31 C
Jakarta
Thursday, Jul 9, 2020
Image default
Otomotif

Ketahui Empat Biang Kerok Pemicu Kompresi Mesin Jadi Bocor

Untuk memperoleh tenaga mesin maka dibutuhkan proseskompresidi mesin. Kompresiadalah suatu proses memampatkan campuran bahan bakar dan udara di ruangsilinder. Namun, seiring pemakaian waktu, makakompresidi ruangsilinderbisabocorakibat beberapa komponen yang mulai rusak.

Kompresiyangbocormerupakan suatu kerugian yang mengakibatkan menurunnya tenaga mesin. Setidaknya, ada 4 penyebab utama yang membuatkompresimesin jadibocor. Inilah keempat penyebabnya :

Di ruang silinder, piston terus bergesekan dengan dinding silinder. Lama kelamaan maka piston akan mengalami keausan dan celah antara piston dan dinding silinder akan semakin besar. "Cepat atau tidaknya keausan celah antara dinding piston dan piston terjadi bisa juga diakibatkan oleh pelumasan yang kurang baik. Dari celah ini membuat kompresi bisa menjadi bocor," buka Didi Ahadi selaku Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada GridOto.com.

Biasanya bila keausan sudah parah maka dilakukan oversize atau membesarkan piston. Ring piston yang aus juga menjadi salah satu penyebab kompresi mesin bisa bocor. Komponen ini juga bergesekan dengan dinding silinder sehingga lama kelamaan akan mengalami keausan.

Ring piston yang fungsinya penting untuk menekan gas bakar di ruang silinder memiliki celah. Semakin besar celah ring kompresi maka kompresi mesin akan semakin bocor. Linersilinderdi blok mesin menjadi tempat naik turunnyapiston.

"Kemungkinan linersilinderbaret atau tergores bisa saja terjadi karena beberapa hal. Dan hal ini haram bagi mesin karena akan membuat kerusakan sepertikompresibocordan mobil menjadi ngebul karenaolimesin ikut terbakar," tambah Didi. Selain itu juga penggunaan filter udara yang tidak standar akan membuat partikel debu halus masuk ke mesin dan membuat linersilindertergores. Komponen mesin keempat yang menyumbang kebocorankompresiadalahklepmesin.

Klepmesin yangbocordengan dudukanklepbisa diakibatkan oleh menumpuknya kerak karbon. "Kerak karbon yang menumpuk membuatkleptidak menutup rapat dan ini juga membuatkompresibisabocorkeluar," tutupnya.

Baca Lainnya

Tembus 166 Km/h Traktor Ini Capai Rekor Kecepatan Traktor Tertinggi Dinaiki Pembalap Inggris

Ristia Afifah

Lilis Jalan-jalan Gratis menuju Jepang Beli New Carry Pick Up

Ristia Afifah

Pertama Lakukan Observasi hingga Cek Harga sesuai Kemampuan 6 Tips Beli Mobil Baru

Ristia Afifah

UD Trucks Serah Terima 64 Unit Truk Quester ABS menuju Pelanggan Loyal Trans Migasindo

Ristia Afifah

Harga Terbaru Motor Honda Matic 2019 Bulan Juli, Dibandingkan Yamaha, Kymco, Vespa Piaggio, Benelli

Ristia Afifah

Video Oknum Driver Ojek Online Tampar Penumpang, Diduga Kesal Karena Dicuekin

Ristia Afifah

Mitsubishi capai Peringkat Pertama Indeks Kepuasan Penjualan JD Power 2019

Ristia Afifah

Lamborghini Hentikan Produksi di Italia Akibat Virus Corona

Ristia Afifah

300 Kontestan Ramaikan Kompetisi Modifikasi IAMMBtech 2019

Ristia Afifah

Masalah Bahan Bakar Jadi Alasan Volkswagen Tak Jual Golf di Indonesia

Ristia Afifah

11 Tips Bengkel CARfix buat Tangani Mobil yang ludes Terendam Banjir

Ristia Afifah

Festival Avanza Veloz Sebangsa ke-11 Meriahkan Summarecon Mall Bekasi

Ristia Afifah

Leave a Comment