31 C
Jakarta
Thursday, Jul 9, 2020
Image default
Nasional

KPK Periksa Tenaga Ahli Politisi PAN Terkait Suap Dana Perimbangan Pegunungan Arfak Papua

Tenaga ahli anggota DPR RI Sukiman, Suprapto, diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pengurusan dana perimbangan pada APBN P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua. "Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk SUK (Sukiman)," ujar Juru bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (9/9/2019). Sebelumnya, KPK juga pernah mengonfirmasi tenaga ahli dari politisi PAN yang lain, yakni Suherlan dalam kasus yang sama beberapa waktu lalu.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Anggota Komisi XI DPR Fraksi PAN Sukiman dan Pelaksana Tugas dan Penanggung Jawab Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pegunungan Arfak Natan Pasomba sebagai tersangka. Tersangka Sukiman selaku anggota DPR 2014 2019 diduga menerima sesuatu, hadiah, atau janji terkait dengan pengurusan dana perimbangan pada APBN P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak. Pihak Pemkab Pegunungan Arfak melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengajukan dana Dana Alokasi Khusus (DAK) pada APBN P 2017 dan APBN 2018 ke Kementerian Keuangan.

Pada proses pengajuan, Natan Pasomba bersama sama pihak rekanan (pengusaha) melakukan pertemuan dengan pegawai Kementerian Keuangan untuk meminta bantuan. Pihak pegawai Kementerian Keuangan kemudian meminta bantuan kepada Anggota DPR, Sukiman. Diduga, terjadi pemberian dan penerimaan suap terkait dengan alokasi anggaran Dana Alokasi Khusus/Dana Alokasi Umum/Dana Insentif Daerah untuk Kabupaten Pegunungan Arfak Tahun Anggaran 2017 2018. Pemberian dan penerimaan suap ini dilakukan dengan tujuan mengatur penetapan alokasi anggaran dana perimbangan dalam APBN P Tahun 2017 dan APBN Tahun 2018 di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

Natan Pasomba diduga memberi uang dengan tujuan mendapatkan alokasi dana perimbangan untuk Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. Natan Pasomba diduga memberi uang Rp4,41 miliar dalam bentuk mata uang rupiah sejumlah Rp3,96 miliar dan valas USD33.500. Jumlah itu merupakan commitment fee sebesar 9 persen dari dana perimbangan yang dialokasikan untuk Kabupaten Pegunungan Arfak.

Dari sejumlah uang tersebut, Sukiman diduga menerima sejumlah Rp2,65 miliar dan USD22 ribu. Sukiman diduga menerima suap ini antara Juli 2017 sampai dengan April 2018 melalui beberapa pihak sebagai perantara. Dari pengaturan tersebut, akhirnya Kabupaten Pegunungan Arfak mendapatkan alokasi DAK pada APBN P 2017 sebesar Rp49,915 miliar dan mendapatkan alokasi DAK pada APBN 2018 sebesar Rp79,9 miliar. Penetapan status tersangka terhadap keduanya merupakan pengembangan dari perkara sebelumnya.

Dimana, KPK telah lebih dulu menjerat empat tersangka sebelumnya yang terdiri dari Anggota Komisi ‎XI DPR Amin Santono, pihak swasta Eka Kamaluddin, Kasie Pengembangan dan Pendanaan Kawasan dan Pemukiman pada Kemenkeu Yaya Purnomo, serta kontraktor Ahmad Ghiast. Kini status keempatnya telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor Jakarta.

Baca Lainnya

Kejagung Kemungkinan Pakai Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang Korupsi Jiwasraya

Ristia Afifah

Ini Sosok yang Disebut Tjipta Lesmana di Peringkat Tertinggi Jadi Pemimpin Ibu Kota Baru Bukan Ahok

Ristia Afifah

Rocky Gerung Komentari Erick Thohir ‘Cuma Cari Panggung’ Setelah Pecat Ari Askhara dari Garuda

Ristia Afifah

‎Kompolnas Harapkan Pejabat yang Hadiri Sertijab di Rutapama Mabes Polri Segera Lakukan Tes Covid-19

Ristia Afifah

Tanggapan Perum PPD Terkait Tayangan Video Di Bus Transjakarta

Ristia Afifah

Harus Dibicarakan BREAKING NEWS Jokowi Wanti-wanti Kepala Daerah Tentang Kebijakan Terkait Covid-19

Ristia Afifah

#Gubernurbodoh Jadi Trending Viral Video & Foto Antrean Panjang Penumpang TransJakarta & MRT

Ristia Afifah

Luhut Bongkar Percakapan Keduanya Erick Thohir Dituding Dapat Untung dalam Kasus Jiwasraya

Ristia Afifah

Mkn Lulus Cumlaude MH SH Jalani Sidang Promosi Terbuka S3 Ketum PWRI Suriyanto PD

Ristia Afifah

Oh Antek Asing Rocky Gerung senang Drakor Ditanya Soal Film Jawaban Fadjroel Rachma Ditanggapi Rosi

Ristia Afifah

Jangan Silau Menantu Jokowi Maju Pilkada 2020 Jansen Sitindaon Beri Imbauan Masyarakat Medan

Ristia Afifah

Soal TVRI SMP 8 Juni Ada Beberapa Fasilitas yang Mendukung Sahabat Disabilitas buat Beraktivitas

Ristia Afifah

Leave a Comment