26.1 C
Jakarta
Friday, Jan 24, 2020
Image default
Otomotif

Mana yang Anjlok Harganya antara Mobil Bekas Wuling Confero S, Avanza, dan Xpander

Sejak diluncurkan pertengahan 2017 lalu, Wuling Confero seolah menggebrak pasar otomotif Tanah Air karena harganya yang murah dengan fitur yang berlimpah. Namun statusnya yang merupakan mobil 'China', membuatnya masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Maklum,produkChina sebelumnya memiliki sejarah yang kurang baik, lantaran dianggap memiliki kualitas yang rendah meski harganya jauh di bawah rata rataproduk Jepang.

Selain itu, pertimbangan resale value alias harga jual kembali mobil China di pasaran juga tidak bisa dihilangkan begitu saja. Lantas coba membandingkan harga bekas Wuling Confero saat ini mengacu dari kanal Pricelist GridOto.com, yang mana harga tersebut dihimpun dari pedagang mobil bekas area Jakarta dan sekitarnya. Ambil contoh varian tertingginya yaitu Wuling Confero S 1.5 L yang pada saat diluncurkan di 2017 lalu dengan harga Rp 162,9 juta on the road DKI Jakarta.

Dalam rentang waktu belum genap dua tahun dari peluncurannya, ternyata harga bekasnya di Mei 2019 ada di kisaran Rp 150 juta. Artinya terjadi depresiasi sebesar 7,92 persen atau turun sebesar Rp 12,9 juta dari harga barunya di 2017. Lantas, apakah hasil tersebut buruk jika dibandingkan dengan kompetitor kompetitornya yang berasal dari pabrikan Jepang?

Eits ternyata tidak, depresiasi harga Wuling Confero ini bisa dibilang lebih baik dari Toyota Avanza yang merupakan raja di segmen low MPV. Ambil contoh Avanza Veloz 1.5 A/T yang memiliki depresiasi sebesar 27,96 persen dari harga barunya di 2017 yakni Rp 236 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya. Harga bekasnya saat ini berada di kisaran Rp 170 juta, atau terjadi penurunan kurang lebih sebesar Rp 66 juta pada Mei 2019 lalu.

Begitupun resale value dari Wuling Confero juga sedikit lebih baik dari Mitsubishi Xpander Ultimate A/T lansiran 2017 yang harga bekasnya pada Mei 2019 adalah Rp 220.000.000. Terjadi depresiasi sebesar 9,96 persen atau Rp 24,35 juta dari harga barunya pada saat diluncurkan yaitu Rp 244,35 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca Lainnya

Suzuki Jimny Generasi Baru sudah Bersileweran di Situs Jual Beli Mobkas

Ristia Afifah

Surganya Pecinta Yamaha RX King, Diler Komplit Dan Part Orisinal Harga Terjangkau

Ristia Afifah

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2016 Ingin Interior Elegan, Gibran Pilih Giorgio

Ristia Afifah

Faeroz Finish Ke 4 Di Kelas AP250 ARRC 2019 Thailand Race 1

Ristia Afifah

Harga Toyota Raize yang Digadang-gadang Kembaran Daihatsu Rocky

Ristia Afifah

Ada Tawaran Bunga Nol Persen Buat Pembelian Xpander Dan Pajero Sport Di Pameran Srikandi Fair

Ristia Afifah

Toyota Uji Kendaraan Berteknologi Elektrifikasi Melalui 5 Continents Drive di Indonesia

Ristia Afifah

Organda Protes Larangan Bus & Truk melalui Jalan Tol Layang Cikampek

Ristia Afifah

Harga Termasuk BBNKB Terbaru Outlander PHEV Kantongi Lebih Dari 40 SPK

Ristia Afifah

Pacu Mobil dengan Kecepatan Tinggi di Jalan Sempit hingga Tengah Hutan Mengenal Balap Mobil Rally

Ristia Afifah

Suzuki Belum Bisa Pastikan Kerjasama dengan Toyota Soal Mobil Model Baru

Ristia Afifah

Pertamina Angkat Bicara Solar Langka di Daerah

Ristia Afifah

Leave a Comment