27.9 C
Jakarta
Tuesday, Nov 12, 2019
Image default
Otomotif

Pelat Nomor Kendaraan Listrik Sengaja Beda Warna Biar Dapat Benefit di Jalan

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untukkendaraan listrikdiusulkan berbeda warna pelat. “Perbedaanpelat nomoritu sebetulnya kita mengadopsi di beberapa negara sepeda motor listrik warna dasarnya berbeda,” ujar Dirjen Perhubungan DaratKementrian Perhubungan,Budi Setiyadi , Rabu (2/10/2019). Budi menjelaskan, pembedaan warnapelat nomorini juga merupakan salah satu upaya agar masyarakat beralih kekendaraan listrik.

“Semangat kita pemerintah untuk mendorong bagaimana penggunaankendaraan listrikuntuk cepat ada penetrasi ke masyarakat dan pasar,” katanya. Selain itu, pembedaan warnapelat nomorini juga merupakan upaya pemberian insentif nonfiskal padakendaraan listrik. Seperti contoh penyediaan jalur khusus untuk kendaraan listrik dan pembebasan biaya parkir.

“Petugas itu harus tahu kendaraan listrik apa bukan, makanya diusulkan bisa dengan perbedaan warna pelat nomor,” jelasnya. Untuk itu, Budi mengatakan bahwa pihaknya masih berkoordinasi dengan kepolisian terkait pelat nomor yang aturannya ada di Kapolri. “Masih ada rapat lagi masing masing melaporkan dulu. Sekitar dua sampai tiga minggu. Kalau pelat nomor peraturan Kapolri. Kalau bukan UU bisa cepat,” ungkapnya.

Usulan itu merupakan upaya Kemenhub dalam merespons Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik yang akan diturunkan menjadi Peraturan Menteri. Adapun Peraturan Menteri itu saat ini masih digodok dan akan diserahkan kepada Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Saat ini pemerintah memang mulai gencar menggalakan penggunaan kendaraan listrik sebagai upaya menurunkan tingkat polusi.

Sekadar informasi, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berencana mengadakan sekitar 100 unit mobil listrik untuk Kemenhub. Hal ini sebagai bentuk dukungan menggencarkan penggunaan kendaraan listrik seperti yang didorong penuh oleh pemerintah.

Baca Lainnya

Ini Daftar Harga Spare Part Fast Moving Aftermarket Buat Toyota Avanza

Ristia Afifah

Menguji Trek Offorad di Kejurda Seri 2 ‘The Mandalika Offroad Championsip 2019’

Ristia Afifah

Persaingan Panas, APM Fokus Upgrade Fasilitas Dealer

Ristia Afifah

Sekali Ngecas, DFSK Glory E3 Diklaim Sanggup Lari Sejauh 400 Km

Ristia Afifah

AHM Adakan Honda Ramadan Fest 2019, Telah Hadir di 28 Kota

Ristia Afifah

Arai Indonesia Sponsori Pegokart Muda Kanaka Azarel Gusasi

Ristia Afifah

Ada Tawaran Bunga Nol Persen Buat Pembelian Xpander Dan Pajero Sport Di Pameran Srikandi Fair

Ristia Afifah

Komentar Jokowi saat Diinfokan Banderol Esemka Bima Hanya Rp 95 Juta Off The Road

Ristia Afifah

Kota Jambi Kini Punya Diler Terbesar Hino di Sumatera

Ristia Afifah

Suzuki Jimny Generasi Baru sudah Bersileweran di Situs Jual Beli Mobkas

Ristia Afifah

Enteng Menggendong Sport Car, Jetbus3+ SDD Adi Putro Ini Juga Dilengkapi Bar

Ristia Afifah

Begini Kesan Dari Konsumen Pertama Pemilik Honda CB650R yang Berkonsep Neo Sport Cafe

Ristia Afifah

Leave a Comment