virus Karyawannya Ada yang Positif Corona

Ristia Afifah

Andre Rosiade Sentil Pensiunan di BUMN hingga Bagi-bagi Kursi Tim berhasil Bahas Kinerja Erick Thohir

Ristia Afifah

Leave a Comment