34.1 C
Jakarta
Tuesday, May 26, 2020
Image default
Otomotif

Pedangang Mobkas Jadi Malas Jualan Datsun Jarang Dilirik Konsumen

Datsunyang mereknya dipegang olehNissan Motor Indonesia(NMI), dikabarkan akan berhenti produksi tahun depan atau sejak awal 2020. Meski pihak NMI enggan mengomentari rumor tersebut, penjualan kendaraan di segmen LCGC tahun ini nyatanya memang sedang redup. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan LCGC selama periode Januari September sebanyak 156.642 unit, atau turun sebesar 7,2 persen ketimbang 2018 lalu yang membukukan angka penjualan sebanyak 188.765 unit.

Untuk itu coba mencari tahu respon pedagang di showroom mobil bekas (mobkas) terhadap merekDatsunyang bermain di segmen tersebut dengan GO Panca atau GO+ Panca. Menurut Ramlan Damanik, dari showroom Dian Auto di Depok, kondisi pasar LCGC membuat showroomnya tidak tertarik menjual Datsun bekas. "Showroom kami dalam menjual mobil mengikuti kondisi pasar saja, artinya permintaan Datsun bekas jarang jadi otomatis kami mending ambil mobil yang banyak dicari konsumen aja," kata Ramlan, Minggu (24/11/2019).

"Saya juga sempat lihat mobil Datsun dengan tahun muda ini banyak dijual dipasar lelang, entah kurang puas sama mobilnya atau ditarik leasing. Intinya buat Datsun yang minat jarang," sambungnya. Hal senada juga diungkapkan Jefri, dari showroom Malbari Auto Depok, yang menilai masyarakat kurang begitu meminati Datsun bekas. "Buat Datsun sih peminatnya kurang, mungkin dari desain itu orang kurang suka," jelas Jefri kepada GridOto.com.

"Padahal untuk mesin sih kondisinya segar karena itungannya banyak yang tahun muda. Tapi karena peminat kurang lakunya jadi agak lama," tambahnya. Sementara itu Sugiyanto, selaku Marketing di showroom Allison Automobile Bintaro, menyebut kalau peminat Datsun cukup ramai pada 6 bulan lalu. "Showroom kami terakhir jual Datsun 6 bulan lalu, waktu itu peminatnya bagus tapi akhir akhir ini sepi dan lebih banyak cari LCGC merek lain. Untuk harga bekasnya juga sekarang sedang merosot," ungkap Sugiyanto saat dihubungi GridOto.com.

Berdasarkan faktor faktor inilahyang membuat orang jarang menjumpai unitDatsunseken di showroom mobil bekas. Meski begitu,Datsunseken dinilai cocok bagi yang mencari mobil murah dengan tahun muda yang tentunya dengan kondisi mesin yang masih bugar.

Baca Lainnya

Ketahui Sanksi Tabrak Orang Lain Hingga Luka atau Renggut Korban Jiwa

Ristia Afifah

Ford Everest Club Indonesia Gelar Touring Keluarga ke Batu Tapak, Sukabumi

Ristia Afifah

Ali Mochtar Ngabalin Bilang Jokowi Punya Hak Tak Nyalakan Lampu saat Riding Benarkah

Ristia Afifah

3 Juta Harga Dibanderol Rp 331 Husqvarna Luncurkan Seri Terbaru Streetbikes Svarpilen 701

Ristia Afifah

Toyota Uji Kendaraan Berteknologi Elektrifikasi Melalui 5 Continents Drive di Indonesia

Ristia Afifah

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2016 Ingin Interior Elegan, Gibran Pilih Giorgio

Ristia Afifah

Tren Penjualan Motor Malah Lesu hendak Tutup Tahun

Ristia Afifah

Mulai Rp 140 Jutaan Daftar Volvo XC90 Seken Terbaru

Ristia Afifah

Mitsubishi capai Peringkat Pertama Indeks Kepuasan Penjualan JD Power 2019

Ristia Afifah

Pertama Lakukan Observasi hingga Cek Harga sesuai Kemampuan 6 Tips Beli Mobil Baru

Ristia Afifah

Gosipnya Lebih Murah dari Honda HR-V Bulan Depan KIA Seltos Dipasarkan di Indonesia

Ristia Afifah

Tekan Harga Jual dan Fokus Jualan Online, Bos Tesla Elon Musk Tutup Dealer

Ristia Afifah

Leave a Comment