25.6 C
Jakarta
Saturday, Apr 4, 2020
Image default
Pendidikan

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 di sbmptn.ac.id Dibuka Lagi, LTMPT Bagikan Hal Penting untuk Peserta

Setelah ditutup sementara, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di sbmptn.ac.id untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 dibuka kembali Senin (4/3/2019). Informasi pembukaan kembali pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 di sbmptn.ac.id disampaikan melalui siaran pers Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di akun resmi Sekretariat SBMPTN, @SekreSBMPTN. Mengutip siaran pers tersebut, pendaftaran UTBK dibuka kembali Senin ini mulai pukul 08.00 WIB.

Hasil pemantauan di Posko Pendaftaran, proses pendaftaran UTBK mulai lancar sejak pukul 09.00 WIB. Hal itu terlihat dari kapasitas entry dalam satu menit yang bisa melayani 3.000 orang peserta yang terproses. Berkaitan dengan dibukanya lagi pendaftaran UTBK SBMPTN 2019, LTMPT menyampaikan sejumlah hal penting untuk diperhatikan peserta yakni sebagai berikut:

1. Bagu peserta yang sudah melakukan pendaftaran dan sudah membayar serta mencetak kartu ujian tanda peserta (sebelum tanggal 4 Maret 2019), proses sudah selesai. 2. Bagi peserta yang sudah melakukan login sampai mendapatakan kartu peserta tapi belum melakukan pembayran DIHARUSKAN melakukan login kembali ke laman pendaftaran untuk mendapatkan SLIP PEMBAYARAN YANG BARU dan segera melakukan pembayaran di Bank sebelum pukul 22.00 WIB hari ini, 04 Maret 2019 agar lokasi ujian, tanggal dan sesi yang dipilih masih tepat berlaku. 3. Bagi pendaftar yang baru login mulai hari ini, berlaku ketentuan seperti yang sudah diumumkan pada web LTMPT.

4. Masyarakat mohon bersabar karena proses pendaftaran UTBK Gelombang I ini masih dilayani sampai dengan 24 Maret 2019. Diharapkan pendaftar tidak perlu memaksakan diri untuk memilih salah satu lokasi ujian saja karena masih ada kesempatan di lokasi ujian lain di kota yang sama tau di kota yang lain. Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang I resmi dibuka pada Jumat (1/3/2019). Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menjadi syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN.

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, 2019 serta lulusan paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Sebelum melakukan pendaftaran UTBK, para peserta wajib memiliki akun LTMPT terlebih dahulu. Untuk membuat akun LTMPT, peserta harus memasukkan beberapa data.

Email dan password yang didaftarkan dalam akun LTMPT digunakan untuk log in mendaftar UTBK. Peserta UTBK juga dikenakan biaya sebesar Rp 200 rjibu setiap mengikuti tes. Sementara bagi calon peserta bidikmisi yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya apapun.

Pembayaran tersebut dapat dilakukan melalui beberapa bank mitra. Setelah pembayaran dilakukan peserta dapat mencetak kartu Kartu Tanda Peserta UTBK. Berikut ini alur lengkap pendaftaran, pembayaran hingga cetak kartu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dikutip dari laman resmi ltmpt.ac.id.

1. Peserta non bidikmisi Membuat akun menggunakan NISN dan NPSN di laman pendaftaran UTBK Login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK

Mengunggah pasfoto berwarba terbaru (1 bulan terakhir) dan mengisi data Memvalidasi biodata Jika biodata tidak valid, peserta wajib melaporkan ke sekolah.

Sekolah akan melakukan koreksi dan melaporkan hasilnya ke PDSPK/PENDIS Peserta kembali login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK dan melakukan langkah urut seperti di atas Jika biodata sudah valid, maka peserta harus mengisikan NIK, No HP, dan kebutuhan khusus (jika ada)

Memilih jenis, lokasi, dan sesi UTBK Melakukan permanen data pilihan Mencetak slip pembayaran yang berisi kode bayar

Menerima pembayaran berdasarkan kode bayar serta memberikan tanda bukti pembayaran Login kembali menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK Mencetak Kartu Tanda Peserta UTBK

Selesai 2. Peserta Bidikmisi Melakukan pendaftaran bidikmisi di laman bidikmisi

Peserta yang memenuhi syarat, NISN dan NPSN nya akan di flag oleh bidikmisi Membuat akun menggunakan NISN dan NPSN di laman pendaftaran UTBK Login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK

Mengunggah pasfoto berwarba terbaru (1 bulan terakhir) dan mengisi data Memvalidasi biodata Jika biodata tidak valid, peserta wajib melaporkan ke sekolah.

Sekolah akan melakukan koreksi dan melaporkan hasilnya ke PDSPK/PENDIS Peserta kembali login menggunakan akun di laman pendaftaran UTBK dan melakukan langkah urut seperti di atas Jika biodata sudah valid, maka peserta harus mengisikan NIK, No HP, dan kebutuhan khusus (jika ada)

Memilih jenis, lokasi, dan sesi UTBK Melakukan permanen data pilihan Mencetak Kartu Tanda Peserta UTBK

Selesai Dikutip dari laman resmi ltmpt.ac.id, UTBK akan digelar dalam dua gelombang yakni gelombang I dan gelombang II. Gelombang I kali ini pendaftaran dijadwalkan ditutup hingga tanggal 24 Maret pukul 23.59 WIB.

UTBK menggunakan soal soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu. Selain itu untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes.

Baca Lainnya

Sekolah Citra Kasih Don Bosco Kenalkan Jiwa Entrepreneurship menuju Siswa Sejak Dini

Ristia Afifah

Kata Pakar Pendidikan Soal Program ‘Merdeka Belajar’ Usulan Nadiem Makarim di Masa Depan

Ristia Afifah

Rektor Baru Ubaya, Benny Lianto Rencanakan 3 High Pola Pembelajaran

Ristia Afifah

Berawal dari Semangat Perjuangan Para Guru Pribumi Zaman Kolonial Belanda 1912 Sejarah PGRI

Ristia Afifah

Bentuk Jiwa Kepimpinan Siswa Melalui Ajang Alix Cup 2019

Ristia Afifah

Profesional di Bidang Bisnis wajib Kemampuan Lebih dari Sekedar Manajemen Bisnis Konvensional

Ristia Afifah

‘Kebanyakan Menghafal Hingga Kebutuhan Bimbel’ Ini Alasan Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional

Ristia Afifah

Ketua MWA UI: Majukan Indonesia dengan Kolaborasi dan Kemitraan

Ristia Afifah

Gadis 27 Tahun Lulusan S2 Harvard University Fakta-Fakta Risa Santoso Rektor Termuda di Indonesia

Ristia Afifah

STIA LAN Jakarta Bakal Bertransformasi Jadi Politeknik Tahun 2020

Ristia Afifah

UPDATE Sekdin 2019: Pelamar Sejumlah Instansi Membludak dan Ada yang Tetap Tak Dilirik

Ristia Afifah

Pentingnya Metode Belajar yang Kreatif yang Membuat Pembelajaran Lebih Menarik & Disukai

Ristia Afifah

Leave a Comment