26.3 C
Jakarta
Friday, Jan 24, 2020
Image default
Bisnis

Ketahuilah Pengelolaan dan Perhitungan Suku Bunga Deposito Bank Agar Jadi Nasabah yang Cermat

Deposito adalah salah satu produk bank yang memiliki suku bunga yang tinggi. Berbeda dengan bunga kredit, bunga deposito memeliki pengelolaan dan perhitungan sendiri. Meskipun bunga pada deposito bank berbeda-beda, tetapi pengelolaan dan perhitungannya tetaplah sama. Untuk itu, agar Anda lebih cermat dalam memilih deposito dan mampu memperoleh keuntungan yang maksimal, kami telah siapkan ulasan mengenai pembahasan sistem pengelolaan dan perhitungan bunga deposito sebagai berikut:

Pengelolaan Suku Bunga Deposito Bank

Jika kita mengikuti deposito yang berjangka waktu 3 bulan, maka dana yang kita simpan hanya dapat digunakan atau ditarik setelah jangka waktu 3 bukan tersebut habis. Lalu, apa bunga depositonya juga bisa kita ambil juga? Jawabannya belum tentu, karena ini bergantung pada kebijakan bank. Bisanya Anda dapat memilih untuk mengambil bunga per bulan atau mengakumulasikannya hingga jatuh tenpo deposito. Kemudian, berikut ini beberapa pilihan pengelolaan bunga deposito yang biasanya disediakan bank:

Non-Automatic Rollover (Non-ARO)

Pengelolaan suku bunga deposito bank dengan sistem non-ARO ini berarti deposito berakhir saat jatuh tempo sesuai perjanjian awal, sedangkan bunganya dapat ditarik per bulan dan ditransferkan pada rekening tertentu. Sistem ini juga memungkinkan penarikan bunga dilakukan bersamaan dengan penarikan deposito saat jatuh tempo.

Automatic Rollover (ARO)

Pengelolaan bunga deposito ARO ini merupakan pengelolaan dengan sistem perpanjangan deposito secara otomatis. Misalnya, Anda menaruh deposito sebesar Rp. 5 juta dengan jangka waktu 3 bulan dnwgan sistem ARO, lalu 3 bulan pertama sudah ditarik, maka deposito secara otomatis akan diperpanjang untuk tiga bukan kedepannya. Dalam pengelolaan ARO, bunga depositnya dapat diatur untuk ditarik dengan ditransfer ke rekening tabungan secara otomatis atau ditarik setiap akhir jatuh tempo.

Automatic Rollover Plus (ARO+)

ARO+ adalah pengelolaan bunga deposito yang dikembangkan dari sistem ARO. Dalam pengelolaan ARO+, dana pokok dalam deposito beserta bunga yang diperoleh dari periode awal akan langsung diperpanjang ke periode selanjutnya apabila tidak ditarik. Misalnya, Anda menaruh deposito Rp. 15 juta untuk jangka waktu 3 bulan, maka jika tidak ditarik maka dana tersebut secara otomatis langsung menjadi dana pokok untuk perpanjangan ke periode selanjutnya.

Perhitungan Bunga Deposito

Besaran suku bunga deposito bank bergantung pada tenor (jangka waktu) dimulai dari 1 bukan, 3 bukan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Besaran bunga deposito dapat Anda ketahui dengan mencari informasi di website atau datang ke kantor bank terkait. Kemudian, berkaitan dwngan perhitungan bunga deposito perlu Anda ketahui bahwa perhitungannya tidak bisa asal dikalikan dengan jumlah uang yang didepositokan. Selain itu, tidak semua deposito bebas pajak, deposito dengan besaran diatas Rp. 7,5 juta akan dikenakan pajak sebesar 20%. Lalu, untuk mengetahui besaran keuntungan dari bunga deposito berikut ini terdapat rumus perhitungan yang dapat Anda gunakan:

Perhitungan bunga deposito pertenor sebelum pajak

Total bunga= besaran deposito x bunga pertahun x (tenor/12) x 100

Misalnya, jika Anda menyimpan deposito sebesar Rp. 3 juta dengan bunga 3% dan tenor 3 bulan, maka perhitungannya:

Total bunga = 3.000.000 x 3% x (3/12) x 100% = 22.500

Kemudiwn karena deposito Anda kurang dari Rp. 7,5 juta maka tidam dikenakan pajak 20%

Perhitungan bunga deposito perbulan setelah pajak.

Total bunga= besaran jumlah deposito x besaran bunga pertahun x (30/365) x 80%

Misalnya, jika Anda mengambil depsitondengan tenor 3 bulan sebesar Rp. 10 Juta dengan bunga sebesar 6%, maka:

Total bunga= 10.000.000 x 6% x (30/365) x 80% = 39.452

Rumus tersebut sudah termasuk dengan potongan pajak sebesar 20% sehingga Anda tinggal mengalikan nya selama tiga bulan 39.452 x 3 = 118.356

Itulah ulasan singkat mengenai pengelolaan dan perhitungan bunga deposito bank. Jadilah nasabah cerdas, perhitungkan peluang dan pilih deposito sesuai dengan kebutuhan Anda, semoga bermanfaat!

Baca Lainnya

Desainer Property Global asal Inggris Mulai Garap Pasar Indonesia

Ristia Afifah

Tunjang Kenyamanan Mudik Nasabah dengan Sompo Mudik Program

Ristia Afifah

SMF Gandeng Driver Taksi Online Perluas Akses KPR

Ristia Afifah

Prudential dan Ovo Umumkan Kemitraan Strategis di Indonesia

Ristia Afifah

Menteri Budi Targetkan Lima Pelabuhan Bebas Korupsi

Ristia Afifah

Kemenristek Dikti Sambut Baik GOJEK Berikan Beasiswa menuju Mitra Driver

Ristia Afifah

Destinasi Laut Kelas Dunia Bakal Hadir di Bunaken Kementerian PUPR

Ristia Afifah

Kembangkan Teknologi UAV, Garuda Target Operasikan 100 Pesawat Kargo Udara Nirawak Pada 2024

Ristia Afifah

Menhub Dijadwalkan Tinjau Dermaga Pelabuhan Muara, Ajibata dan Ambarita di Danau Toba

Ristia Afifah

Tol Layang Japek Perlu Batasi Kecepatan & Bebas Truk ODOL Pengamat

Ristia Afifah

Pemerintah Naikkan Lagi Tarif Tol Jagorawi Pekan Depan

Ristia Afifah

Sederet Pekerjaan Rumah Erick Thohir dalam Memimpin Kementerian BUMN

Ristia Afifah

Leave a Comment