25.6 C
Jakarta
Saturday, Apr 4, 2020
Image default
Otomotif

Ketahui Empat Biang Kerok Pemicu Kompresi Mesin Jadi Bocor

Untuk memperoleh tenaga mesin maka dibutuhkan proseskompresidi mesin. Kompresiadalah suatu proses memampatkan campuran bahan bakar dan udara di ruangsilinder. Namun, seiring pemakaian waktu, makakompresidi ruangsilinderbisabocorakibat beberapa komponen yang mulai rusak.

Kompresiyangbocormerupakan suatu kerugian yang mengakibatkan menurunnya tenaga mesin. Setidaknya, ada 4 penyebab utama yang membuatkompresimesin jadibocor. Inilah keempat penyebabnya :

Di ruang silinder, piston terus bergesekan dengan dinding silinder. Lama kelamaan maka piston akan mengalami keausan dan celah antara piston dan dinding silinder akan semakin besar. "Cepat atau tidaknya keausan celah antara dinding piston dan piston terjadi bisa juga diakibatkan oleh pelumasan yang kurang baik. Dari celah ini membuat kompresi bisa menjadi bocor," buka Didi Ahadi selaku Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada GridOto.com.

Biasanya bila keausan sudah parah maka dilakukan oversize atau membesarkan piston. Ring piston yang aus juga menjadi salah satu penyebab kompresi mesin bisa bocor. Komponen ini juga bergesekan dengan dinding silinder sehingga lama kelamaan akan mengalami keausan.

Ring piston yang fungsinya penting untuk menekan gas bakar di ruang silinder memiliki celah. Semakin besar celah ring kompresi maka kompresi mesin akan semakin bocor. Linersilinderdi blok mesin menjadi tempat naik turunnyapiston.

"Kemungkinan linersilinderbaret atau tergores bisa saja terjadi karena beberapa hal. Dan hal ini haram bagi mesin karena akan membuat kerusakan sepertikompresibocordan mobil menjadi ngebul karenaolimesin ikut terbakar," tambah Didi. Selain itu juga penggunaan filter udara yang tidak standar akan membuat partikel debu halus masuk ke mesin dan membuat linersilindertergores. Komponen mesin keempat yang menyumbang kebocorankompresiadalahklepmesin.

Klepmesin yangbocordengan dudukanklepbisa diakibatkan oleh menumpuknya kerak karbon. "Kerak karbon yang menumpuk membuatkleptidak menutup rapat dan ini juga membuatkompresibisabocorkeluar," tutupnya.

Baca Lainnya

Pedangang Mobkas Jadi Malas Jualan Datsun Jarang Dilirik Konsumen

Ristia Afifah

Pacu Mobil dengan Kecepatan Tinggi di Jalan Sempit hingga Tengah Hutan Mengenal Balap Mobil Rally

Ristia Afifah

CustoMAXI x Yamaha Heritage Built Menantang Nyali Modifikator Yamaha

Ristia Afifah

Esemka Buka Showroom Perdana Dari Hari Ini

Ristia Afifah

Dijual dari Rp 190 Juta Lihat Spesifikasinya di Sini Update Harga Terbaru Toyota Avanza

Ristia Afifah

Begini Tips Merawat Ban Sepeda Motor Jangan Biarkan Gundul

Ristia Afifah

Honda BeAT hingga Monkey Harga Motor Honda Terbaru Bulan Januari 2020

Ristia Afifah

Rilis Xpander Cross 2019 Harga & Spesifikasi Mobil Bekas Mitsubishi Xpander

Ristia Afifah

Honda Forza Termahal hingga Rp 81 Jutaan Daftar Lengkap Harga Motor Honda Desember 2019

Ristia Afifah

The New Range Rover Evoque Meluncur, Indonesia Hanya Dapat Jatah 15 Unit

Ristia Afifah

Adira Finance Prediksi Pertumbuhan Pembiayaan Tahun Ini Stagnan Industri Otomotif Lesu

Ristia Afifah

Masalah Bahan Bakar Jadi Alasan Volkswagen Tak Jual Golf di Indonesia

Ristia Afifah

Leave a Comment