31 C
Jakarta
Thursday, Jul 9, 2020
Image default
Techno

Mengapa WhatsApp Tak Bisa Dipakai Lagi di Smartphone Ini dari 1 Februari 2020 Akhirnya Terungkap

Saat ini aplikasiWhatsAppdijadikan andalan bagi sebagian besar orang untuk berkomunikasi. WhatsAppsendiri merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar pesan atau melakukan panggilan tanpa biaya SMS atau telepon. Namun, untuk beberapa bulan mendatang, penggunaponseltertentu mungkin tak akan bisa mengaksesWhatsApplagi.

SebabWhatsAppakan menghentikan dukungannya untuk sejumlah versiAndroiddaniOS. Menurut laman FAQ layanan pengiriman pesan instan milik Facebook tersebut tertulis bahwa pengguna yang tidak memenuhi syarat minimal versi sistem operasi tidak akan lagi bisa membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang sudah ada. Hal tersebut mulai berlaku pada 1 Februari 2020 mendatang.

Versi sistem operasi yang dimaksud adalah iPhone denganiOS8 dan sebelumnya serta semua ponselAndroiddengan OSAndroid2.3.7 alias Gingerbread dan yang lebih lama. Artinya, jikaWhatsAppsaat ini aktif di perangkatiOS8, Anda hanya bisa menggunakannya sampaibeberapa bulan lagi. "DiiOS8, Anda tidak dapat lagi membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada," tulisWhatsAppdalam lamannya.

Jadi pengguna iPhone akan membutuhkaniOS9 atau lebih baru untuk menggunakanWhatsApp. "Untuk pengalaman terbaik, kami sarankan Anda menggunakan versi terbaruiOSyang tersedia untuk ponsel Anda," tambahWhatsApp. "Kami tidak secara eksplisit membatasi penggunaan perangkat yang di jailbreak atau di unblocked. Namun, karena modifikasi ini dapat memengaruhi fungsionalitas perangkat Anda, kami tidak dapat memberikan dukungan untuk perangkat yang menggunakan sistem sistem operasi iPhone yang sudah dimodifikasi," tambahnya.

NamunWhatsAppmenerangkan pengguna ponsel dengan sistem operasi di atas akan dapat terus menggunakanWhatsApphingga 1 Februari 2020. (*) WhatsApp terus mengembangkan aplikasinya untuk membuat penggunanya nyaman. Baru baru ini, muncul fitur baru di WhatsApp, di mana WhatsApp Status bisa langsung terkoneksi dengan Facebook Story. Bagaimana caranya? Simak langkah langkah berikut ini. WhatsApp telah merilis fitur barunya untuk menautkan langsung WhatsApp Status ke Facebook Story.

Fitur ini sudah bisa dijajal oleh beberapa pengguna WhatsApp di Indonesia. Namun, apabila fitur itu belum muncul di aplikasi WhatsApp, kemungkinan persebaran pembaruannya belum merata. Atau versi WhatsApp di perangkat Android dan iOS yang dimilki belum diperbarui.

Dirangkum dari berbagai sumber, Opsi membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story hadir secara khusus ( dedicated ). Namun, sejatinya status tersebut tidak bisa dibagikan ke aplikasi lain, termasuk aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook, seperti Twitter atau Telegram. Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur ini?

Opsi itu akan muncul setelah berhasil menggunggah status baru. Untuk membagikannya ke Facebook Story, cukup klik pilihan tersebut dan secara otomatis akan tersambung ke aplikasi Facebook. Agak berbeda dengan WhatsApp Status lama yang sudah tertimpa status baru atau telah diunggah beberapa jam lalu.

Untuk WhatsApp Status versi lama, opsi membagikan ke Facebook Story bisa ditemukan dengan mengklik ikon titik tiga di sebelah kanan status untuk varsi Android, dan opsi "My Status" di iOS. Kemudian pilih opis "bagikan ke Facebook Story". Namun, kita harus login terlebih dahulu dengan akun Facebook.

Setelah terhubung ke Facebook akan muncul foto profil lengkap dengan pengaturan privasi konten. Privasi itu bisa digunakan untuk menyaring, apakah Facebook Story bisa dilihat secara publik atau hanya akun yang berteman saja. Setelah diatur, kemudian pilih "bagikan sekarang".

Secara otomatis, WhatsApp Status akan muncul sebagai Facebook Story, lengkap dengan gambar dan keterangannya. Namun, ada beberapa hal yang dibatasi saat WhatsApp Status dibagikan ke Facebook Story. Khususnya untuk WhatsApp Status yang berisi link atau tautan.

Apabila dibagikan ke Facebook Stroy, tautan tersebut hanya akan muncul sebagai teks, lebih mirip dengan bidikan layar (screen shot). Artinya, tautan tersebut tidak bisa diakses secara langsung. Seperti WhatsApp, Facebook Story juga akan bertahan selama 24 jam.

Meskipun terkoneksi, kedua platform ini tidak saling berhubungan secara simultan. Artinya, jika WhatsApp Status asli dihapus, makan konten yang sama di Facebook Story akan tetap muncul. Jadi, pengguna harus menghapus satu persatu konten yang ingin dibatalkan unggahannya.

