27.9 C
Jakarta
Sunday, Apr 5, 2020
Image default
Bisnis

Menhub Dijadwalkan Tinjau Dermaga Pelabuhan Muara, Ajibata dan Ambarita di Danau Toba

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara untuk meninjau rencana pengembangan infrastruktur transportasi di Danau Toba pada Minggu (28/7/2019) hari ini. Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan menjelaskan, kunker ini dilakukan karena wilayah tersebut menjadi salah satu daerah prioritas untuk dikembangkan Pemerintah sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia. "Dijadwalkan Menhub siang ini akan bertolak ke Danau Toba untuk meninjau langsung rencana pengembangan infrastruktur transportasi yang ada disana. Kementerian Perhubungan sangat mendukung program untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan," jelas Hengki di Jakarta, Minggu (28/7/2019).

Dari 10 kawasan Bali baru yang akan diwujudkan Pemerintah, terdapat empat kawasan yang menjadi prioritas untuk dikembangkan menjadi “Bali Baru” yaitu Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Danau Toba. Di Danau Toba, Menhub akan meninjau beberapa dermaga pelabuhan seperti di Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita. Direncanakan pada hari Senin besok (29/7/2019), Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara dan dijadwalkan Menteri Perhubungan akan mendampingi Presiden dalam kunjungannya tersebut.

Kementerian Perhubungan terus melakukan perbaikan baik dalam aspek keselamatan maupun pelayanan pada transportasi penyeberangan yang ada di Danau Toba Seperti Pelabuhan Muara, Ajibata, Ambarita dan pelabuhan lainnya yang menjadi pelabuhan untuk masyarakat dan wisatawan dari dan menuju ke Pulau Samosir dan sekitarnya. "Di sana Menhub juga akan meninjau kapal kapal di pelabuhan penyebrangan untuk mengecek apakah sudah melakukan SOP keselamatan dengan baik dan benar, sudah ada life jaket dan pendataan manifest yang jelas. Keselamatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan," ungkap Hengki. Saat ini, Pemerintah telah melakukan pembangunan pelabuhan penyebrangan di 8 (delapan) lokasi pelabuhan utama di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, yaitu pelabuhan Ajibata, Ambarita, Simanindo, Tigaras, Muara, Balige, Tongging dan Marbun Toruan.

Kemudian, membangun kapal penyeberangan sebanyak 3 unit kapal Ro Ro dan 1 Unit Bus Air, termasuk K.P Ihan Batak yang telah diresmikan. Pemerintah juga melakukan peningkatan kualitas SDM bagi para pengelola pelabuhan di KSNP Danau Toba. Sosialisasi keselamatan juga telah dilakukan melalui penerapan Bulan Keselamatan Pelayaran di Danau Toba, ramp check kapal, pembagian life jacket dan lifebuoy.

Baca Lainnya

Respons BCA Terhadap Penurunan Suku Bunga Acuan

Ristia Afifah

FTM Indopremier Gairahkan Investasi Milenial Jakarta

Ristia Afifah

Wanita Karir Aktif Jadi Dokter hingga Pebisnis berhasil Mengenal Sosok Fitrie Oktavia asal Makassar

Ristia Afifah

Harga Emas Antam Kembali Turun Rp 3.000 Per GraM Menjadi Rp 748.000

Ristia Afifah

Perhutani Sabet Penghargaan BUMN Branding and Marketing Award 2019

Ristia Afifah

Tujuh Rute Baru Dibuka Di Bandara Bandara AP II, Berikut Daftar Lengkapnya

Ristia Afifah

Yang Minta Tarif Ojol Naik Hanya Driver Jabodetabek Kemenhub

Ristia Afifah

Kemenperin Dorong Industri Dorong Ketersedian Pasokan Menjelang dan Selama Lebaran

Ristia Afifah

Ketahuilah Pengelolaan dan Perhitungan Suku Bunga Deposito Bank Agar Jadi Nasabah yang Cermat

Ristia Afifah

Polisi Dalami Dugaan Pelanggaran Pidana Oleh Perusahaan Fintech Pinjaman Online

Ristia Afifah

Resmikan Bandara Raden Inten II, Jokowi Minta Buka Rute Internasional dalam Dua Pekan

Ristia Afifah

Ini Tiga Dampak Negatif dari ‘Panic Buying’

Ristia Afifah

Leave a Comment