28.2 C
Jakarta
Monday, Mar 30, 2020
Image default
Internasional

Kisah Mereka yang Pernah Dihukum Kebiri, Psikolog Ungkap Efek Pelaku seusai Bebas: Ada Kebencian

Hukuman kebiri kimia tengah santer dibicarakan seusai Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto memvonis pelaku pemerkosaan yaitu Muh Aris (20) untuk dihukum kebiri. Aris, seorang tukang las asal Dusun Mengelo, Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, disebutkan telah melakukan pencabulan pada 9 balita. Ia melakukan aksinya sejak tahun 2015 dan baru diringkus polisi pada 26 Oktober 2018.

Sedangkan hukuman kebiri untuk pelaku pedofil ini pertama kalinya di Indonesia. Menelisik hukuman kebiri di luar negeri, ternyata hukuman serupa juga pernah dilakukan di Inggris danKazakhstan. Saat itu, homoseksual di Inggris disebut pelanggaran.

Sehingga Turing diberi hukuman kebiri kimia dan selama 12 bulan terapi atau penjara. Setelah ia dibebaskan, dengan catatan kriminal, dia tidak akan pernah lagi dapat bekerja untuk Kantor Pusat Komunikasi Pemerintah (GCHQ), pusat pemecah kode pemerintah pasca perang Inggris. Turing pun melanjutkan sisa kariernya yang singkat di Manchester.

Hingga tak sampai dua tahun semenjak bebas dari penjara, Turing ditemukan tewas di tempat tidurnya dengan diagnosa racun sianida. Vonis resmi adalah bunuh diri, tetapi tidak ada motif yang ditetapkan pada pemeriksaan tahun 1954. Kematiannya sering dikaitkan dengan hukuman kebiri kimia yang diterimanya.

Namun dia meninggal lebih dari setahun setelah dosis hormon berakhir. Dan tidak ada bukti sama sekali yang menunjukkan bahwa Turing bunuh diri karena hasrat atau pikirannya terganggu. Sehingga diagnosa Turing stres atau depresi karena hukuman kebiri kimia dibantah.

Pada awal abad ke 21 penuntutan Turing karena gay menjadi ramai dibahas. Hingga tahun 2009 Perdana Menteri Inggris Gordon Brown, berbicara atas nama pemerintah Inggris, secara terbuka meminta maaf atas hukuman kebiri kimia kepada Turing. Empat tahun kemudian Ratu Elizabeth II memberikan Turing pengampunan kerajaan.

Ia lalu dikurung selama 15 tahun di sebuah penjara yang terkenal dengan rezim ketatnya. Yerkinbek Alimbekov saat melakukan kejahatan memancing korban dengan menunjukkan anak anjing dan membawanya ke halaman. Di situ ia melakukan kejahatan seksualnya.

Saat berusaha memperkosa korban, seorang mahasiswi mendengar dan memanggil polisi. Yerkinbek Alimbekov dihukum suntik kebiri, dengan memasukkan cairan Cyproterone, anti androgen steroid yang dikembangkan untuk melawan kanker, untuk digunakan untuk pengebirian kimia pedofil. Ahli Urologi Dr Mirzakhmet Zhanadilov mengatakan obat tersebut menyebabkan penurunan libido.

Namun, ia memperingatkan bahwa itu tidak akan menghasilkan efek yang sama pada mereka yang disuntik. Ia menjelaskan bahwa mungkin untuk orang lain tidak memberikan pengaruh. “Bagi mereka, kita tidak hanya menggunakan obat tetapi juga mengontrol testosteron," paparnya.

Tetapi psikolog Gulnara Aytnzhanova memperingatkan pengebirian bahan kimia akan menyebabkan pedofil mengeluarkan kemarahan mereka menggunakan kekerasan. "Akan ada kebencian, kebencian terhadap masyarakat, kebencian (terhadap) orang lain," ujar Gulnara Aytnzhanova.

Baca Lainnya

Badai Dorian, Wanita Ini Selamatkan 97 Anjing Jalanan dengan Aksi Heroiknya

Ristia Afifah

Video Penampakan Cahaya Melintas Lalu Hilang di Langit Singapura & Malaysia UFO

Ristia Afifah

Kenekatan Guru Meminang Artis Ini Bernasib Sangat Manis di Kursi Pelaminan Semula Tak Percaya Diri

Ristia Afifah

Parade Perayaan Kaisar Baru Jepang Berlangsung 22 Oktober 2019

Ristia Afifah

Kim Jong Un Akhirnya Muncul Hilang di Tengah Wabah Corona & Isu Penembakan Pejabat Korea Utara

Ristia Afifah

7 Juta Habiskan Uang hingga Rp 146 Lisa Anderson Mengaku Ketagihan Makan Bedak Bayi

Ristia Afifah

Stadion Olahraga Nasional Jepang Diresmikan di Mana Letak Tempat Obor Olimpiade

Ristia Afifah

Jepang akan Tetap Bantu Pengembangan Pulau-pulau Terpencil di Indonesia Kesepakatan Dua Menlu

Ristia Afifah

Meghan Markle & Harry Sebenarnya Terpaksa Mundur dari Kerajaan Ada Ketegangan Internal [POPULER]

Ristia Afifah

Korban Salah Tangkap Kasus Perampokan di Jepang Sempat Dipenjara 300 Hari Keisuke Doi

Ristia Afifah

‘In every scene you are my star!’ Ucapan Spesial Barack Obama di Hari Ulang Tahun Michelle Obama

Ristia Afifah

Tayang di Big Movies GTV Pukul 22.00 WIB Kisah Bryan Mills yang Diburu CIA dalam film Taken 3

Ristia Afifah

Leave a Comment