Fitur paling kontroversial di media sosial saat ini telah menghilang. Pasalnya tab following pada sudah tidak ada, berganti dengan halaman explore. Simak dampak dan keunggulan fitur following pada instagram.

Kini, tab following padakolom aktivitas di menghilang. Fitur 'following' pada instagram pasalnya digunakanuntuk melihat aktivitas akun followers dan following yang diikuti. Caranya denganmengakses melaluitab 'Activity' atau ikon hati yang berada di bagian bawah aplikasi (di mana bisa juga melihat notifikasilikesdanfollowersbaru) kemudian mengetuk kolomFollowing.

Namun sebagai penggantinya, kini sudah memiliki fitur baru melalui halamanExploredimana dalam tab tersebut disajikan dalam format yang lebih mudah diakses. Pada fitur 'following' menampilkan segala aktivitas penggunanya yang terjadi di . Baik beberapa menit yang lalu atau bahkan minggu lalu.

Dengan demikian, orang lain dapat melihat aktivitas seseorang di . Seperti mengetahui foto apa yang disuka, akun apa saja yang baru saja diikuti, hingga mengomentari sebuah unggahan. Hal ini sudah banyak dibahas dan isu privacy dalamrekam aktivitas tersebut dapat mengacaukan suatu hubungan.

Misalnya, saat seseorang menemukan bahwa pasangannnya menyukai foto wanita berbikini pada pukul tiga pagi. Bahkan ketika pengguna mengetahui bahwa anggota keluarga mereka menyukai konten konten mencurigakan yang membuat diri mereka tak nyaman. Pihak Instagram mengonfirmasi kepada BuzzFeed bahwa penghapusantabFollowingtelah dimulai sejak minggu lalu (6/10/2019).

Vishal Shah sebagai Head of ProductInstagram menyampaikan kepada media tersebut bahwa hanya sebagian kecil pengguna yang menyadari akan keberadaan fiturFollowing. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa kolom ini sebenarnya pernah ada. Lalu bagi pengguna yang termasuk dalam kelompok yang mengetahui keberadaantabFollowing, fitur ini mungkin lebih memberikan manfaat yang kurang baik.

"Tidak semuanya tahu jika aktivitasnya terekam ditab Following," kata Vishal Shah kepada BuzzFeed . "Sehingga, Anda setidaknya menyadari bahwa fitur ini sebenarnya tidak terlalu bermanfaat, namun secara bersamaan orang lain bisa terkejut ketika mengetahui bahwa selama ini aktivitas mereka di tercatat di sini." Beberapa menyayangkan penghapusan fitur ini, sebab dengan demikian hilang pula kesempatan mereka untuk 'menguntit' aktivitas orang orang yang mereka sukai melalui media sosial.

Hingga mengetahui kebiasaan teman teman mereka yang senang melihat video video aneh alih alih melakukan kegiatan lain di rumah. Penelitian esai terkait fitur ini telah dipublikasikan olehSlate. Menurutnya, hilangnyatab Following ini membuat kita sebagai warga kehilangan kesempatan berharga untuk melihat sisi lain yang tak biasa dari para figur publik saatberada di dunia maya.

Kendati demikian, kebiasaan untuk menyukai foto foto di sesuka hati mereka akan terus berlanjut seperti biasa. Kini, semua aktivitas following dan followers yang dilakukan di instagram tidak diketahui oleh orang lain.

Baca Lainnya

Menunjuk Michael Budi Sebagai CEO & Daniel Surya Sebagai Executive Chairman WIR Group

Ristia Afifah

Klik Doodle Google Bertema Pemilu Berisi Info Aturan Main Coblosan

Ristia Afifah

Galaxy A2 Core Hanya Bisa Dibeli Online, Ada Potongan Rp 50 Ribu

Ristia Afifah

Jeroan Samsung Galaxy M30s Tertera di Halaman Sertifikasi Android

Ristia Afifah

Aplikasi Solusi Keuangan Pengurus RW Mengenal WARSO

Ristia Afifah

Ada Potongan Harga yang Ditawarkan Xiaomi Cek Spesifikasi Lengkapnya Penjualan Perdana Redmi 8

Ristia Afifah

Alternatif Asyik Berkirim Pesan melalui Messenger Gem4me MarketSpace

Ristia Afifah

Z April 2020 S Y Simak Update Harga HP Vivo Seri V dari 1 Jutaan

Ristia Afifah

Galaxy A71 hingga Galaxy S20 Daftar Harga HP Samsung Terbaru Bulan Maret 2020

Ristia Afifah

Berikut 28 Game yang Akan Hadir di PlayStation 5 Inilah Wujud PS5 yang Dikenalkan Sony

Ristia Afifah

Berikut Spesifikasi Redmi 7A hingga Note 8 Pro 1 Juta Harga HP Xiaomi November 2019 dari Rp 1

Ristia Afifah

Ada Galaxy A & Galaxy Note Galaxy M  Galaxy S Daftar Harga Terbaru HP Samsung Januari 2020

Ristia Afifah

Leave a Comment