34.1 C
Jakarta
Tuesday, May 26, 2020
Image default
Bisnis

Minimal Lulusan SMA BPS Buka Lowongan 390 Ribu Lowongan Petugas Sensus

Badan Pusat Statistik (BPS) akan membuka lowongan untuk 390.000 orang petugas di seluruh Indonesia pada awal April mendatang. Kebutuhan ratusan ribu tenaga lepas itu guna menyukseskan sensus penduduk tahun 2020 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah. Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, petugas sensus bertugas mendatangi rumah rumah pendudukdoor to dooruntuk melakukan sensus penduduk untuk melakukan wawancara selama penyelenggaraan sensus penduduk 2020 pada Juli nanti.

"Kami belum buka pendaftaran sekarang. Pada bulan April nanti setiap daerah akan ada pengumuman lewatonlinedan masing masing kota," kata Suhariyanto, Sabtu (15/2). "Kami perlu teman teman untuk menjadi petugas sensus penduduk. Silakan daftar," katanya lagi. Lanjut dia, proses rekrutmen petugas sensus akan dilakukan lewat serangkaian proses seleksi yang transparan. Salah satu syarat pendaftaran petugas sensus penduduk 2020 yakni memiliki kualifikasi pendidikan minimal SMA atau sederajat. Syarat lainnya, petugas sensus juga harus berdomisili sesuai dengan daerah tempat sensus dilaksanakan.

Nantinya, pelamar yang lolos dan ditetapkan sebagai petugas sensus penduduk 2020 akan menerima pelatihan singkat, khususnya terkait pengisian kuesioner dan pengetahuan dasar tentang data data penduduk. "Kamitrainingbagaimana mengisi kuesioner. Katakanlah konsep penduduk, apa yang dinamakan pendidikan terakhir," ujar Suhariyanto. "Ini sepertinya gampang, tapi seringmissed.Contoh isi pendidikan terakhir anak SMA pendidikan, diisi SMA, padahal belum tamat," katanya lagi.

Ada pun dalam sensus penduduk 2020 ini, BPS menggunakan metode kombinasi(combine method)yang menggunakan data administrasi pendudukan dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sebagai basis data dasar, serta metode wawancara. Periode sensus penduduk online akan dimulai pada 15 Februari 31 Maret 2020. Penduduk dapat mengakses web sensus. bps.go.id menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet. Bagi penduduk yang belum mengikuti sensus penduduk online, mereka akan didatangi petugas sensus untuk melakukan sensus penduduk wawancara dengan menggunakan hp/tablet atau kuesioner kertas selama bulan Juli 2020.

Data penduduk yang dihasilkan melalui sensus penduduk 2020 merupakan data dasar yang dapat digunakan untuk membuat kebijakan di berbagai bidang seperti pangan, pendidikan, kesehatan, perumahan, dan lain sebagainya.

Baca Lainnya

Nojorono Geser Penyelenggaraan Authenticity Via Streaming Corona Makin Mengkhawatirkan

Ristia Afifah

Kembangkan Teknologi UAV, Garuda Target Operasikan 100 Pesawat Kargo Udara Nirawak Pada 2024

Ristia Afifah

Ratusan Pemesanan Kamar Hotel Milik BUMN di Bali Batal Imbas Corona

Ristia Afifah

Termasuk Gusur ‘Anak Emas’ 5 Mimpi Besar Rini Soemarno ‘Dibabat Habis’ Menteri BUMN Erick Thohir

Ristia Afifah

Cold Storage Diresmikan Menunjang Ekspor Perikanan Indonesia Presdir Cahaya Bahari Corporation

Ristia Afifah

Ajak Petugas Tol Siaga Setiap Saat melalui Kompetisi Roadster Rescue 2020

Ristia Afifah

BRI & Sarinah Ajak UMKM Go Global

Ristia Afifah

Ini Rinciannya Pemerintah Akan Hapus 7 Aturan dalam Pasal IMB

Ristia Afifah

Dinilai Bagian dari Warisan Budaya, Pemerintah Perlu Lindungi Pabrik Rokok Kretek

Ristia Afifah

BI Disarankan Turunkan Suku Bunga Acuan 50 Basis Poin

Ristia Afifah

Gara Gara Tiket Pesawat Mahal, Menkeu Sri Mulyani Minta ASN Hemat Perjalanan Dinas

Ristia Afifah

Ini Alasan Dyandra Tak Akan Fokus menuju Bisnis Hotel Lagi

Ristia Afifah

Leave a Comment