34.1 C
Jakarta
Tuesday, May 26, 2020
Image default
Otomotif

Ketahui Empat Pangkal Pemicu Radiator Mobil Alami Kebocoran

Bagi beberapa pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat pasti tidak asing lagi dengan namanya 'Radiator'. Yup, sebuah komponen pada kendaraan yang memiliki fungsi untuk menjaga suhu mesin tetap optimal agar tidak overheat. Namun apakah kalian tahu, apa yang menyebabkanradiatorbisa bocor dan mengakibatkan suhu mesin tidak optimal kembali.

Tri Haryantoselaku mekanik sekaligus pemilik bengkelMekanik Otodidakyang beralamatkan diSidorejo, Sajen, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah,saat dihubungi mengatakan ada empat penyebabradiatorbocor. "Pertama, usia pemakaian radiator. Artinya jika radiator selalu dirawat dengan baik maka usianya bisa mencapai 10 tahun," jelasnya melalui pesan singkat. Namun tidak sedikit juga yang menginjak usia pemakaian lima tahun radiator sudah bermasalah. Hal semacam itu sudah wajar, jelas lelaki yang akrab disapa TH.

Kedua, saluran radiator yang terhambat akibat penggunaan air biasa. "Penggunaan air biasa memang tidak dipermasalahkan namun harus diketahui bahwa lama kelamaan akan muncul endapan kotoran yang bisa menghalangi jalur distribusi air radiator," jelas TH. Agar menjaga jalur air radiator dalam keadaan aman, TH menyarankan untuk mengecek kondisinya tiap 30.000 km atau 40.000 km.

Ketiga, rusaknya kisi kisi radiator yang disebabkan oleh tekanan benda asing. "Radiator yang diletakan pada bagian depan mobil bertujuan untuk menangkap udara sebagai pendingin cairan yang sedang bersirkulasi. Namun dengan posisi seperti ini besar kemungkinan radiator akan terkena benda asing, misal kerikil," bebernya. Hal semacam itu yang akan membuat air radiator tidak bisa bersirkulasi dengan baik, bahkan jika tekanan sangat kencang bisa membuat kebocoran kecil pada kisi kisi radiator.

Terakhir, adalah sparepart radiator yang getas. "Sparepartradiatoryang mudah getas adalah selangradiatoryang terbuat dari karet dan tabung reservoir yang terbuat dari plastik," ungkapnya. Selangradiatordan tabung plastik yang terkena panas terus menerus bisa memicu keretakan dan akhirnya menyebabkan kebocoran pada sistemradiator.

"Oleh sebab itu, jika mobil sedang melakukan servis berkala beberapabagian tersebut selalu diperiksa mekanik untuk memastikanradiatordalam keadaan aman," pungkas TH.

Baca Lainnya

Selain Mobil dan Motor Terbaru, Produk Maritim Juga Bakal Tampil di IIMS 2019

Ristia Afifah

Kendala Volkswagen Boyong Kendaraan Listrik menuju Indonesia

Ristia Afifah

Masalah Bahan Bakar Jadi Alasan Volkswagen Tak Jual Golf di Indonesia

Ristia Afifah

Festival Avanza Veloz Sebangsa ke-11 Meriahkan Summarecon Mall Bekasi

Ristia Afifah

Organda Protes Larangan Bus & Truk melalui Jalan Tol Layang Cikampek

Ristia Afifah

Pacu Mobil dengan Kecepatan Tinggi di Jalan Sempit hingga Tengah Hutan Mengenal Balap Mobil Rally

Ristia Afifah

Hypebies Gandeng Tomoci Gelar Pameran Toys dan Models

Ristia Afifah

Mulai Rp 140 Jutaan Daftar Volvo XC90 Seken Terbaru

Ristia Afifah

Harga Mobil Tesla Bakal Lebih Murah 10 Persen Dapat Insentif Pajak

Ristia Afifah

Lilis Jalan-jalan Gratis menuju Jepang Beli New Carry Pick Up

Ristia Afifah

Muncul Foto Foto Asli Suzuki Suzuki Gixxer SF 250 Lagi Nangkring Di Dealer

Ristia Afifah

Mana yang Anjlok Harganya antara Mobil Bekas Wuling Confero S, Avanza, dan Xpander

Ristia Afifah

Leave a Comment