25.2 C
Jakarta
Saturday, Jan 25, 2020
Image default
Bisnis

Menhub Dijadwalkan Tinjau Dermaga Pelabuhan Muara, Ajibata dan Ambarita di Danau Toba

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara untuk meninjau rencana pengembangan infrastruktur transportasi di Danau Toba pada Minggu (28/7/2019) hari ini. Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan menjelaskan, kunker ini dilakukan karena wilayah tersebut menjadi salah satu daerah prioritas untuk dikembangkan Pemerintah sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia. "Dijadwalkan Menhub siang ini akan bertolak ke Danau Toba untuk meninjau langsung rencana pengembangan infrastruktur transportasi yang ada disana. Kementerian Perhubungan sangat mendukung program untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan," jelas Hengki di Jakarta, Minggu (28/7/2019).

Dari 10 kawasan Bali baru yang akan diwujudkan Pemerintah, terdapat empat kawasan yang menjadi prioritas untuk dikembangkan menjadi “Bali Baru” yaitu Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Danau Toba. Di Danau Toba, Menhub akan meninjau beberapa dermaga pelabuhan seperti di Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita. Direncanakan pada hari Senin besok (29/7/2019), Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara dan dijadwalkan Menteri Perhubungan akan mendampingi Presiden dalam kunjungannya tersebut.

Kementerian Perhubungan terus melakukan perbaikan baik dalam aspek keselamatan maupun pelayanan pada transportasi penyeberangan yang ada di Danau Toba Seperti Pelabuhan Muara, Ajibata, Ambarita dan pelabuhan lainnya yang menjadi pelabuhan untuk masyarakat dan wisatawan dari dan menuju ke Pulau Samosir dan sekitarnya. "Di sana Menhub juga akan meninjau kapal kapal di pelabuhan penyebrangan untuk mengecek apakah sudah melakukan SOP keselamatan dengan baik dan benar, sudah ada life jaket dan pendataan manifest yang jelas. Keselamatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan," ungkap Hengki. Saat ini, Pemerintah telah melakukan pembangunan pelabuhan penyebrangan di 8 (delapan) lokasi pelabuhan utama di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, yaitu pelabuhan Ajibata, Ambarita, Simanindo, Tigaras, Muara, Balige, Tongging dan Marbun Toruan.

Kemudian, membangun kapal penyeberangan sebanyak 3 unit kapal Ro Ro dan 1 Unit Bus Air, termasuk K.P Ihan Batak yang telah diresmikan. Pemerintah juga melakukan peningkatan kualitas SDM bagi para pengelola pelabuhan di KSNP Danau Toba. Sosialisasi keselamatan juga telah dilakukan melalui penerapan Bulan Keselamatan Pelayaran di Danau Toba, ramp check kapal, pembagian life jacket dan lifebuoy.

Baca Lainnya

Kembangkan Teknologi UAV, Garuda Target Operasikan 100 Pesawat Kargo Udara Nirawak Pada 2024

Ristia Afifah

Menteri BUMN Rini Optimistis Kinerja Garuda Indonesia akan Berbuah Positif di Akhir Tahun Ini

Ristia Afifah

Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 Jadi Rp 743.000 Per Gram

Ristia Afifah

Tak Lagi Gunakan Boeing 747 400, Lion Air Siap Datangkan Airbus 330 900NEO

Ristia Afifah

Kuartal I 2019, Lippo Karawaci Raih Pendapatan Rp 2,8 Triliun

Ristia Afifah

Tujuh Rute Baru Dibuka Di Bandara Bandara AP II, Berikut Daftar Lengkapnya

Ristia Afifah

Komisi XI DPR Agendakan RDP Bersama OJK Akhir Bulan Ini

Ristia Afifah

Luhut: Kalau Uni Eropa Sikat CPO, Kami Akan Bereaksi Keras

Ristia Afifah

Ini Harapan Pelaku Industri Properti kepada Kabinet Baru

Ristia Afifah

Wacana Penggabungan Produksi SKM dan SPM Dinilai Beratkan Industri Kecil

Ristia Afifah

Rumah Sakit Bisa Bernafas Dululah Iuran Peserta BPJS Kesehatan Naik Menkes Terawan

Ristia Afifah

Bukan hanya Jiwasraya! Ada 3 Kasus Gagal Bayar Lain di Bisnis Asuransi

Ristia Afifah

Leave a Comment