27.4 C
Jakarta
Thursday, Jul 16, 2020
Image default
Otomotif

Pacu Mobil dengan Kecepatan Tinggi di Jalan Sempit hingga Tengah Hutan Mengenal Balap Mobil Rally

Balap mobil Rally merupakan olahraga balap mobil yang memacu adrenalin bagi pembalapnya, navigator dan penontonnya yang pasti. Olahraga dengan kecepatan tinggi tersebut sudah sangat terkenal di dunia. World Rally Championship (WRC) merupakan salah satu ajang balap Rally yang paling populer di dunia saat ini.

Jalur yang digunakan untuk rally sangat beragam. Rally di lintasan aspal, bersalju, kerikil maupun berlumpur. Perlu kita tahu kalau rally itu tidak dilakukan disebuah lintasan, namun jalan umum, perkampungan, pedesaan dan melewati hutan sekalipun.

WRC biasa diselenggarakn tiap bulan oleh FIA. FIA singkatan dari Federation Internationale de I'Automobile. FIA sendiri adalah asosiasi non profit yang mewakili kepentingan individu dan organisasi otomotif.

Kita dapat melihat mobil mobil yang melaju sangat kencang di jalan jalan perkampungan dan sempit. Lintasan yang dilewati rally penuh dengan belokan tajam, tanjakan maupun turunan. Ketika melewati jalan yang ekstrem tersebut, misalnya melewati tanjakan dan di depan langung menukik turun mobil akan terlihat seakan akan terbang.

Itulah yang membuat balap rally itu sangat seru untuk ditonton. Para pecinta balap rally ini dianggap sebagai balap mobil yang paling menantang daripada balap mobil yang lain. Balap rally sangat menguras tenaga, konsentrasi, nyali yang besar dan skill driver yang tinggi.

Tak hanya itu, mobil yang dipakai untuk balap harus sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar mudah melaju di semua trek balap. Balap rally memang disebut sebagai kompetisi balap mobil yang paling menantang dan mengerikan untuk kebanyakan orang. Sebab, jika terjadi kecelakaan pada balap tersebut, mobil dapat menabrak pohon, masuk ke sungai dan yang paling parah masuk jurang.

Sebenarnya ada satu lagi kompetisi rally yang sangat legendaris. Groub B namanya, namun sekarang tak lagi diselenggarakan karena banyak mengakibatkan kecelakaan yang fatal bahkan kematian. Sulitnya kondisi lintasan dan tingginya resiko kecelakaan pada balap rally, balap ini membutuhkan dua orang di dalam mobil.

Pembalap itu sendiri atau biasa disebut driver dan navigator atau co driver. Mengemudi dengan kecepatan 200km/jam di lintasan ekstrem sangat berresiko jika tidak ada navigator yang memberi petunjuk jalan. Navigator memberi informasi pada driver dengan kode kode tertentu.

Untuk orang awam akan bingung bagaimana membaca dan memahami kode kode tersebut. Namun kode kode yang menurut kita sangat membingungkan tersebut sangat berguna bagi driver atau pembalapnya. Navigator memiliki tugas yang sangat penting untuk kelangsungan balapan.

Navigator membantu pembalap atau driver untuk memberi informasi tentang jalur yang ada di depan dan mungkin rintangan apa yang akan dihadapi. Walaupun kelihatannya sepele, orang yang duduk disamping pembalap ini memiliki kapasitas yang substansi. Selain bertugas membacakan catatan jalur yang akan dilewati atau biasa disebut pacenote, co driver mengelola waktu sebelum balapan dimulai agar semua berjalan dengan lancar.

"Navigator harus sudah mempersiapkan matang matang paling tidak 30 menit sebelum balapan," ungkap Hade Mboi, navigator senior Indonesia. Navigator sebelumnya harus menyusuri lintasan yang akan dipakai untuk balapan. Menggunakan mobil pelan dengan kecepatan maksimal hanya 80km/jam.

Untuk mengamati dan mencatat bagaimana kondisi jalan yang akan di lewati. Berapa belokan, tanjakan dan kecepatan yang diperlukan untuk melewati jalur jalur balap tersebut. Tidak hanya pada saat sebelum balap, dalam beberapa kompetisi navigator rally terkadang akan merevisi hasil catatannya atau biasa disebut Pacenotes ini pada saat kompetisi berlangsung.

Itu disebabkan oleh lintasan atau jalur rally yang sering berubah. Biasanya yang sering berubah itu lintasan berupa jalan umum, hutan dan perbukitan. Seringkali berubah karakter lintasannya baik dari elevasi, tekstur jalan, ataupun sudut belokannya.

Pacenotes yang sebelumnya tetap digunakan dan dijadikan perbandingan untuk penulisan pacenotes yang baru. Cukup komplek dan membutuhkan disiplin yang tinggi untuk mempersiapkan hal hal yang dibutuhan balap rally.

Baca Lainnya

All New Picanto Siap Jadi Starter Comeback-nya KIA di Pasar Otomotif

Ristia Afifah

Selain Mobil dan Motor Terbaru, Produk Maritim Juga Bakal Tampil di IIMS 2019

Ristia Afifah

APM Bisa Manfaatkan Media Sosial Jaga Penjualan Kendaraan di Tengah Wabah Virus Corona

Ristia Afifah

Update Harga Mobil MPV New Avanza & New Calya Maret 2020

Ristia Afifah

Tembus 166 Km/h Traktor Ini Capai Rekor Kecepatan Traktor Tertinggi Dinaiki Pembalap Inggris

Ristia Afifah

9 Juta dari Rp 34 Juta hingga Rp 152 Daftar Harga & Spesifikasi Vespa Matic Terbaru Januari 2020

Ristia Afifah

Komunitas Kijang Retro Salurkan Bantuan menuju Korban Banjir & Longsor di Jakarta & Bogor

Ristia Afifah

Motor Bergaya Klasik dengan Teknologi Canggih Harga & Spesifikasi Yamaha XSR 155 Terbaru

Ristia Afifah

The New Range Rover Evoque Meluncur, Indonesia Hanya Dapat Jatah 15 Unit

Ristia Afifah

Ini Daftar MPV yang Kena Diskon sampai Puluhan Juta Rupiah Di Ujung Tahun

Ristia Afifah

Ekpedisi Toyota 5 Continents Drive Ajang Uji Ketangkasan Mobil di Australia

Ristia Afifah

UD Trucks Serah Terima 64 Unit Truk Quester ABS menuju Pelanggan Loyal Trans Migasindo

Ristia Afifah

Leave a Comment